Anggaran neraca adalah anggaran yang mencerminkan perkiraan semua aktiva dan pasiva yang akan dimiliki oleh perusahaan pada akhir periode. Untuk membuat anggaran neraca, Anda harus membuat jenis anggaran lain terlebih dahulu seperti anggaran kas, anggaran piutang, anggaran persediaan, anggaran utang, dan anggaran penambahan modal. Tanpa menyusun anggaran-anggaran tersebut terlebih dahulu, anggaran neraca tidak dapat dibuat.

Hal ini berkaitan dengan proses akuntansi sendiri, di mana setiap tahap terstruktur. Sehingga, Anda tidak dapat menyusun anggaran neraca seenaknya sendiri. Layaknya laporan keuangan neraca, anggaran neraca juga dibuat di akhir jika dibandingkan dengan jenis anggaran lain. Meskipun terasa panjang prosesnya, tetapi Anda harus membuat anggaran neraca karena dengan membuat anggaran neraca Anda dan perusahaan akan memperoleh manfaat yang banyak untuk kemajuan bisnis Anda.

Untuk mendapatkan tujuan perusahaan, sebuah anggaran harus disusun atau dibuat dengan baik. Meskipun arti dari anggaran sendiri adalah perencanaan tetapi dalam penyusunan dan pembuatannya harus tetap baik dan benar, tidak boleh sembarangan. Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai karakteristik anggaran neraca yang baik. Sehingga harapannya anggaran neraca yang Anda buat juga baik.

Tujuan Anggaran Neraca

Sebelum membahas mengenai karakteristik anggaran yang baik, akan lebih baik lagi jika Anda memahami tujuan dibuatnya anggaran neraca terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tujuan dari anggaran.

a. Menyatakan sasaran

Menyatakan sasaran merupakan tujuan utama suatu perusahaan membuat anggaran. Anggaran neraca merupakan salah satu jenis sasaran yang jelas dan formal. Dengan membuat anggaran neraca maka arah yang akan dicapai oleh manajemen kedepannya menjadi lebih jelas.

b. Bentuk pengendalian

Anggaran neraca juga dapat digunakan sebagai alat ukur dan pengendalian kinerja individu dan manajemen.

c. Koordinasi pekerjaan

Tujuan selanjutnya yaitu untuk mengkoordinasikan metode dan cara yang akan digunakan oleh perusahaan kepada karyawan untuk mengoptimalkan sumber daya.

d. Menyampaikan rencana kerja

Tujuan anggaran yang selanjutnya adalah untuk menyediakan informasi mengenai rencana kerja yang detail sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Sehingga harapannya, karyawan atau pihak-pihak yang terkait mengerti, mendukung dan melaksanakan dengan baik.

Karakteristik Anggaran Neraca Yang Baik

Sebuah anggaran harus disusun dengan baik, apalagi untuk bisnis yang sedang berkembang. Anggaran neraca yang baik ternyata memiliki karakteristik-karakteristik tertentu. Apakah Anda tahu karakteristiknya? Berikut merupakan karakteristik anggaran yang baik:

a. Disusun Berdasarkan Program

Anggaran neraca yang baik harus disusun berdasarkan program. Adapun program-program tersebut juga harus sesuai dengan tujuan perusahaan. Meskipun bentuknya masih berupa anggaran tetapi untuk menyusunnya juga menggunakan rencana strategi. Sehingga sebelum membuat anggaran neraca, perusahaan harus menetapkan program-program apa saja yang akan dilaksanakan terlebih dahulu. Sebab jika anggaran dibuat tanpa mengikuti program yang ditetapkan perusahaan dikhawatirkan tidak sesuai dengan tujuan perusahaan. Jadi sebaiknya anggaran dibuat menyesuaikan dengan program dan jumlah atau besar kecilnya nominal anggaran berbeda-beda sesuai dengan tujuannya.

b. Dibuat Berdasarkan Pusat Pertanggungjawaban

Karakteristik nomor dua ini sebenarnya merupakan karakteristik umum dari setiap jenis anggaran yang akan dibuat tidak hanya untuk anggaran neraca saja. Pusat pertanggungjawaban dalam perusahaan dibagi menjadi empat yakni pusat laba, pusat pendapatan, pusat biaya, dan pusat investasi. Penyusunan anggaran yang tidak sesuai dengan karakter dari pusat pertanggungjawaban maka hasil kinerjanya tidak akan sesuai. Dan akibatnya, anggaran yang dibuat akan berantakan. Anggaran neraca dibuat berdasarkan anggaran lain, maka dari itu untuk menghasilkan anggaran neraca yang baik, anggaran-anggaran lain pun dalam penyusunannya harus dibuat berdasarkan pusat pertanggungjawaban.

c. Dipakai Sebagai Bentuk Pengendalian & Pengawasan

Karakteristik terakhir dari anggaran neraca yang baik adalah pada pengaplikasiannya, anggaran yang dibuat mampu berperan sebagai pengawas dan pengendalian di dalam perusahaan. Anggaran dibuat agar entitas dapat berjalan seimbang antara jalannya keuangan dan kegiatan. Dengan kata lain, pada anggaran neraca jumlah  aktiva dan pasiva perusahaan juga harus seimbang. Hal ini karena komponen dalam neraca yang menentukan operasional perusahaan.

Seperti yang diketahui bahwa untuk membuat anggaran salah satu yang harus dipersiapkan adalah data keuangan perusahaan. Agar anggaran yang dibuat baik maka pengelolaan keuangan perusahaan juga harus baik pula. Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online berbasis Cloud yang membantu Anda mengelola keuangan dan menyimpannya dengan aman di dalam sistem. Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, dan manajemen aset yang akan membantu mengembangakan nilai bisnis Anda di masa depan. Informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author