Memahami Pengertian Sustainable Business dan Bagaimana Konsepnya

Sebuah bisnis dibangun tentunya untuk mendatangkan keuntungan bagi pemilik, karyawan, serta konsumennya. Namun, dalam dunia bisnis kita juga mengenal yang namanya sustainable business atau bisnis berkelanjutan. Sustainable business merupakan salah satu tujuan yang harus diupayakan.

Hal ini karena hakikatnya sebuah bisnis bukan hanya mendatangkan manfaat bagi perusahaan dan orang-orang yang ada di sekitarnya seperti staf maupun konsumen itu sendiri. Namun, sebuah bisnis berkelanjutan tentunya diharapkan dapat mendatangkan sumbangan bagi lingkungan dan masyarakat.

sustainable business adalah

Pengertian Sustainable Business

Belum banyak orang yang tahu bahwa sustainable business memiliki peranan yang penting bagi kegiatan ekonomi. Namun, sekarang ini perkembangan sustainable business ini terlihat semakin meningkat, termasuk di Indonesia meski angkanya masih di bawah 50%.

Sustainable business pada dasarnya merupakan sebuah istilah dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu sustainable yang artinya ‘berkelanjutan’ dan business yang artinya ‘bisnis’. Jadi, secara harfiah sustainable business adalah bisnis yang berkelanjutan.

Dapat diartikan juga bahwa sustainable business merupakan bisnis yang memiliki manfaat baik untuk manfaat jangka pendek maupun manfaat untuk jangka panjang dan sifatnya berkelanjutan, bukan hanya sewaktu-waktu saja.

Sebuah bisnis dikatakan berkelanjutan jika perusahaan mampu mencapai tujuan yang ada dalam bisnisnya, dapat meningkatkan nilai dalam jangka waktu yang panjang, serta memiliki konsistensi dalam menjaga apa yang sudah dicapainya.

Secara umum, sustainable business harus mampu mengelola bisnisnya dengan berdasar kepada tiga unsur yang disebut 3P, yaitu:

  1. Profit (Keuntungan)

Setiap pendirian sebuah bisnis pasti memiliki tujuan utama untuk mendapatkan profit usaha atau keuntungan yang diperoleh dari usaha tersebut. Dengan begitu, bisnis yang terus dikembangkan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengejar lebih banyak keuntungan.

Dengan cara menggunakan aplikasi pembukuan dari Mekari Jurnal dapat memudahkan proses pembukuan agar berjalan efisien.

Salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan dalam sustainable business adalah dengan meningkatkan produksi serta efisiensinya dengan menambah biaya modal. Sedangkan, untuk meningkatkan produktivitas bisa dilakukan dengan cara memperbaiki manajemen kerja.

Lalu, untuk perbaikan manajemen kinerja dapat dilakukan dengan menyederhanakan proses produksi, mengurangi kegiatan yang kurang efisien, serta melakukan penghematan proses dan waktu. Biaya dapat dibuat lebih efektif dengan pengurangan biaya sebanyak mungkin dan pemakaian bahan seefisien mungkin.

  1. People (Masyarakat)

Tidak hanya mengejar keuntungan, sebuah bisnis juga memiliki keterkaitan dengan masyarakat sekitar. Perlu diingat bahwa sustainable business adalah bisnis berkelanjutan yang memberikan manfaat tidak hanya bagi para pemilik bisnis dan pegawainya, namun juga masyarakat.

Sebuah bisnis akan mampu berkembang menjadi lebih besar jika didukung oleh masyarakat. Oleh sebab itu, perlu adanya timbal balik antara bisnis dan masyarakat. Masyarakat memberikan dukungan bagi keberlangsungan bisnis, dan bisnis tersebut membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Planet (Lingkungan)

Masyarakat dan lingkungan tidak bisa dipisahkan karena keduanya merupakan aspek yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Lingkungan memiliki keterkaitan dengan berlangsungnya aktivitas manusia, termasuk menjalankan roda bisnis.

Sebagai contoh sederhana, sebuah bisnis pasti membutuhkan lahan sebagai tempat berdiri serta melakukan produksi, air untuk minum, udara untuk bernapas, dan lain sebagainya. Agar bisnis tetap berjalan dengan baik, maka perlu adanya penjagaan dan pelestarian lingkungan.

Sustainable business adalah bisnis yang mampu memberikan manfaat tidak hanya bagi perusahaan dan masyarakat namun juga lingkungan sekitarnya. Keduanya saling memberikan manfaat satu sama lainnya.

Dengan lingkungan yang terjaga, maka kelangsungan bisnis juga akan terjaga karena memperoleh banyak manfaat dari lingkungan, seperti kenyamanan, kesehatan, serta tentunya ketersediaan sumber daya.

Tujuan Sustainable Business

Istilah sustainable business kerap dikaitkan dengan bisnis yang mampu menjaga kelestarian alam atau lingkungan di sekitarnya. Memang lingkungan (planet) menjadi poin utama yang kerap dikaitkan dengan sustainable business, tujuan bisnis tersebut tidak hanya itu.

Tujuan sustainable business masih terkait dengan banyak aspek, seperti ekonomi, hukum, sosial, materi, hingga perilaku. Adapun tujuan sustainable business adalah sebagai berikut:

  1. Memperbesar Keuntungan

Pembangunan sebuah bisnis menjadi kategori sustainable adalah salah satu langkah untuk memajukan bisnis. Hal ini karena dengan adanya label tersebut masyarakat akan lebih mempercayai bisnis tersebut karena adanya 3P yang menjadi pegangan.

Namun, tidak hanya sekedar kepercayaan saja, dengan adanya hal itu perusahaan juga dapat meningkatkan keuntungan yang diperolehnya. Masyarakat juga akan lebih memilih untuk memakai produk dari perusahaan sustainable business yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, agar bisa menjaga lingkungan perusahaan juga pasti akan lebih memilih bahan baku yang lebih ramah lingkungan dan dapat direproduksi. Dengan begitu, perusahaan secara tidak langsung akan memperoleh keuntungan dalam jangka panjang karena dapat menghemat pengeluaran.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Tujuan kedua dari sustainable business adalah meningkatkan efisiensi demi menjamin keberlangsungan bisnis tersebut. Adanya efisiensi ini akan membawa banyak dampak bagi perusahaan ke depannya.

Efisiensi di dalam kegiatan produksi akan dapat menghemat pengeluaran karena pemakaian yang tidak diperlukan akan lebih dihindari. Selain itu, efisiensi juga membuat hasil produksi menjadi lebih banyak karena akan lebih sedikit bahan yang terbuang.

Dampaknya pun tidak hanya bagi perusahaan saja, melainkan juga bagi lingkungan. Oleh sebab itu, salah satu karakteristik perusahaan yang menerapkan sustainable business adalah menjaga efisiensi produksi.

  1. Menjaga Kelestarian Alam

Seperti yang disinggung sebelumnya, sustainable business erat kaitannya dengan masalah lingkungan. Sebuah bisnis pasti tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya lingkungan yang sehat dan mendukung.

Oleh sebab itu, perusahaan juga harus mampu menjaga lingkungan yang sama artinya dengan menjaga bisnis agar tetap berlangsung. Gagasan tentang sustainable business adalah pendorong perusahaan untuk melakukan berbagai upaya yang dapat mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelangsungan tersebut adalah dengan mengadopsi sistem yang lebih baik maupun menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Dengan adanya pemakaian teknologi atau sistem baru yang lebih ramah lingkungan, maka dampak buruk pada lingkungan dapat dikurangi. Akibatnya, kelestarian lingkungan pun akan lebih terjaga.

Pentingnya Sustainable Business

Dari beberapa penjelasan mengenai sustainable business di atas, tentu banyak orang yang menanyakan apakah penting bagi suatu perusahaan untuk menerapkan prinsip tersebut?

  1. Menjaga Keberlangsungan Perusahaan

Sebenarnya tanpa menerapkan prinsip sustainable business pun sebuah perusahaan akan tetap bisa berjalan dan memperoleh keuntungan. Namun, perlu diperhatikan pada makna ‘berkelanjutan’ yang ada pada istilah sustainable business.

Prinsip sustainable business adalah sinergi antara tiga unsur, yakni keuntungan, masyarakat, dan lingkungan. Oleh sebab itu, tanpa adanya penerapan prinsip ini maka bisa diperkirakan bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena tidak adanya fondasi yang kuat untuk menopang perusahaan, yakni nilai tambah untuk lingkungan dan masyarakat.

  1. Mencegah Kerusakan Lingkungan

Tidak hanya menjaga keberlangsungan perusahaan, sustainable business juga dapat mencegah kerusakan lingkungan. Praktik bisnis yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan perusahaan jatuh suatu saat.

Lingkungan membawa dampak yang sangat besar bagi perusahaan, oleh sebab itu perusahaan juga akan menjaga lingkungan tersebut agar tetap memberikan timbal balik yang bagus.

  1. Menjaga Reputasi Baik Perusahaan

Salah satu pentingnya menerapkan sustainable business adalah dapat menjaga reputasi baik perusahaan di mata masyarakat. Saat sebuah perusahaan menerapkan prinsip tersebut, masyarakat juga akan menaruh kepercayaan pada perusahaan tersebut.

Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan produktivitasnya agar bisa berkembang lebih besar dan bertahan lebih lama.

  1. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Dengan adanya kepercayaan, keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang lebih panjang, serta kesempatan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, maka perusahaan akan mampu meningkatkan keuntungannya.

Belum lagi dengan adanya efisiensi di segala bidang produksi, maka keuntungan perusahaan akan menjadi semakin besar seiring berjalannya waktu.

  1. Menjadi Roadmap Kerja

Sustainable business adalah salah satu panduan bagi perusahaan agar dapat melaksanakan kegiatan usahanya secara terencana dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, perusahaan akan memperoleh roadmap kerja yang memandu setiap perencanaan hingga implementasi kegiatan bisnis.

Karena bersifat jangka panjang, maka roadmap kerja yang berkaitan dengan sustainable business harus dibuat sesuai dengan perspektif yang jangkauannya lebih luas dan jauh ke depan. Perlu juga adanya pengawalan setiap program kerja yang bisa dilakukan dengan membentuk tim khusus atau teknologi penunjang.

  1. Menarik Minat Investor

Salah satu manfaat dari penerapan prinsip sustainable business adalah lebih mudah dalam menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya. Hal ini karena perusahaan telah mendapat kepercayaan dan reputasi yang bagus di masyarakat sebagai konsumen.

Bukan hanya itu, penerapan sustainable business juga menjadikan keberlangsungan perusahaan lebih lama, sehingga investor akan lebih tertarik untuk berinvestasi karena lebih terjamin.

Sustainable Business di Indonesia

Di Indonesia, perkembangan sustainable business cukup meningkat, meskipun jumlahnya masih sedikit yakni sekitar 40% dari total perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia. Harapannya, akan ada lebih banyak lagi perusahaan yang mau menerapkan prinsip ini.

Menurut B Corp yang merupakan lembaga nirlaba yang berperan aktif dalam mengampanyekan bisnis yang berprinsip pada kebaikan, praktik sustainable business di Indonesia mengalami peningkatan, dilihat dari indikator SDGs (Sustainable Development Goals) yang mengalami kemajuan.

Dari 280 indikator, 52 indikator di antaranya sudah mengalami kemajuan, 18 indikator yang terus membaik, serta 30% indikator lainnya yang masih perlu mendapat perhatian.

Berikut beberapa penghargaan Sustainable Business Awards yang sudah diraih oleh perusahaan di Indonesia yang menerapkan prinsip sustainable business adalah:

  1. Strategy & Sustainability Management

Kategori yang pertama adalah Strategy & Sustainability Management yang berhasil dimenangkan oleh TP Holcim Indonesia Tbk sebagai peraih Best dan PT Bayer Indonesia sebagai peraih Special Recognition.

  1. Workforce

Kategori Workface ini berhasil dimenangkan oleh  PT Vale Indonesia Tbk untuk peringkat Best, dan untuk Special Recognition berhasil diraih oleh PT Trakindo Utama.

  1. Sustainability in the Community

Pemenang atau Best untuk kategori Sustainability in the Community dalam penghargaan sustainable business adalah Corteva Agriscience melalui Program Benih Hibrida. Sedangkan, untuk Special Recognition dimenangkan oleh United Tractors.

  1. Energy Management

Kemudian kategori keempat adalah Energy Management yang berhasil dimenangkan oleh PT Pertamina sebagai Best. Untuk tempat kedua atau Special Recognition berhasil diraih oleh PT Ispat Indo.

  1. Water Management

PT Multi Bintang berhasil memenangkan kategori Best Water Management, disusul oleh PT Asia Pulp and Paper (APP) sebagai peraih Special Recognition di kategori yang sama.

  1. Waste and Material Productivity

Kategori berikutnya dalam penghargaan sustainable business adalah Waste and Material Productivity. Kategori ini dimenangkan oleh PT Multi Bintang (Best) dan Kreskros (Special Recognition).

  1. Supply Chain Management

Peraih Best untuk kategori Supply Chain Management adalah perusahaan pakaian ternama yang ada di Indonesia, yaitu H&M Indonesia. Sedangkan untuk titel Special Recognition diraih oleh PT Astra International.

  1. Land Use and Biodiversity

Land Use and Biodiversity adalah salah satu penghargaan yang menunjukkan bagaimana perusahaan mampu memanfaatkan lahan dan menjaga keanekaragaman hayati. Hal ini memang sangat erat kaitannya dengan sustainable business.

Pemenang kategori ini dalam penghargaan sustainable business adalah PT Rimba Makmur (Best) dan PT Chevron Pacific Indonesia (Special Recognition).

  1. Business Responsibility & Ethics

PT Vale Indonesia kembali memboyong penghargaan di peringkat Best, yaitu untuk kategori Business Responsibility & Ethics. Di tempat berikutnya atau Special Recognition berhasil dibawa pulang oleh APRIL Group.

  1. Stakeholder Engagement & Materiality

Menyusul PT Vale Indonesia, PT Asia Pulp and Paper (APP) juga membawa kembali penghargaan sustainable business namun di peringkat Best untuk kategori Stakeholder Engagement & Materiality. Lalu, disusul oleh PT Pertamina yang juga kembali membawa penghargaan Special Recognition.

  1. UN SDGs

Berkaitan dengan pelaksanaan indikator SDGs, APRIL Group berhasil memenangkan kategori UN SDGs ini di peringkat Best. Sedangkan di kategori yang sama untuk Special Recognition diraih oleh PT Pertamina.

  1. Cooling Efficiency Award

Penghargaan terakhir untuk perusahaan sustainable business adalah Cooling Efficiency Award yang berhasil dimenangkan oleh Ispat Indo. Kemudian di tempat Special Recognition, Nestle Indonesia dan United Tractors berhasil membawa pulang penghargaan di kategori ini.

Dari beberapa penghargaan di atas, PT Vale Indonesia dinyatakan sebagai pemenang umum untuk Sustainable Business Awards tahun 2018. Perusahaan ini dinilai telah membuktikan komitmennya terhadap pelaksanaan 12 kategori dalam sustainable development.

sustainable business adalah

Cara Menciptakan Sustainable Business

Meskipun untuk membentuk perusahaan yang dapat menerapkan sustainable business membutuhkan modal yang tidak sedikit, menciptakan bisnis berkelanjutan bukan tidak mungkin untuk diciptakan secara perlahan.

Namun, membentuk perusahaan yang berpegang pada prinsip sustainable business juga tidak mudah. Cara untuk menciptakan perusahaan atau bisnis yang sesuai dengan prinsip sustainable business adalah sebagai berikut:

  1. Pahami Konsepnya Terlebih Dahulu

Langkah pertama bisa dilakukan dengan memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sustainable business, bagaimana tujuannya, dan apa saja manfaatnya. Perlu digaris bawahi bahwa tidak hanya membaca tetapi perlu dipahami.

Ibaratnya jika ingin bepergian ke suatu tempat, konsep ini adalah alamat tempat tersebut yang tidak hanya dibaca namun juga perlu dihafal dan diingat-ingat. Jika tidak, maka untuk melaju ke cara selanjutnya akan cukup sulit untuk dilakukan.

Bisa dikatakan bahwa pemahaman konsep adalah langkah dasar sebelum menentukan langkah selanjutnya yang lebih kompleks. Untuk itu, perkaya pengetahuan terlebih dahulu mengenai sustainable business agar tidak salah dalam mengambil langkah.

  1. Tentukan Tujuan

Setelah memahami apa itu sustainable business, selanjutnya adalah menanyakan pada diri sendiri kira-kira apa tujuan yang diharapkan jika bisnis harus menerapkan sustainable business. Buatlah tujuan yang konkret dengan cara menganalisis terlebih dahulu seberapa besar dampak perusahaan terhadap lingkungan serta masyarakat.

  1. Tentukan Tindakan yang Nyata

Setelah memahami konsep dan bisa menentukan tujuan, selanjutnya adalah pikirkan tentang cara apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkan tujuan sustainable business tersebut. Jadikan misi mengenai cara mencapai tujuan tersebut sebagai panduan bisnis ke depannya.

Meskipun skala bisnis sudah mulai berkembang pesat, tetap fokuslah kepada misi yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk bisa menjaga konsistensi perusahaan sustainable business.

  1. Buatlah Strategi yang Tepat

Untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar tentu kita akan dihadapkan pada banyak cara yang bisa dilakukan. Agar tidak salah dalam melakukan tindakan nyata dalam bentuk misi yang tadi sudah dibuat, maka kita perlu membuat strategi yang tepat.

Ketika menentukan strategi untuk pemasaran, penjualan, hingga penilaian hasil produksi, pastikan untuk selalu mengedepankan bisnis berkelanjutan yang menjadi prinsip. Rancanglah bisnis dengan berorientasi pada kebaikan, baik untuk lingkungan maupun masyarakat.

  1. Terapkan Strategi yang Sudah Dibuat

Strategi yang telah dirancang tidak akan berhasil jika tidak ada pelaksanaan atau tindakan nyata. Oleh sebab itu, laksanakan atau terapkan strategi yang sudah dibuat pada bisnis dan konsisten untuk menerapkan strategi tersebut.

Buatlah garis waktu atau timeline yang jelas agar efektivitas strategi tersebut bisa kita nilai. Tetap gunakan strategi jika penilaian menunjukkan hasil yang bagus. Sedangkan, jika penilaian menunjukkan hasil sebaliknya maka perlu adanya perombakan strategi yang sudah dibuat.

Apapun hasilnya, pastikan untuk selalu menerapkan penilaian agar perusahaan tetap berjalan dengan pantauan dan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Sustainable business adalah salah satu cara untuk menciptakan bisnis yang sehat dan cinta lingkungan. Sudah paham kan?

Rekomendasi software akuntansi online untuk menunjang proses akuntansi bisnis Anda menjadi pilihan yang terbaik. Anda bisa mencobanya secara gratis sekarang!

Ikuti program referral Mekari Jurnal dengan mengajak rekan bisnis Anda menggunakan software Jurnal dan jadilah jutawan!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo