Software akuntansi telah menyederhanakan banyak fungsi dari proses akuntansi. Akun multi-level memungkinkan pembuatan akun bisnis untuk menjadi bagian dari beberapa akun pada tingkat yang berbeda dalam software akuntansi. Sebagai contoh: akun utama, sub akun dan sub sub akun.
Proses akuntansi manual berfungsi menjaga daftar yang berisi semua akun guna mengoperasikan bisnis. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah buku besar.
Jumlah akun dan rinciannya biasanya sudah tetap. Hal ini mempersulit pengguna untuk membuat sub account dan akun umum yang lebih detail.
Misalnya tagihan listrik bisa dicatat dalam akun biaya operasional atau sub biaya akun listrik. Untuk membuat akun yang lebih rinci atau kelompok akun yang lebih besar diperlukan perhitungan dan pengetahuan teori dan konsep akuntansi.
Hal ini mempersulit perusahaan untuk menganalisa akun yang kurang rinci atau yang sudah rinci.
Struktur akun multi-level yang fleksibel memungkinkan pembagian kesatuan seperti unit bisnis, divisi, fasilitas, departemen, atau sumber laba.
Hubungan ini mudah ditentukan melalui proses yang fleksibel sehingga memungkinkan organisasi untuk memodifikasi atau memperluas struktur akun sesuai yang dibutuhkan.
Pastikan Anda Sudah Menggunakan Jurnal, Sistem Akuntansi Terpercaya!
Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!
atau
Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!
Kelebihan Akun Multi Level (Multi-level Account) dalam Software Akuntansi
Berikut ini adalah beberapa kelebihan akun multi level (multi-level account) dalam software akuntansi:
- Laporan keuangan lebih rapi. Laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, arus kas dapat ditampilkan dengan lebih rapi dengan hanya menampilkan akun induk.
- Daftar akun yang lebih rinci. Menyiapkan sub akun memungkinkan akun utama untuk dapat melihat akun dengan lebih
- Fleksibilitas. Bagan akun dapat dibuat dengan tingkat dan detail yang diinginkan oleh bisnis.
Fitur lain yang kini diwujudkan dengan software akuntansi adalah Pemetaan Akun. Sebelumnya pemilik bisnis harus memilih setiap akun untuk debit dan kredit dalam melakukan pembukuan di setiap transaksi.
Pemetaan akun memungkinkan untuk memilih akun default untuk kredit dan debit pada tiap produk, pelanggan dan vendor.
Misalnya pengaturan sebuah produk dapat diatur sekali saja di awal, hal yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan rincian produk tersebut dalam sebuah transaksi.
Ini tidak hanya mempermudah pembukuan transaksi tetapi juga berkemampuan untuk menghubungkan produk, pelanggan, vendor untuk unit bisnis atau kebutuhan yang berbeda.
Baca juga: Cermati Fitur-fitur Ini saat Pilih Accounting Software Terbaik
Membuat laporan pembukuan jadi semakin mudah dengan software akuntansi online, fitur baru pemetaan akun dari Jurnal memungkinkan akun default yang ditetapkan untuk:
- Penjualan
- Pembelian
- Inventaris
- Pajak
- Pelanggan
- Vendor
Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.
Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik. Oleh karena itu rasakan akselerasi bisnis Anda menggunakan aplikasi pembukuan dari Jurnal.
Silakan coba aplikasi software akunting dari Jurnal secara gratis selama 14 hari.
Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!
atau
Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!
Sekian penjelasan mengenai akun multi level yang bisa ditemukan dalam software akuntansi seperti Jurnal.
Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, pembukuan usaha, dan akuntansi.