Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Laporan Keuangan Tahunan: Pengertian dan Komponen

Tayang 28 May 2023
Diperbarui 24 Oktober 2023

Laporan tahunan (annual report) adalah ringkasan data keuangan dari kegiatan perusahaan selama 1 tahun. Apa itu laporan tahunan keuangan, apa saja komponen di dalamnya, dan bagaimana cara membuat laporan ini? Simak penjelasan selengkapnya di Blog Mekari Jurnal.

Pada dasarnya setiap penerbitan laporan keuangan tahunan digunakan untuk melihat bagaimana laporan dari kinerja sebuah perusahaan dan dapat di download oleh publik dari situs resmi perusahaan terkait.

Biasanya hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan berskala besar karena disorot oleh banyak pihak sekaligus.

Dalam laporan tersebut tertulis tentang analisis manajemen kondisi keuangan sekarang dan rencananya akan dibawa kemana perusahaannya di masa depan.

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Keuangan Tahunan?

Laporan keuangan tahunan disebut juga dengan annual report adalah ringkasan data keuangan yang berasal dari kegiatan perusahaan selama 1 tahun.

Biasanya laporan tersebut menulis tentang kegiatan perusahaan sepanjang tahun, mulai dari sebelumnya hingga sekarang dan rencananya ke depannya.

Jadi disini tertulis pula analisis manajemen keuangan dengan jelas yang disiapkan di akhir tahun oleh pengguna eksternal.

Tujuannya adalah supaya bisa mengetahui data keuangan perusahaan secara internal dan bagaimana rencana manajemen keuangan ke depannya.

Jadi laporan jurnal keuangan ini dibuat dengan maksud memberi informasi kepada pengguna seperti calon investor atau pemegang saham seputar kinerja dan operasi keuangan perusahaan.

Tujuan Pembuatan Laporan Keuangan Tahunan

Di bawah ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan laporan keuangan tahunan, antara lain:

1. Memenuhi regulasi peraturan yang berlaku

Ketika menjalankan sebuah bisnis, maka kehadiran laporan tahunan ini menjadi sangat penting sekali.

Laporan tersebut memuat tinjauan audit, alamat direksi, kebijakan akuntansi, serta keuangan (laba rugi, neraca, dan arus kas).

Laporannya juga berisi seputar wawasan perusahaan terhadap hubungannya dengan manajemen perusahaan, investor, fungsi perusahaan, aktivitas perusahaan, dan juga informasi keuangan.

Baca juga: Ini Alasan Bisnis Membutuhkan Software Laporan Keuangan!

2. Menyediakan informasi lengkap seputar keuangan perusahaan

Tujuan pembuatan laporan tahunan adalah untuk menyampaikan data informasi keuangan perusahaan secara lengkap.

Namun data yang terlalu banyak bisa membuat pembacanya menjadi bingung.

Solusinya adalah memecah data laporannya menjadi berbentuk grafik dan bagan.

Biasanya perusahaan menyewa seorang desainer laporan supaya dapat merepresentasikan laporan keuangannya menjadi sebuah elemen desain yang terlihat menarik secara visual.

Jadi semua laporan arus kas, neraca, laporan laba rugi, serta ringkasan keuangannya dibuat secara sistematis.

Selain itu, biasanya beberapa perusahaan juga menyertakan kontribusi dana hemat lengkap dengan opsi saham di dalamnya.

Tujuan pembuatan laporan keuangan tahunan ini adalah supaya pembaca bisa memahami cara kerja perusahaan, berapa jumlah pendapatan yang didapatkan investor, dan bagaimana pertumbuhan bisnis perusahaan.

3. Sebagai cara untuk berkomunikasi bisnis

Laporan ini dibuat untuk menjadi komunikasi bisnis yang kuat.

Karena tujuannya adalah supaya bisa memperkenalkan dewan direksi ke pemegang saham dan personil kunci perusahaan.

Itulah kenapa di dalam laporannya biasanya berisi tentang pesan untuk peningkatan moral dari anggota tertinggi perusahaan seperti ketua dewan direksi atau CEO kepada para karyawan.

Dalam pesan tersebut tertulis rasa terima kasih karena mereka sudah bekerja dengan baik selama 1 tahun terakhir.

Pesan ini disampaikan dari awal pembuatan laporan keuangan tahunan.

Selain itu, tujuan lain dari pembuatan laporan keuangan tahunan ini adalah:

  • Menyediakan informasi tentang kinerja, posisi keuangan, serta perubahannya,
  • Menunjukkan pencapaian manajemen atas sumber daya yang telah dipercayakan.
  • Sebagai alat pemasaran dalam bentuk tertulis.
  • Sebagai dokumen yang berisi kinerja perusahaan dan laba rugi selama satu tahun.
  • Informasi penting bagi investor yang akan berinvestasi pada perusahaan agar dapat mengetahui keadaan perusahaan.
  • Memberi gambaran mengenai tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang yang ada di perusahaan.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Di mana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Sebagai promosi branding perusahaan

Selain menyampaikan data informasi keuangan ke pemegang saham, laporan keuangan tahunan ini juga dijadikan untuk media pemasaran.

Maka dari itu biasanya ditulis menggunakan tema tertentu sesuai trennya agar pembaca ikut terlibat dan mengikuti struktur laporannya secara sistematis.

Cerita yang disampaikan adalah hal-hal yang positif dan menggembirakan dari karyawan dan pelanggan supaya rasa kepercayaan para pembaca meningkat.

Karena laporan tersebut dijadikan sebagai media bercerita agar laporannya terlihat menonjol dan menarik secara visual.

Itulah kenapa saat ini banyak perusahaan menggunakan jasa desain laporan tahunan yang profesional supaya bisa menciptakan rancangan laporan yang menakjubkan.

5. Sebagai cara untuk mempublikasikan prestasi perusahaan

Dalam laporan ini berisi tentang informasi sejarah, misi, visi perusahaan.

Selain itu, sejumlah prestasi yang pernah diraih dari tahun lalu juga ikut disampaikan dengan jelas.

Pencapaian kerjasama terhadap merek besar, peningkatan penelitian, keuntungan pangsa pasar, dan penambahan jumlah mesin baru juga ditulis dalam laporan ini.

Baca juga: 8 Aplikasi Laporan Keuangan versi Android dan iOS (2022)

Isi atau Komponen Penyusun Laporan Keuangan Tahunan

pengertian komponen cara membuat laporan keuangan tahunan

Sebenarnya data tahunan ini memberi informasi selengkapnya tentang gambaran kinerja perusahaan secara keseluruhan pada tahun sebelumnya.

Jadi laporan ini tidak berbentuk tradisional seperti teks yang jumlahnya banyak.

Namun laporannya ditulis ke dalam bentuk gambar dan grafik supaya bisa menciptakan dokumen yang terlihat menarik dan mudah dipahami secara visual.

Berikut ini adalah daftar komponen/ isi penyusun dari laporan keuangan tahunan, antara lain:

1. Surat sambutan dari CEO

Sambutan ini dibuat khusus oleh CEO untuk pemegang saham dengan cara memberikan informasi data kinerja perusahaan pada tahun sebelumnya secara ringkas.

Itulah kenapa CEO selalu menghabiskan waktunya untuk pembuatan surat ini untuk memperlihatkan pencapaian perusahaan.

Jadi isinya dibuat lebih menarik agar pemegang saham langsung terpikat ketika membaca laporan informasi seputar kinerja perusahaan tersebut.

2. Laporan kinerja 

Dedikasi dari pembuatan laporan keuangan tahunan umumnya berfokus pada beberapa pencapaian utama dari perusahaan, yaitu tujuan pencapaian, inisiatif khusus, penghargaan yang pernah diterima karyawan/ perusahaan.

Jadi tujuan utama pembuatan komponen ini adalah agar pemegang saham merasa puas sudah melakukan investasi kepada perusahaan.

Dengan begitu pemegang saham bisa membujuk para calon investor yang lain agar mau melakukan hal serupa (melakukan investasi di perusahaan tersebut).

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Laporan keuangan 

Laporan keuangan merupakan kunci utama pembuatan laporan keuangan tahunan.

Karena bagian ini menghadirkan data secara kuantitatif kepada penggunanya tentang beberapa aspek tertentu dari kinerja keuangan perusahaan di tahun fiscal sebelumnya.

Beberapa hal yang ditulis dalam bagian ini meliputi neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi.

Disamping itu, dalam isi laporan ini biasanya terdapat gambaran grafik dan bagan supaya informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca. Lihat rekomendasi aplikasi laporan keuangan disini.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Lengkap untuk Berbagai Usaha!

4. Prospek/ Rencana untuk tahun berikutnya

Isi laporan ini berkaitan dengan informasi tentang kinerja perusahaan di masa depan.

Tujuannya adalah agar pemegang saham tahu soal bagaimana tujuan serta rencana masa depan perusahaan tersebut.

Dari sinilah pihak investor bisa mengetahui kondisi perusahaan sekarang ini secara menyeluruh dan rencana pertumbuhan kedepannya.

Jadi dalam laporan ini nanti meliputi informasi tentang strategi perusahaan dan rencananya dalam mengaplikasikan strategi itu di tahun yang akan datang.

5. Format laporan

Meski laporannya berbentuk hardcopy, namun ada juga sejumlah perusahaan yang menyajikan laporan keuangan tahunan berbentuk elektronik di web resmi perusahaan tersebut.

Versi elektronik ini biasanya berupa file PDF agar mudah diakses oleh pembaca.

Selain itu, biasanya ada sejumlah perusahaan yang menyajikan laporannya berbentuk interaktif online.

Tujuannya adalah agar pengguna bisa membaca laporan sekaligus memperluas grafiknya lebih mudah secara virtual.

Tahapan Membuat Laporan Keuangan Tahunan

pengertian komponen cara membuat laporan keuangan tahunan

Setiap perusahaan yang tertulis ke dalam pasar saham wajib membuat annual report.

Sayangnya tidak semua perusahaan memahami bagaimana tahapan pembuatan yang benar.

Singkatnya tahapan pembuatan laporan keuangan tahunan akan melalui tahapan ini:

  • Menyusun seluruh informasi mengenai prestasi perusahaan yang sudah dicapai.
  • Menentukan siapa yang akan membaca laporan ini, biasanya adalah calon investor, analisis keuangan, karyawan, pemerintah, hingga media massa.
  • Menentukan tema laporan dan hal-hal penting apa saja yang akan ada dalam laporan tahunan, termasuk kunci utama yang ingin disampaikan kepada publik sasaran.
  • Mengklasifikasikan laporan menjadi beberapa bagian agar mudah dipahami, seperti ringkasan keuangan, surat kepada pemegang saham, perkembangan perusahaan, operasi perusahaan, pernyataan keuangan, direksi perusahaan, dan informasi seputar karyawan.
  • Memasukkan komentar pimpinan perusahaan.

Kemudian, setelah memastikan tahapan di atas, maka Anda bisa memperhatikan tahapan lain seperti:

1. Penjelasan selengkapnya tentang profil perusahaan dan ide kreatifnya

Tahapan awal pembuatan annual report ini dimulai dari menyampaikan profil perusahaan lengkap dengan tujuan dan sasaran bisnisnya.

Selain itu, ditambahkan pula ide kreatif yang dibuat oleh perusahaan dan data laporan kegiatan yang lain.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana

2. Membuat desain, tampilan, dan teknik penulisan yang baru

Tahapan selanjutnya adalah memperhatikan teknik penulisan yang dibuat lebih fresh dan baru sesuai dengan kontennya agar tujuan pembuatannya tersampaikan kepada pembaca.

Itulah kenapa banyak perusahaan menggunakan ahli desain untuk menentukan huruf sekaligus menampilkan data angka, infografis, dan tabelnya.

Bila kegiatan dan data perusahaannya banyak, maka cara menampilkannya ke dalam laporan adalah dibuat berbentuk infografis.

Namun bila kegiatannya sedikit, maka isi annual report berbentuk tulisan panjang.

3. Melakukan copywriting, translate, dan memberi jaminan terhadap kualitas penulisan

Copywriting yang dilengkapi dengan terjemahan ini meliputi proses pembuatan laporan yang berkaitan.

Mulai dari data yang dituangkan ke dalam tulisan jadi datanya mudah dibaca konsumen.

Bila copywriting  sudah disiapkan, maka lakukan pengecekan terhadap kualitas penulisannya.

Apakah layak dan tidak ada kesalahan dalam menyampaikan informasinya.

Jadi penulisannya bisa segera diubah sebelum akhirnya dicetak ke dalam bentuk hard copy.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Membuat contoh laporan dan melakukan proses pencetakan akhir

Sebelum melakukan pencetakan, maka tentukan desain dan warnanya dulu.

Biasanya contoh cetakannya itu disebut dengan dummy.

Bila contoh laporan keuangan tahunan sudah sesuai kebutuhan, maka proses selanjutnya adalah melakukan pencetakan akhir pada isi annual report perusahaan.

5. Menjamin kualitas cetakan dan proses pengiriman berjalan lancar

Di tahapan terakhir ini adalah proses cetakan, yaitu mengecek kembali kualitas dummy dengan cara melakukan konfirmasi pada akhir cetakannya.

Jadi saat terjadi kesalahan dalam proses pencetakannya tersebut, percetakan masih mau tanggung jawab.

Selanjutnya dilakukan proses pengiriman pada beberapa lokasi sekaligus.

Jadi butuh waktu untuk mengemas laporan keuangan tahunan agar tidak rusak.

Seperti itulah tahapan pembuatan annual report yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar hasilnya sempurna.

Perbedaan Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan

Perbedaan antara laporan keuangan tahunan dengan laporan keuangan itu bisa dilihat dari tujuan dasar pembuatan kedua laporannya tersebut.

Berikut perbedaan keduanya:

1. Tujuan dasar pembuatan laporan keuangan adalah memberikan laporan penulisan istilah dan angka yang jelas.

Selain itu juga menyediakan informasi seputar kinerja masa lalu dan perubahan kondisi keuangan perusahaan yang dibutuhkan oleh investor dan pemegang saham.

Itu artinya laporan tersebut sifatnya mudah dipahami dan transparan.

Semua aset, keuntungan, kewajiban, serta pengeluarannya harus tertulis dengan lengkap dan jelas pada laporan keuangan tersebut.

2. Tujuan dasar laporan keuangan tahunan adalah memberikan gambaran luas seputar perusahaan. 

Jadi yang ditulis tidak hanya sekedar angka keuangan saja seperti laporan keuangan di atas.

Dalam hal ini, laporan tahunan itu memberikan informasi seputar pasar baru, produk, strategi, arah rencana yang akan dilakukan oleh perusahaan di masa depan terlepas dari data kondisi keuangannya.

Jadi seperti itulah sedikit pembahasan seputar pengertian, isi/ komponen, tujuan, tahapan pembuatan, dan perbedaan antara laporan keuangan tahunan dengan laporan keuangan.

Meski keduanya memiliki tujuan dasar yang berbeda, namun keduanya sama-sama membutuhkan data keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan agar mendapat data yang factual demi perencanaan bisnis kedepannya.

Buat Laporan Keuangan Tahunan dengan Menggunakan Software Akuntansi Jurnal

Mekari Jurnal adalah software akuntansi berbasis cloud yang mempermudah bisnis melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kinerja keuangan perusahaan.

Pelajari bagaimana enterprise software dapat membantu pekerjaan Anda.

Tinggalkan cara lama membuat laporan keuangan secara manual karena Jurnal akan menghasilkan laporan yang tepat, akurat dan saling terintegrasi.

Manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan software atau aplikasi akuntansi Jurnal adalah:

  • Membuat laporan keuangan seperti neraca, arus kas, laba rugi, dan perubahan modal
  • Memantau arus kas masuk dan keluar
  • Mengatur anggaran dan biaya operasional
  • Mengelola inventori dan stok barang

Anda bisa mengecek langsung daftar klien yang telah membuktikan manfaat penggunaan aplikasi pembukuan Jurnal. Dapatkan free trial atau coba gratis selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah pengertian, komponen, dan tahapan pembuatan laporan keuangan tahunan perusahaan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal