Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Apa itu Auditor, Tugas, Kode Etik dan Jenisnya? Ini Penjelasannya

Tayang 25 Mar 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Auditor adalah seseorang dengan keahlian atau kualifikasi tertentu dalam bidang keuangan. Adapun tugas utama auditor, yaitu melakukan kegiatan auditing. Bila Anda bekerja pada suatu perusahaan, mungkin pekerjaan ini sudah tidak asing lagi, bukan?

Pahami Etika Profesi Auditor Berikut Ini Agar Tidak Salah Langkah

 

Bisa dikatakan, auditor memegang peran penting bagi operasional perusahaan. Namun, sebetulnya tahukah Anda apa saja tugas auditor? Jika belum, yuk simak pembahasan dan penjelasan mengenai apa itu auditor, kode etik, hingga jenis-jenisnya di bawah ini.

Apa itu Auditor?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, auditor adalah suatu profesi yang bertugas melakukan kegiatan auditing, khususnya pada laporan-laporan terkait keuangan dari suatu perusahaan, lembaga ataupun instansi.

Dalam kata lain, auditor adalah seseorang yang memiliki kewenangan melakukan peninjauan serta verifikasi keakuratan segala laporan keuangan. Bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan tersebut tidak melanggar undang-undang perpajakan.

Sehingga, tidak heran bila auditor adalah orang-orang yang memiliki keterampilan serta kualifikasi khusus untuk menjalankan tugas audit pada catatan keuangan. Bila berbicara mengenai gaji, profesi ini rata-rata berpenghasilan sekitar Rp3 juta – Rp5 juta.

Nah, jika Anda ingin mengejar profesi ini, maka Anda setidaknya harus memenuhi syarat prinsip independensi dan kompetensi. Artinya, seorang dengan pekerjaan ini adalah sosok kompeten (ahli) dalam bidangnya, serta independen atau memiliki kejujuran, kebebasan, dan juga tidak dikendalikan oleh siapa pun.

Syarat menjadi auditor adalah sebagai berikut.

  • Memiliki mental independen dan jujur
  • Memiliki kecakapan dan pelatihan teknis yang baik
  • Memanfaatkan keahlian profesionalnya secara cermat dan seksama

Kode Etik Auditor

Sebagai seorang dengan peranan penting, profesi ini memiliki sejumlah kode etik yang harus dipenuhi guna mengatur proses pengerjaan auditing sekaligus mempertahankan profesionalisme. Kode etik juga ditujukan untuk melindungi klien agar kerahasiaan data-datanya tetap terjaga.

Adapun kode etik nya adalah sebagai berikut.

  • Integritas, yaitu memiliki sifat, mutu, kemampuan atau potensi yang menunjukkan kejujuran serta kewibawaan.
  • Kompetensi, yaitu keterampilan, pengetahuan, serta perilaku yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugasnya.
  • Objektivitas, yaitu mampu bersikap jujur tanpa dipengaruhi oleh pendapat atau pertimbangan pribadi maupun pihak lain saat bertindak dan membuat keputusan.
  • Akuntabel, yaitu kemampuan dalam menerangkan pertanggungjawaban dari suatu kinerja atau tindakan kepada pihak yang berwenang atau memiliki hak.
  • Profesional, yaitu perilaku yang memenuhi mutu atau kualitas dari suatu profesi dan membutuhkan kepandaian tertentu dalam melaksanakannya.
  • Kerahasiaan, yaitu mampu menjaga hal-hal yang dipercayakan agar tidak diketahui oleh pihak-pihak di luar kewenangan atau kepentingan.

Tugas Auditor

Bila dilihat lebih mendalam, tanggung jawab seorang auditor tidak hanya sekedar mengaudit. Secara menyeluruh, tugasnya adalah sebagai berikut.

  • Memahami Sistem Akuntansi

Salah satu tugasnya adalah memahami secara jelas berbagai sistem pencatatan serta prosedur transaksi. Hal ini bertujuan untuk mengukur keabsahannya agar dapat dijadikan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan.

  • Melakukan Perencanaan, Pengawasan, serta Pencatatan

Tugas berikutnya ialah melakukan perencanaan, pengendalian, hingga pencatatan setiap pekerjaannya. Dalam hal ini, wajib mengenal betul objek audit agar mampu menghasilkan suatu program yang berjalan secara efektif dan efisien.

  • Pengendalian Internal

Bertugas melakukan evaluasi dan peninjauan terhadap pengendalian internal. Di samping itu, juga melaksanakan compliance test agar dapat mengetahui akuntabilitasnya.

  • Meninjau Kembali Laporan Keuangan

Tugas lainnya ialah melakukan pemeriksaan ulang terhadap laporan keuangan dengan menganalisis kesimpulan dari bukti audit berbeda agar dapat menghasilkan dasar pendapat mengenai laporan secara rasional.

Misalkan, mengevaluasi kendali atau menghimpun bukti-bukti dengan menggunakan berbagai metode, seperti survei, observasi, interview, dan juga review dokumentasi.

  • Hasil atau dan Bukti Audit

Last but not least, tugasnya adalah menghasilkan bukti audit yang terpercaya dan relevan agar dapat menunjukkan kesimpulan akhir dengan rasional.

Jenis-jenis Auditor

  • Auditor Independen

Merupakan seorang akuntan publik. Profesi ini pada dasarnya bekerja secara eksternal guna memberikan pelayanan terhadap masyarakat umum yang sedang memerlukan jasa audit. Sama seperti lainnya, laporan independen haruslah bersifat objektif.

  • Internal Auditor

Adalah jenis yang menjalankan pekerjaan untuk suatu perusahaan atau lembaga. Tugasnya adalah melakukan peninjauan dokumen keuangan internal sebuah perusahaan, namun dengan ruang lingkup terbatas. Bertanggung jawab meningkatkan validitas data keuangan perusahaan.

  • Auditor Pemerintah

Adalah yang dipekerjakan oleh perusahaan atau lembaga milik pemerintah. Adapun tugasnya yaitu melakukan pengawasan terhadap perputaran keuangan maupun praktik di instansi pemerintahan.

  • Auditor Pajak

Ialah seorang auditor yang bekerja untuk melayani Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tugasnya yakni mengaudit sejumlah wajib pajak dan memastikan apakah sudah sesuai dengan peraturan perundangan atau belum.

  • Auditor Forensik

Spesialisasi di bidang kriminal keuangan. Sehingga, tugas utamanya ialah melakukan peninjauan terhadap seluruh dokumen terkait tindakan kriminal, misalkan melacak asal atau sumber uang dan money laundry.

Apakah sudah menggunakan Jurnal software?

Sebagai salah satu aplikasi akuntansi di Indonesia yang memiliki banyak fitur seperti juga fitur aplikasi invoice untuk pembuatan faktur dan banyak fitur lainnya, software ini akan sangat membantu para auditor untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait akuntansi bisnis.

Yuk, gunakan Jurnal, dapatkan gratis coba software sekarang!

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal