Jenis, Manfaat dan Tujuan Instrumen Pelaporan Keuangan

Instrumen pelaporan keuangan mungkin belum dikenal secara pasti oleh masyarakat awam. Sebab bagaimana suatu sistem yang terjadi dalam proses pelaporan keuangan tentunya tidaklah diketahui secara jelas oleh masyarakat di luar perusahaan. Namun apa yang menjadi instrumen dalam hal pelaporan keuangan ini sudah pasti dipahami oleh banyak orang yang memang bekerja dan terlibat dalam hal proses pengelolaan keuangan.

Pelaporan keuangan sendiri sebenarnya merupakan kegiatan melaporkan informasi mengenai keuangan. Dalam proses pembuatannya diperlukan beberapa instrumen yang dapat mendukungnya sehingga nantinya pelaporan keuangan dapat dilakukan dengan tepat.

contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor excel

Jenis Instrumen Pelaporan Keuangan

Ada beberapa jenis instrumen pelaporan keuangan secara umum yang harus diketahui. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.

Neraca sebagai Jenis Instrumen Pelaporan Keuangan

Salah satu jenis instrumen laporan keuangan yang sudah banyak dikenal terutama di kalangan pelaku bisnis dan di kalangan akuntan serta selalu dibuat di tiap perusahaan adalah neraca. Laporan neraca ini pada dasarnya mengandung segala macam informasi yang berkaitan dengan aktiva dan pasiva yang sudah pasti dimiliki oleh perusahaan.

Tidak hanya itu saja namun modal yang dimiliki oleh perusahaan pada umumnya juga dicatat di dalam laporan neraca perusahaan ini. Jadi bisa dibilang bahwa neraca atau balance sheet pada dasarnya merupakan suatu laporan yang di dalamnya tercantum tiga komponen utama. Yang dimaksud dengan tiga komponen tersebut antara lain meliputi aset dan ekuitas serta kewajiban.

Laporan laba rugi

Instrumen selanjutnya yang digunakan dalam membuat laporan keuangan dalam suatu perusahaan adalah laporan laba rugi. Instrumen yang satu ini juga sudah pasti dibuat terutama dalam suatu perusahaan. Laporan laba rugi ini bisa dikatakan merupakan laporan yang sangat diperlukan dan memiliki peranan yang sangat penting. Laporan laba rugi ini pada dasarnya mengandung informasi mengenai kondisi perusahaan khususnya pada periode akuntansi tersebut.

Dari laporan laba rugi yang dibuat ini nantinya perusahaan bisa tahu secara lebih jelas apakah dalam menjalankan usahanya selama ini perusahaan telah meraup untung atau sebaliknya perusahaan justru mengalami kerugian. Jadi perusahaan bisa mempertimbangkan langkah berikutnya setelah melihat laporan ini.

Laporan perubahan modal

Jenis instrumen pelaporan keuangan selanjutnya yang juga berlaku di suatu perusahaan adalah laporan perubahan modal. Jenis satu ini memberikan informasi pada perusahaan mengenai penambahan modal yang dimiliki oleh perusahaan tentunya setelah menjalankan kegiatan usaha atau bisnisnya. Jadi laporan ini memiliki hubungan atau kaitan yang erat dengan laporan laba rugi yang dibuat oleh perusahaan dan telah dijelaskan di atas. Supaya mudah untuk diterapkan, gunakan saja aplikasi laporan keuangan untuk mendukung pembuatan laporan perubahan modal tersebut.

Laporan arus kas

Instrumen yang terakhir yang digunakan dalam membuat laporan keuangan adalah laporan arus kas. Laporan arus kas ini merupakan sebuah informasi yang menekankan adanya aliran kas masuk dan kas keluar. Tentunya arus kas masuk dan keluar yang dicatat dalam hal ini adalah yang terjadi selama periode akuntansi tertentu.

Dari laporan arus kas ini nantinya akan diketahui seluruh aktivitas keuangan yang terjadi pada perusahaan selama periode tertentu. Dengan kata lain laporan ini memang dibuat untuk dijadikan acuan untuk mengetahui jumlah uang tunai yang akan diterima perusahaan tepatnya pada periode akuntansi yang selanjutnya.

Manfaat Instrumen Pelaporan Keuangan

Tentunya melalui instrumen pelaporan keuangan tersebut ada beberapa manfaat yang ingin dicapai. Misalnya yaitu seperti yang tertera berikut ini.

Menginformasikan posisi keuangan

Suatu instrumen pelaporan keuangan pada dasarnya memiliki beberapa manfaat bagi suatu perusahaan. Salah satu manfaatnya tersebut adalah untuk menginformasikan posisi keuangan perusahaan yang memang harus diketahui terutama oleh para jajaran atasan dan pemilik perusahaan. Hal utama yang menjadi point penting untuk diketahui dalam hal finansial perusahaan adalah laba dan rugi.

Sebab keberhasilan suatu perusahaan pada dasarnya bergantung pada berapa besar laba yang diperolehnya selama periode akuntansi tertentu. Dari hasil laba ini nantinya perusahaan bisa menambah modal untuk melakukan pengembangan usaha dan perluasan bisnis sehingga eksistensi perusahaan akan terus berlangsung.

Manfaat Instrumen Pelaporan Keuangan dalam Memaparkan kinerja keuangan

Manfaat pelaporan keuangan adalah untuk memaparkan kinerja keuangan yang ada pada perusahaan terkait. Kinerja keuangan ini biasanya berkaitan dengan kegiatan yang terjadi di suatu perusahaan. Kegiatan ini kemudian turut dicantumkan dalam pelaporan keuangan sehingga transaksi yang terjadi bisa diketahui dan menjadi informasi tersendiri bagi perusahaan.

Kinerja keuangan sendiri sebenarnya merupakan gambaran dari pencapaian keberhasilan perusahaan. Artinya hal ini menggambarkan hasil dari seluruh kegiatan perusahan yang telah berlangsung. Untuk itu seluruh kegiatan dan transaksi perlu diketahui oleh perusahaan sehingga bisa diketahui hasilnya.

Menjadi pertimbangan dalam pembuatan keputusan ekonomi

Dalam hal ini pertimbangan yang dimaksud adalah pertimbangan untuk membuat suatu keputusan ekonomi. Dari namanya saja sudah bisa tergambarkan dengan jelas bahwa keputusan ekonomi pastinya berkaitan pula dengan kondisi finansial perusahaan.

Termasuk pula di dalamnya segala hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Seperti misalnya perluasan bisnis dan mencari investor serta lainnya. Untuk melakukan berbagai hal tersebut maka perusahaan terlebih dahulu harus mengetahui laporan keuangan perusahaan.

Tujuan Adanya Instrumen Pelaporan Keuangan

Sebenarnya kehadiran instrumen pelaporan keuangan tentu saja ada beberapa tujuan yang mendasari. Maka dari itu ada baiknya memahami tujuan tersebut, antara lain yaitu berikut ini.

Melaporkan arus kas entitas

Bukan hanya manfaat saja yang bisa diperoleh dari adanya instrumen pelaporan keuangan melainkan juga perusahaan bisa mencapai tujuan. Dalam hal ini tujuan pertama yang bsia dicapai oleh perusahaan jika menggunakan instrumen pelaporan keuangan adalah melaporkan arus kas entitas.

Yang dimaksud dengan arus kas entitas ini pada dasarnya adalah arus kas dari seluruh aktivitas operasi dan investasi serta pendanaan yang dapat dilakukan dengan cara yang tentunya sesuai dengan bisnis entitas tersebut.

Memberi rincian informasi mengenai aset dan kewajiban

Tujuan selanjutnya yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan dalam penggunaan instrumen pelaporan keuangan adalah memberikan rincian informasi. Rincian informasi yang diberikan dalam hal ini berkaitan dengan aset dan kewajiban perusahaan. Aset dan kewajiban perusahan merupakan bagian penting dari perusahaan yang memang sudah seharusnya diketahui jumlahnya dengan pasti.

Sebab aset dan kewajiban perusahaan ini turut berpengaruh pada keuntungan atau bahkan kerugian yang diperoleh perusahaan. Selain itu hal ini juga turut berpengaruh pada besarnya jumlah keuntungan atau kerugian yang didapat oleh perusahaan.

Instrumen pelaporan keuangan dengan segala jenis dan manfaat serta tujuannya tentunya diharapkan agar dapat berfungsi secara maksimal sehingga dapat mendukung proses pelaporan keuangan secara tepat. Maka nantinya informasi yang didapat misalnya oleh perusahaan mengenai kondisi keuangannya tersebut bisa menjadi bahan bagi perusahaan untuk terus melangkah dan berkembang. Dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan yang baik maka perusahaan sudah pasti bisa lebih mudah mencapai tujuan.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo