Jurnal Enterpreneur

Prospek Usaha Perjalanan Wisata yang Semakin Menggiurkan

Dalam perspektif bisnis sesungguhnya apapun yang ada di sekitar kita adalah peluang. Asal kreatif dan pandai-pandai melihat peluang bisnis. Untuk sebagian besar masyarakat tanah air, menghabiskan waktu liburan dengan mendatangi daerah-daerah wisata telah jadi bagian dari trend dan gaya hidup. Oleh karena itu bisnis travel memang sangat menjanjikan di Indonesia. Letak geografis Indonesia serta keindahan alamnya menjadi peluang yang sangat besar untuk membuka bisnis travel.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yang berpeluang untuk dinikmati oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Selain karena memiliki alam yang indah, flora dan fauna unik asal Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak ketinggalan, ragam budaya Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi pertimbangan tersendiri khususnya bagi tamu dari luar negeri. Inovasi dan kreativitas masih sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis perjalanan wisata ini. Daya tarik wilayah Indonesia yang memang memiliki banyak obyek indah di seluruh pelosok, seperti wisata Bandung, Bali, Lombok, hingga alam Papua, menjadi semakin terpancar popularitasnya dengan keberadaan teknologi internet

1. Meningkatnya jumlah wisatawan

Seperti data terbaru yang dirilis Badan Pusat Stastitik (BPS) jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia sepanjang Januari hingga November 2015 mengalami peningkatan sebesar 3,23 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

2. Wisata sudah menjadi suatu kebutuhan

Berwisata sudah menjadi bagian dari kebutuhan sebagian masyarakat Indonesia. Tak hanya bagi kelompok ekonomi mapan, tetapi masyarakat kelas menengah dan bawah pun mulai memandang penting wisata sebagai momen rekreasi keluarga. Wisata alam dan wisata religi menjadi destinasi yang paling menarik publik.

3. Bisnis yang tidak ada matinya

Bisa dikatakan, bisnis perjalanan wisata akan selalu ada dan tidak akan ada matinya. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa bisnis perjalanan wisata merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang pariwisata. Dimana dunia wisata atau liburan, sudah menjadi kebutuhan wajib masyarakat. Kenyataan tersebut membuat banyak orang membutuhkan jasa liburan sebagai alternatif utamanya. Apalagi selama ada orang yang berpergian keluar negeri atau perjalanan domestik, maka bisnis ini akan selalu ada.

4. Bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja

Tidak ada ketentuan yang mewajibkan usaha travel ini harus berbentuk perusahaan besar. Dasarnya adalah dengan keterampilan komputer, memiliki modal, mengerti informasi lengkap, dan rajin mengupdate lokasi baru tujuan untuk dijual sebagai paket wisata.

5. Keuntungan pada musim liburan

Biasanya menjelang masa liburan, permintaan dan pesanan paket perjalanan akan meningkat. Banyak agen perjalanan yang membuat paket perjalanan domestik maupun mancanegara.

Berdasarkan SK Dirjenpar No. 16/U/II/88, yang dimaksud dengan usaha perjalanan wisata adalag kegiatan yang bersifat komersil yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayaann bagi seseorang, sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata. Bisnis perjalanan wisata sendiri adalah bisnis yang memerlukan ketelitian dalam pengelolaan pembukuannya. Agar sistem keuangan yang terdiri dari kas besar, kas kecil dan petty cash dapat terkontrol dengan baik, Anda memerlukan software pembukuan seperti Jurnal yang memberikan kemudahan dan keakuratan dalam pengelolaan keuangan bisnis perjalanan wisata Anda.

Itulah prospek dari usaha perjalanan wisata, meskipun jumlah dari pelaku usaha ini sekarang cukup banyak, namun Anda tidak perlu khawatir tentang ketersediaan konsumen yang akan menggunakan jasa Anda tersebut. Dengan kreativitas dan bentuk penyajian yang unik Anda dapat menarik banyak wisatawan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalankan usaha di bidang perjalanan wisata.

Nah, setelah Anda mengetahui peluang apa yang ingin Anda lakukan dan memulai bisnis, jangan lupa untuk memerhatikan masalah keuangan. Meski terbilang mudah, bisnis ini juga butuh pengelolaan keuangan yang benar. Apalagi bisnis ini dinilai memiliki budget yang cukup besar. Jadi, bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis apapun, jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Karena dengan mengelola keuanganlah Anda mengetahui kondisi bisnis itu sendiri. Jurnal merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Daftar sekarang di sini dan dapatkan free trial 14 hari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo