Laporan Keberlanjutan Perusahaan, Pengertian Hingga Tujuan dan Contohnya

Laporan keberlanjutan perusahaan sering disebut pula dengan istilah ekonomi lainnya yaitu sustainability report. Tentunya laporan keberlanjutan perusahaan ini sangatlah relevan untuk semua bisnis yang dijalankan di tiap perusahaan. Pada dasarnya laporan berkelanjutan perusahaan ini menjadi suatu upaya agar perusahaan bisa menyelenggarakan aktivitas ekonominya dengan lebih baik lagi dan hal ini bisa terus berjalan. Dalam hal ini perusahaan melakukan berbagai kegiatan mulai dari melakukan pengukuran dan pengungkapan serta pengelolaan perubahan untuk dapat membuat kegiatan yang berkelanjutan.

contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor excel

Pengertian Laporan Keberlanjutan Perusahaan

Apa yang dimaksud dengan laporan keberlanjutan perusahaan pada dasarnya merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan agar bisa bersifat akuntabel. Setiap perusahaan memang sudah seharusnya bersifat akuntabel sehingga segala kondisinya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Perusahaan yang akuntabel cenderung memiliki banyak tenaga kerja yang profesional sehingga segala macam tugasnya dapat dijalankan dengan sangat baik.

Apa yang dikerjakannya ini bahkan mendorong perusahaan untuk bisa mencapai tujuan perusahaan dengan lebih mudah. Jadi akuntabilitas dalam hal ini mengacu pada tanggung jawab dari pemimpin perusahaan terkait dengan segala macam keputusan serta hasil yang diraih dalam hal menjalankan perusahaan. Umumnya hal ini juga berkaitan dengan wewenang dan tugas yang diberikannya pada para bawahannya.

Selain menjadi perusahaan akuntabel rupanya laporan keberlanjutan perusahaan juga dipandang sebagai suatu jenis laporan yang dapat dijadikan acuan bagi perusahaan untuk dapat menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Tata kelola perusahaan yang baik ini sering pula disebut dengan istilah Good Corporate Governance atau GOC.

Tata kelola perusahaan yang baik ini pada dasarnya merupakan suatu jenis struktur serta mekanisme yang dapat mengatur pengelolaan perusahaan. Dari pengelolaan perusahaan ini nantinya akan dihasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang bersifat berkesinambungan terutama bagi para pemegang saham perusahaan sekaligus bagi para pemangku kepentingan perusahaan.

Tujuan Laporan Keberlanjutan Perusahaan

Adapun pembuatan laporan keberlanjutan perusahaan ini umumnya memiliki beberapa tujuan penting. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

Meningkatkan kinerja yang berkelanjutan

Salah satu tujuan dari adanya laporan keberlanjutan perusahaan adalah untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang berkelanjutan. Jadi dari laporan nantinya bisa diketahui hasil kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan selama ini. Selain itu perusahaan juga bisa memperkirakan kegiatan atau upaya apa lagi yang bisa dilakukannya untuk dapat terus melangsungkan kegiatan usaha dari perusahaan terkait. Untuk itu perusahaan harus tahu lebih lanjut mengenai hasil laporan dari seluruh upaya atau kegiatan dan usaha yang telah dilakukan oleh perusahaan selama periode tertentu.

Meningkatkan manajemen resiko

Tujuan selanjutnya dari laporan kinerja yang berkelanjutan adalah untuk meningkatkan manajemen risiko perusahaan. Manajemen resiko sendiri pada dasarnya merupakan suatu pendekatan yang terstruktur dan digunakan untuk mengelola suatu ketidakpastian yang biasanya berkaitan dengan suatu ancaman dan sejenisnya.

Resiko juga berpeluang terjadi pada suatu perusahaan. Untuk itu resiko sebisa mungkin ditekan atau diminimalisir agar tidak sampai terjadi sehingga merugikan perusahaan. Maka resiko haruslah bisa di manajemen misalnya dengan menggunakan berbagai strategi yang dipilih. Pemilihan strategi dalam meningkatkan upaya untuk dapat memanajemen resiko ini bisa diambil dengan terlebih dahulu melihat dan mempelajari laporan kinerja berkelanjutan. Supaya lebih cepat gunakan aplikasi laporan keuangan untuk mendukung proses tersebut.

Mengembangkan motivasi karyawan

Selanjutnya masih ada lagi tujuan lain dari laporan keberlanjutan perusahaan yaitu untuk memotivasi karyawan. Pada dasarnya laporan keberlanjutan perusahaan di dalamnya mengandung laporan hasil kinerja perusahaan selama ini. Jadi melalui adanya laporan tersebut maka setiap orang bisa melihat hasil yang telah dicapai oleh perusahaan selama periode tertentu. Apa yang telah dicapai oleh perusahaan ini bisa saja menjadi perhatian bagi para karyawan. Dengan adanya laporan tersebut maka karyawan bisa timbul semangat untuk mencapai hasil yang lebih lagi.

Laporan keberlanjutan perusahaan dapat membangun efektivitas

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa laporan berkelanjutan perusahaan ini mencakup seluruh kegiatan perusahaan yang sudah dilakukan selama ini. Maka apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh perusahaan bisa menjadi suatu hal yang membangkitkan perusahaan untuk bisa membangun efektivitas perusahaan. Misalnya saja dengan memanfaatkan tenaga SDM yang berpotensi di dalam perusahaan agar bisa lebih fokus pada peningkatan hasil. Selain itu perusahaan juga bisa mulai memikirkan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas produk dan mempertahankan pelanggan.

Mengukur kinerja melalui laporan keberlanjutan perusahaan

Tujuan yang juga ingin diraih dari adanya sustainability report adalah untuk mengukur kinerja berkelanjutan tepatnya pada perusahaan. Dari hasil pengukuran kinerja yang berkelanjutan tersebut maka perusahaan kemudian dapat menciptakan dan menggunakan metode yang tepat. Metode ini juga menjadi strategi bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar sehingga perusahaan bisa tetap bertahan dalam dunia persaingan. Tidak hanya itu saja tetapi dengan mengukur kinerja berkelanjutan yang ada maka perusahaan nantinya juga bisa membandingkan kinerjanya baik secara internal maupun dengan sektor lain.

Contoh Laporan Keberlanjutan Perusahaan

Mungkin masih banyak yang bingung jika mencari tahu seperti apa sebenarnya laporan keberlanjutan perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut di bawah ini.

  •         Profil perusahaan

Sebuah laporan berkelanjutan perusahaan perlu dibuat dengan jelas. Salah satu contoh hal yang harus ada pada laporan ini adalah profil perusahaan. Profil perusahaan akan menunjukkan identitas perusahaan yang harus diketahui oleh semua pihak.

  •         Standar laporan

Membuat laporan keberlanjutan perusahaan juga bisa dibuat dengan menggunakan contoh yang ada misalnya yang di dalamnya terdapat standar laporan. Dengan adanya standar laporan maka orang yang membaca laporan tersebut bisa mengetahui secara lebih jelas tentang materi yang dibahas di dalam laporan.

  •         Ruang lingkup dan isi

Selain kedua contoh di atas rupanya masih ada pula contoh pembuatan laporan berkelanjutan perusahaan yang lainnya. Misalnya saja laporan yang di dalamnya mengandung ruang lingkup dan isi yang ingin diangkat oleh perusahaan yang membuatnya. Ruang lingkup dan isi ini bisa dicantumkan untuk menentukan materialitas dan juga Batasan dari pelaporan.

  •         Topik material

Tidak hanya ketiga hal di atas yang bisa menjadi contoh bagi Anda saat ahrus membuat laporan berkelanjutan perusahaan. Namun ada pula topik material yang juga bisa turut dicantumkan dalam pembuatan laporan. Dalam hal ini Anda bisa memberikan Batasan laporan sesuai dengan kebutuhan atau keperluan perusahaan.

  •         Pelibatan pemangku kepentingan

Terakhir pelibatan pemangku kepentingan juga bisa menjadi contoh isi dari laporan keberlanjutan perusahaan. Dari sini nantinya bisa dilihat hubungan yang telah dijalin oleh perusahaan dengan berbagai pihak telah berjalan harmonis.

Laporan keberlanjutan perusahaan yang memiliki beberapa tujuan seperti di atas sudah pasti menjadi upaya terbaik dari perusahaan jika memang ingin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Dengan demikian maka bukan tidak mungkin perusahaan memiliki peluang yang cukup besar untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Jadi upaya yang dilakukan oleh perusahaan bisa mendorong perusahaan untuk terus eksis di persaingan pasar yang ada hingga memperoleh kesuksesan berjangka panjang.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo