Jurnal Enterpreneur

Pelayanan Apotek Berbasis Digital Berikan Kenyamanan Optimal

Potensi pasar apotek di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Populasi masyarakat Indonesia yang mencapai lebih dari 245 juta jiwa dan tersebar di 34 provinsi menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial untuk pasar apotek. Namun anda dapat membuat bisnis Apotek yang berbeda di era digital, dimana sebagian orang tidak tertarik lagi dengan pelayanan yang bersifat konvesional.

Kini konsumen lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa layanan online yang terbilang praktis dan cepat. Untuk itulah bisnis apotek dengan jaringan modern berbasis digital dirasa tepat sebagai pilihan bisnis yang bisa Anda ambil. Dengan berkembangnya bisnis digital, akan tercipta inovasi baru di industri penjualan obat-obatan.

Hadirnya teknologi terkini, meringankan tugas dan kerja manusia. Anda kini tidak usah repot-repot lagi untuk mengantre membeli obat. Karena apotek digital dapat memberikan pelayanan secara online. Ketika Anda tengah mempersiapkan untuk memulai usaha apotek berbasis digital, fitur-fitur layanan yang perlu di persiapkan adalah sebagai berikut :

1. Pelayanan 24 jam

Karena berbasis digital online, usahakan kalau bisnis yang Anda jalani memberikan pelayanan 24 jam. Dengan pelayanan tersebut diharapkan akan memberikan nilai lebih dari kompetitor lainnya.

2. Antar jemput gratis

Pilihan pelayanan yang bisa Anda berikan adalah pengiriman paket ke lokasi-lokasi yang masih dalam jangkauan (free delivery area). Tidak dikenakan ongkos kirim. Pastikan untuk memberikan beberapa pilihan pengiriman. Selain menggunakan jasa ekspedisi paket, usahakan untuk dapat melayani cash on delivery dengan jangkauan terdekat dari rumah Anda. Layanan ini berguna untuk memperluas jaringan agar dapat menjangkau masyarakat lebih dekat lagi.

3.Layanan konsultasi gratis

Hal ini dapat membuat konsumen yang ingin membeli produk obat Anda bisa mendapatkan pilihan yang lebih baik atau lebih murah. Layanan ini membutuhkan seorang apoteker yang andal untuk menjawab segala pertanyaan dari pelanggan Apotek Anda.

4. Terdapat artikel tentang kesehatan

Dengan adanya artikel tentang kesehatan atau keterangan obat-obatan yang di jual di apotek Anda, memudahkan konsumen untuk dapat mengetahui obat yang akan dibelinya. Serta juga memberikan informasi mengenai obat-obatan yang dijual secara umum di Apotek Anda.

5. Pengelolaan pembukuan keuangan

Saat melacak penjualan, pembelian,serta faktur untuk bisnis Apotek online Anda, perangkat pembukuan online membuatnya lebih mudah. Jika Anda mencari aplikasi pembukuan yang simple untuk memudahkan usaha Anda, software akuntansi online seperti Jurnal bisa menjadi solusi pembukuan Anda.

Walaupun menawarkan banyak keuntungan, Apotek Online juga memiliki beberapa kelemahan. oleh karena itu Anda harus mempersiapkan dengan matang bisnis yang akan Anda jalani ini. Beberapa tips diatas dapat membantu Anda untuk memulai usaha Apotek berbasis digital.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo