Annual Report (ARadalah ringkasan keuangan dari aktivitas perusahaan dalam periode satu tahun. Di dalam AR juga tercantum analisis manajemen tentang kondisi keuangan saat ini dan rencana masa depan perusahaan. Biasanya, AR disiapkan pada akhir tahun fiskal untuk pengguna eksternal. Agar pengguna eksternal mendapatkan informasi keuangan tentang aktivitas internal perusahaan dan rencana manajemen apa yang akan dilakukan ke depannya.

Pengguna eksternal adalah orang di luar perusahaan yang tidak secara langsung berpengaruh terhadap suatu perusahaan. Mereka menggunakan informasi keuangan atau akuntansi tentang suatu perusahaan untuk membuat keputusan bisnis. Dengan kata lain, Pengguna eksternal adalah seseorang yang tidak mengelola atau bekerja untuk sebuah perusahaan dan mereka hanya memanfaatkan informasi keuangan perusahaan tersebut.

Bagan-Bagan di dalam Annual Report

Di dalam AR tercakup beberapa bagan yang membantu investor dan kreditor lebih memahami perusahaan. Dibandingkan ketika mereka melihat seperangkat Laporan Keuangan untuk tujuan umum. Berikut bagan-bagan daripada AR:

  1. Surat kepada Pemegang Saham.
  2. Highlight Laporan Keuangan dan Kondisi Keuangan Perusahaan dari Tahun ke Tahun.
  3. Analisis dan Pembahasan Manajemen.
  4. Catatan Manajemen dalam Laporan Keuangan dan Kontrol Internal.
  5. Pernyataan Auditor terhadap Laporan Keuangan.
  6. Laporan Keuangan termasuk:
    • Neraca (Laporan Posisi Keuangan)
    • Laporan Laba Rugi
    • Ekuitas Pemegang Saham
    • Laporan Arus Kas
    • Catatan atas Laporan Keuangan
    • Daftar Nama Direktur dan Komisaris

Perbedaan Annual Report dengan Laporan Keuangan

Seperti yang Anda lihat, AR memberikan pengguna eksternal pandangan yang jauh lebih rinci mengenai kondisi keuangan perusahaan. Tidak hanya kondisi keuangan perusahaan, namun AR menjelaskan kepada pengguna eksternal mengenai keunggulan kompetitif dan proyeksi rencana perusahaan di masa depan. Bagi pengguna eksternal, melihat AR akan memberikan mereka informasi yang lebih efektif dibandingkan dengan satu set Laporan Keuangan Komparatif.

AR biasanya ditampilkan dengan grafik, foto, ilustrasi, dan diagram. Dan jelas bentuk dari AR lebih terlihat menarik daripada satu set Laporan Keuangan. Dalam arti lain, AR adalah laporan di mana manajemen dapat bercerita tentang pencapaiannya dan menarik investor baru untuk berinvestasi kepada perusahaan. Meskipun ada elemen pemasaran di dalam AR, tujuan sebenarnya adalah untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pengguna eksternal.

Fungsi Lain Annual Report

Meskipun Annual Report ditujukan untuk pengguna eksternal, laporan ini juga biasa digunakan sebagai alat pemasaran untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan memiliki citra yang baik. Manajemen dapat memamerkan produk dan inovasi baru serta mendiskusikan prospek baru yang mereka harapkan di masa depan.

Di dalam Annual Report juga terdapat informasi mengenai Rasio Keuangan perusahaan berdasarkan aktivitas operasional mereka selama satu tahun. Rasio Keuangan merupakan alat Analisis Laporan Keuangan yang sering digunakan oleh pengguna eksternal dan manajemen untuk menilai dan mengevaluasi kinerja perusahaan. Melalui Annual Report, Rasio Keuangan perusahaan dirangkum secara lengkap sehingga khususnya pengguna eksternal bisa dengan mudah menilai efektivitas investasi terhadap suatu perusahaan.

Kesimpulan

Dengan menghasilkan Annual Report, perusahaan bisa mengomunikasikan dengan mudah terhadap pengguna eksternal mengenai segala aktivitas operasionalnya dalam periode satu tahun. Laporan tersebut juga sering dijadikan acuan utama oleh pengguna eksternal untuk melihat berbagai informasi terkait kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Serta tidak lupa dengan Annual Report, perusahaan akan meyakinkan pengguna eksternal dengan proyeksi-proyeksi rencana manajemen dan langkah perusahaan di masa depan. Dan untuk membuat Annual Report, tentu Anda butuh untuk menghasilkan Laporan Keuangan secara rinci dan lengkap. Dan mungkin Anda membutuhkan Software Akuntansi sebagai alat pembantu penghasil Laporan Keuangan.

Salah satu Software Akuntansi yang bisa menjadi opsi bagi bisnis Anda adalah Jurnal. Jurnal adalah Software Akuntansi Online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi lengkap dan mudah untuk digunakan. Dengan Jurnal, Laporan Keuangan diolah secara otomatis, real-time, dan cloud-storaged. Sehingga pembuatan Annual Report bisnis akan terbantu secara cepat. Sekilas informasi lebih lanjut mengenai produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.