Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Layanan Apotek Digital Solusi Bisnis Obat-obatan Saat Ini

Tayang 07 Jun 2023
Diperbarui 10 Oktober 2023

Potensi pasar apotek digital di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Populasi masyarakat Indonesia yang mencapai lebih dari 245 juta jiwa dan tersebar di 38 provinsi menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial untuk pasar apotek.

Namun, anda dapat membuat usaha Apotek yang berbeda di era digital, di mana sebagian orang tidak tertarik lagi dengan pelayanan yang bersifat konvesional.

Setelah era pandemi melanda Indonesia, masyarakat sudah terbiasa untuk melakukan transaksi obat-obatan melalui digital dan online.

Membeli produk atau jasa layanan online melalui Whatsapp, e-commerce, atau aplikasi apotek online itu sendiri terbilang lebih praktis dan cepat.

Untuk itulah bisnis apotek dengan jaringan modern berbasis digital dirasa tepat sebagai pilihan bisnis yang bisa Anda ambil saat ini.

Berikut ulasan mengenai apotek digital sebagai peluang bisnis saat ini.

Manfaat Keberadaan Apotek Digital

Salah satu manfaat paling vital akan keberadannya apotek digital adalah kenyamanannya dalam memesan obat.

Hal itu juga sesuai dengan tujuan dari apotek digital yaitu memprioritaskan rasa kenyamanan, aksesibilitas, transparansi, dan privasi pelanggan serta stok ketersediaan barang yang ada.

Tentunya, melihat dari kondisi yang terjadi di saat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat keterbatasan interaksi dan mengubah pola kebiasaan sehari-hari.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh International Pharmaceutical Federation (IPF) pada tahun 2021 memperlihatkan bahwa 25% orang dari target riset mengatakan manfaat paling signifikan dari adanya apotek digital adalah aksesibilitas yang lebih baik.

Kondisi ini dapat memberikan peluang yang besar bagi usaha bisnis apotek digital sebab kondisi geografis  alami dalam negeri yang sangat mempengaruhi akses dan keterjangkauan dalam berinteraksi.

Berikut manfaat lainnya dari apotek digital:

  • Akses ketersediaan obat bagi masyarakat dengan akses terbatas.
  • Kenyamanan dan kepuasan pelanggan.
  • Alur kerja apoteker yang semakin efisien.
  • Fasilitas pelayanan konsultasi obat berbasis digital.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Omzet Bisnis Apotek dengan Pembukuan Tepat

Ingin memulai usaha apotek digital? simak fitur-fitur layanan ini

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memulai Apotek Digital

Ketika Anda tengah mempersiapkan untuk memulai usaha apotek berbasis digital, berikut fitur-fitur layanan yang perlu Anda persiapkan dalam operasionalnya:

1. Pelayanan 24 Jam

Karena berbasis digital online, usahakan kalau bisnis yang Anda dapat menjalani pelayanan online 24 jam. Dengan pelayanan tersebut diharapkan akan memberikan nilai lebih dari kompetitor lainnya.

2. Layanan Pengiriman atau Promo Ongkir

Berikan layanan pengiriman paket ke lokasi-lokasi yang masih dalam jangkauan dari lokasi apotek berada dan tidak mengenakan ongkos perjalanan (free delivery area).

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa ekspedisi pengiriman paket sebagai opsi tambahan jika jarak yang terlalu jauh.

Jika Anda memiliki keterbatasan sumber daya untuk mengirimkan barang ke pelanggan, Anda dapat bekerja sama dengan layanan jasa pengiriman paket dan memberikan voucher diskon kepada pembeli di apotek digital Anda.

Layanan ini berguna untuk memperluas jaringan agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan intim lagi.

Baca Juga: 6 Tips dan Strategi Menentukan Biaya Pengiriman

3.Layanan Konsultasi Gratis

Hal ini dapat membuat konsumen yang ingin membeli produk obat Anda bisa mendapatkan pilihan yang lebih baik atau lebih murah.

Beberapa macam obat juga memerlukan resep dan cara pemakaian yang sedikit berbeda dengan obat-obatan pada umumnya, sehingga adanya layanan ini dapat membantu meningkatkan ilmu pelanggan.

Layanan ini membutuhkan seorang apoteker yang andal untuk menjawab segala pertanyaan dari pelanggan Anda.

4. Terdapat Artikel Mengenai Kesehatan

Dengan adanya artikel tentang kesehatan atau keterangan obat-obatan yang di jual di apotek Anda, memudahkan konsumen untuk dapat mengetahui obat yang akan dibelinya.

Serta juga memberikan informasi mengenai obat-obatan yang dijual secara umum di Apotek Anda.

Hal ini juga dapat menarik calon pembeli yang membutuhkan solusi terhadap masalah kesehatan yang mereka hadapi di internet dan membeli obat-obatan yang dibutuhkan pada toko apotek digital Anda.

5. Pengelolaan Transaksi dan Keuangan

Pengelolaan layanan yang dijalankan secara online tentunya memerlukan berbagai teknologi penunjang lainnya, salah satunya pengelolaan transaksi dan keuangan secara online.

Transaksi secara online membutuhkan pembuatan dan pengiriman bukti pembayaran secara cepat, oleh sebab itu Anda dapat menggunakan aplikasi invoice yang sering ditemukan saat ini di pasaran.

Kelola Keuangan Apotek Digital Dengan Mekari Jurnal

Untuk pengelolaan keuangan, Anda dapat mempercayakan itu semua kepada Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online yang memiliki berbagai fitur lengkap untuk menjalankan pengelolaan keuangan seperti pembukuan, membuat laporan keuangan, dan membentuk anggaran.

Melalui Mekari Jurnal, Anda juga dapat memantau stok ketersediaan obat-obatan Anda secara real-time melalui aplikasi stok gudang.

Tunggu apalagi? Rasakan manfaat fitur-fitur Mekari Jurnal sekarang juga untuk perkembangan usaha apotek digital Anda!

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Itulah ulasan mengenai apotek digital sebagai solusi bisnis obat-obatan yang bisa Anda kembangkan saat ini.

Walaupun menawarkan banyak keuntungan, apotek digital juga memiliki beberapa kelemahan.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan dengan matang bisnis yang akan Anda jalani ini.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda untuk memulai usaha Apotek berbasis digital!

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal