Sitem Asset Management dan Tips Pengelolaannya

Mengelola aset tentunya menjadi suatu hal yang penting bagi setiap perusahaan yang ingin semakin maju dan berkembang. Pada dasarnya memang setiap perusahaan memiliki aset baik aset yang berwujud maupun aset yang tidak berwujud. Bahkan jumlah aset di tiap perusahaan cenderung banyak sehingga pengelolaannya haruslah dilakukan dengan benar. Adapun software asset management dalam hal ini memiliki peranan yang penting untuk membuat aset bisa bekerja secara maksimal untuk memajukan perusahaan.

Oleh karena itu pengelolaan dalam manajemen aset pun haruslah mendapatkan fokus tersendiri agar bisa terlaksana dengan baik. Bagi Anda yang ingin tahu beberapa upaya pengelolaan melalui software asset management bisa langsung simak beberapa upaya yang dijelaskan di bawah ini.

manufacturing accounting software

Menentukan Tim Handal Pengguna Software Asset Management

Pengelolaan asset management atau manajemen aset dapat diawali dengan langkah tepat yaitu memilih dan menentukan tim handal. Dengan adanya tim handal maka nantinya manajemen aset bisa dilaksanakan dengan baik. Sebaiknya perusahaan bisa memilih siapa saja SDM atau tenaga kerja yang mampu tergabung ke dalam satu tim guna melakukan pengelolaan manajemen aset perusahaan. Sebab bagaimanapun juga suatu pekerjaan yang dilakukan secara tim dapat membuat pekerjaan jadi lebih ringan.

Bahkan pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui software asset management nantinya. Pekerjaan pengelolaan manajemen aset pun nantinya juga bisa lebih cepat diselesaikan karena menjadi tanggung jawab satu tim. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan bisa mencari dan menemukan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat. Seperti misalnya penuh tanggung jawab dan dapat dipercaya untuk dapat mengelola aset perusahaan dengan baik.

Mengenal Perputaran Aset Perusahaan

Upaya selanjutnya yang juga bisa menjadi tips terbaik bagi suatu perusahaan dalam melakukan pengelolaan aset perusahaan adalah mengenal perputaran aset. Yang dimaksud dengan perputaran aset dalam hal ini dimulai dari hal pembelian sampai dengan menemukan aset yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Perputaran aset ini sebenarnya dapat dipahami secara lebih lagi jika perusahaan bisa mengetahui siklus hidup aset.

Yang termasuk di dalamnya adalah mengetahui berapa lama suatu aset dapat bertahan dan dapat terus digunakan oleh perusahaan untuk menyelenggarakan operasionalnya. Di samping itu perusahaan juga perlu mengetahui secara lebih lanjut tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeliharaan aset tersebut. Dengan mengetahui siklus hidup aset maka nantinya perusahaan dapat membaharui aset yang sudah tidak terpakai dengan tepat.

Melacak Aset Melalui Software Asset Management

Hal selanjutnya yang juga dapat dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan pelacakan terhadap aset itu sendiri. Proses pelacakan aset haruslah dilakukan secara berkala dan kontinyu agar pelacakan ini bisa memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan. Contohnya melalui penggunaan aplikasi inventory yang mempermudah pencatatan serta pelacakan aset tersebut. Dimana aplikasi tersebut dapat menjadi bagian dari software asset management yang digunakan perusahaan.

Proses pelacakan ini tentunya memerlukan kejelian sehingga tim haruslah bisa melihat pengadaan aset secara jeli. Selain itu kondisi aset juga harus diketahui dengan pasti apakah aset masih bisa difungsikan secara maksimal ataukah sudah tidak bermanfaat. Selain itu perhatian juga harus dipusatkan pada pembayaran pajak atas aset perusahaan. Jangan sampai perusahaan membayar pajak atas aset yang sebenarnya sudah tidak dapat digunakan.

Mencari Depresiasi Aset

Istilah depresiasi aset mungkin masih belum dipahami secara pasti sekalipun hal ini sudah seharusnya diketahui secara lebih dalam oleh orang-orang yang bergabung ke dalam perusahaan tertentu. Depresiasi aset bisa dimaknai sebagai biaya yang digunakan oleh perusahaan karena terjadinya penyusutan aset yang umumnya terjadi pada tiap perusahaan.

Tentu saja hal ini bisa berdampak pada timbulnya kerugian khususnya bagi perusahaan terkait. Oleh karena itu depresiasi aset sudah seharusnya dicari sejak dini. Selain itu perusahaan juga sudah seharusnya mencari depresiasi aset atau biaya yang bisa digunakan saat terjadi penyusutan aset perusahaan. Biaya ini harus turut menjadi bagian dari anggaran perusahaan untuk mengantisipasi penyusutan aset.

Membuat Jadwal Arus Kas Via Software Asset Management

Pembuatan jadwal arus kas juga turut menjadi bagian dalam melakukan manajemen aset melalui penggunaan software asset management. Untuk membuat jadwal ini maka Anda bisa melakukan banyak cara. Misalnya saja dengan membuat jadwal di kalender sehingga waktu kapan arus kas masuk dan arus kas keluar terjadi bisa diketahui dengan pasti.

Dari jadwal yang dibuat di kalender nantinya akan diketahui bagaimana mencapai keseimbangan antara aset kas dan kewajiban bisnis. Jadi jika pada kalender nantinya diketahui bahwa perusahaan tidak memiliki cukup uang untuk melakukan pembayaran atas suatu hal tertentu maka perusahaan bisa segera membuat jadwal pinjaman.

Selain itu jadwalkan pula pelunasan pinjaman tepatnya saat terjadi pemasukan arus kas. Dengan adanya jadwal arus kas ini maka nantinya kekurangan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan bisa ditemukan dan dievaluasi.

Mengoptimalkan Investasi

Tips selanjutnya yang juga tak kalah penting untuk dilakukan selain berbagai tips di atas adalah mengoptimalkan investasi. Sebenarnya saat sebuah perusahaan berhasil dalam mencetak profit atau surplus maka sebagian dari profit ini bisa digunakan untuk dapat memaksimalkan keuntungan bisnis.

Mungkin saja sebagian profit ini bisa diinvestasikan misalnya pada saham atau obligasi atau bisa juga pada jenis investasi lainnya. Memang umumnya semakin banyak investasi dilakukan oleh perusahaan maka akan semakin tinggi atau semakin besar resiko yang dihadapi. Namun jika Anda bisa mengoptimalkan manajemen resiko investasi maka tetap saja Anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut sehingga optimalisasi investasi bisa membuahkan hasil yang bersifat menguntungkan.

Memaksimalkan Penggunaan Software Asset Management

Tips selanjutnya yang juga perlu Anda ketahui untuk bisa melakukan pengelolaan asset adalah dengan menggunakan bantuan dari software asset management yang tepat. Software untuk membantu perusahaan dalam mengelola manajemen aset bisa pula diperoleh dari aplikasi tertentu. Maka sebaiknya Anda bisa memilih dan menggunakan aplikasi software yang tepat yaitu aplikasi software yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Sebaiknya gunakan software asset management yang memiliki kemampuan untuk membantu perusahaan dalam melakukan pengawasan dan pelacakan serta pengkategorisasian aset perusahaan. Serta software akuntansi untuk kemudahan transaksi bisnis Anda. Dengan adanya bantuan dari aplikasi software tertentu maka perusahaan bisa melakukan pengelolaan manajemen aset dengan lebih mudah dan lebih cepat serta tepat.

Tips mengelola aset yang tertera di atas melalui penggunaan software asset management mungkin tidak bisa dilakukan dalam sekejap saja. Namun untuk melakukan berbagai tips di atas diperlukan adanya waktu yang cukup sehingga nantinya seluruh upaya tersebut bisa dilakukan secara konsisten di perusahaan terkait. Sebenarnya seluruh upaya diatas jika dilakukan secara konsisten tentu akan membuahkan hasil sesuai dengan harapan. Maka aset perusahaan dapat difungsikan secara maksimal untuk turut membantu perusahaan dalam mencapai perkembangan yang signifikan.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo