Cara Membaca Laporan Neraca pada Aplikasi Catatan Keuangan

Keberadaan aplikasi catatan keuangan saat ini sangat membantu perusahaan dalam mengelola laporan keuangan bisnis. Tidak hanya untuk menyusun laporan keuangan saja, aplikasi ini juga membantu Anda untuk membaca analisis laporan keuangan selama periode tertentu.

Laporan keuangan merupakan dokumen yang menyimpan informasi penting yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan. Kesalahan Anda dalam membaca laporan dapat menyebabkan kegagalan pengambilan kebijakan perusahaan.

Salah satu jenis laporan keuangan ialah laporan neraca. Bagaimana cara membaca laporan neraca pada aplikasi catatan keuangan? Berikut ini langkah-langkahnya!

Komponen Penyusun Neraca

Dalam penyusunan neraca, ada beberapa komponen utama sehingga kondisi keuangan perusahaan bisa diketahui.

Aset

Aset mencakup segala sesuatu yang dimiliki bisnis. Komponen ini dapat dibagi menjadi dua sub-kategori, yaitu aset lancar dan aset jangka panjang. Semua pendapatan bisnis berada di bawah dua aset ini.

Kewajiban

Kewajiban atau utang adalah segala pembayaran yang ditunda hingga periode tertentu sesuai dengan kesepakatan pihak lain sehingga harus dilunasi sesuai jatuh tempo.

Sama seperti aset, kewajiban terdiri dari kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang.

Modal

Ekuitas atau modal adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan sebagai sumber keuangan perusahaan sebelum mendapatkan pendapatan atau laba usaha. Modal usaha terdiri dari modal disetor dan laba atau rugi yang didapatkan oleh perusahaan.

Baca Juga: 3 Fungsi Program Akuntansi bagi Bisnis

Persamaan Akuntansi

Untuk membantu para pemula membaca neraca, sebaiknya Anda memahami Golden Equation dalam persamaan akuntansi. Saat membahas neraca keuangan, Anda harus ingat rumus persamaan akuntansi, yaitu:

Aset = Kewajiban + Modal

Persamaan ini menunjukkan kepada Anda bahwa komponen utama dari penyeimbang akun bekerja satu sama lain.  Jika Anda ingin menghitung jumlah kewajiban atau hutang, maka rumusnya menjadi:

Kewajiban = Aset – Modal

Begitu pula jika Anda ingin mengetahui jumlah modal atau ekuitas, maka rumusnya adalah:

Modal = Aset – Kewajiban

Selalu ingat dan perhatikan persamaan ini saat Anda menyusun laporan neraca. Pastikan untuk mengecek kembali rumus di atas untuk menghindari kesalahan.

Jurnal software akuntansi UKM

Keseimbangan Neraca

Agar neraca seimbang, jumlah total aset harus sama dengan total kewajiban ditambah modal. Untuk melakukannya Anda harus menambahkan kewajiban dan ekuitas secara bersamaan.

Biasanya ketidak seimbangan perhitungan ini disebabkan karena kesalahan dalam memasukkan aset dalam kewajiban. Begitu juga ketika Anda menghitung ekuitas dalam aset juga menjadi penyebab kesalahan hitung sehingga neraca tidak bisa disamakan.

Periksa semua entri  saat Anda menemukan kesalahan. Lakukan ini sampai laporan neraca seimbang.

Baca Juga: Alasan Software Akuntansi Online Dianggap Terbaik

Pahami Hasil Perhitungan

Hasil perhitungan neraca menunjukkan jumlah aset, utang, dan modal perusahaan dalam satu periode. Penting sekali bagi setiap pemilik bisnis untuk memahami hasil dari perhitungan neraca. Tujuannya adalah untuk mengetahui permasalah keuangan yang terjadi di perusahaan, dan juga menangkap peluang yang ada di depan.

Di sini pentingnya aplikasi catatan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam menyusun, mengelola, hingga memantau hasil perhitungan dari laporan neraca.

Salah satu aplikasi laporan keuangan yang ada di Indonesia adalah Jurnal by Mekari. Dengan fitur utama yaitu laporan kinerja dan laporan keuangan bisnis perusahaan, Jurnal akan membantu pengoperasioan tools laporan keuangan.

Aplikasi akuntansi Jurnal dari Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis ritel diproses dengan baik oleh Jurnal.

Bagi yang berlangganan Jurnal minimal 6 bulan, Anda akan mendapat diskon hingga 30%, lengkap dengan free penggunaan selama 30 hari, da n free training sebanyak 2x.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog


PUBLISHED24 Aug 2020
Risna
Risna


Kategori : Accounting