5 Tugas Lembaga Keuangan Beserta Langkah Manajemennya

Tugas lembaga keuangan di negeri ini sudah pasti sangat penting sehingga perlu dijalankan dengan baik. Di negara ini sendiri lembaga keuangan dibagi menjadi dua kelompok yaitu lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non-bank. Bagaimanapun bentuknya namun tetap saja lembaga keuangan yang ada di Indonesia memiliki peran yang penting khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu dalam menjalankan perannya masing-masing tentunya berbagai lembaga keuangan perlu mendapat dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Tugas Lembaga Keuangan

Pada dasarnya ada beberapa tugas lembaga keuangan secara umum di Indonesia. Beberapa tugas tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Menghimpun dana

Salah satu tugas lembaga keuangan yang ada di Indonesia yaitu menghimpun dana dari masyarakat. Hal ini dilakukan oleh lembaga keuangan bank yang sudah pasti kehadirannya sudah diketahui secara umum oleh masyarakat. Biasanya tugas menghimpun dana dari masyarakat ini disertai dengan adanya pengeluaran dokumen berharga. Pengeluaran dokumen berharga ini antara lain bertujuan untuk membuat dana masyarakat yang tersimpan di bank jadi lebih aman. Maka dari itu setiap Anda sebaiknya menyimpan dana atau menabung uang di bank agar lebih aman.

Menyalurkan kembali dana

Bukan hanya menyimpan dan dari masyarakat saja, namun lembaga keuangan berupa bank juga memiliki tugas yang lainnya. Tugas lembaga keuangan lainnya adalah menyalurkan kembali dana yang telah dihimpun tersebut. Setelah itu biasanya penyaluran dana ini digunakan untuk melakukan pembangunan terutama di bidang ekonomi. Jadi bisa dibilang bahwa dana yang terhimpun ini nantinya juga akan disalurkan untuk kepentingan masyarakat yaitu melakukan atau mewujudkan pembangunan pada masyarakat.

Memberikan kredit

Masih berkutat dengan lembaga keuangan bank yang sudah pasti dikenal oleh masyarakat baik bentuk maupun fungsinya. Lembaga keuangan yang satu ini rupanya juga memiliki tugas selain untuk menghimpun dana dan menyalurkannya kembali. Tugas lembaga keuangan bank ini yaitu memberikan kredit terutama kepada masyarakat yang membutuhkannya. Kredit juga bisa diberikan kepada masyarakat yang ingin membuka usaha. Bahkan kredit ini juga bisa diberikan pada badan yang ingin memiliki modal untuk membuka usaha atau perusahaan.

Memberikan pinjaman

Bukan hanya bank saja namun lembaga keuangan lainnya seperti pegadaian juga memiliki tugas tersendiri. Salah satu tugasnya yaitu memberikan pinjaman terutama pada masyarakat yang memang membutuhkannya. Namun biasanya peminjaman uang di pegadaian disertai dengan syarat berupa adanya jaminan. Biasanya jaminan ini diberikan berupa barang atau bisa juga jaminan berupa surat berharga. Sama halnya dengan bank rupanya pegadaian ini juga sudah dikenal oleh masyarakat luas dan banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman.

Memberikan jasa simpan pinjam

Kemudian ada pula lembaga keuangan lainnya yang juga kehadirannya ada di tengah masyarakat yaitu koperasi. Lembaga keuangan berupa koperasi memiliki tugas terutama untuk memberikan jasa simpan pinjam kepada para anggotanya. Nantinya pinjaman yang diperoleh para anggota koperasi tersebut dapat digunakan secara produktif. Biasanya memang anggota koperasi diberi kesempatan untuk melakukan peminjaman dana dengan bunga yang kecil sehingga kehadiran koperasi ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Manajemen Lembaga Keuangan di Indonesia

Tentunya untuk menjalankan tugas lembaga keuangan di tanah air dibutuhkan manajemen yang tepat. Maka dari itu hal ini menjadi perhatian oleh pemerintah pada khususnya. Beberapa langkah penting dalam proses manajemen tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Kebijakan moneter

Manajemen lembaga keuangan menjadi bagian dari penyelenggaraan operasional lembaga keuangan yang tak dapat diabaikan. Salah satu bentuk manajemen dari lembaga keuangan adalah adanya kebijakan moneter. Jika didefinisikan maka kebijakan moneter ini merupakan suatu kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral dengan tujuan untuk mencapai stabilitas ekonomi. Misalnya saja seperti adanya sistem pengaturan mengenai jumlah uang yang beredar di lapisan masyarakat.

Perbankan

Selanjutnya manajemen lembaga keuangan yang diberlakukan di negara ini adalah adanya perbankan. Yang dimaksud dengan perbankan adalah industri yang bergerak di bidang keuangan tepatnya untuk menangani uang tunai dan kredit serta menangani transaksi keuangan yang lainnya. Tidak hanya itu saja namun bank yang menjadi bagian dari perbankan dihadirkan dengan sistem manajemen terbaik hingga mampu menjadi tempat yang aman bagi tiap nasabah untuk menyimpan uang secara tunai serta untuk kredit.

Pasar modal

Tak lupa pula manajemen lembaga keuangan lainnya yaitu berupa pasar modal yang pada dasarnya merupakan suatu kegiatan berhubungan dengan perdagangan efek. Pasar modal ini menyediakan banyak alternatif bagi para investor. Pasar modal juga menjadi alternatif untuk para investor yang menghubungkan investor dengan berbagai perusahaan melalui perdagangan instrumen jangka panjang seperti saham dan obligasi serta lainnya. Jadi investor bisa mendapat keuntungan selain dari lembaga keuangan bank atau lainnya.

Fungsi Lembaga Keuangan di Indonesia

Adanya lembaga keuangan di tengah masyarakat pada dasarnya dapat membantu masyarakat karena berbagai fungsi yang bisa dijalankannya. Salah satu fungsi dari lembaga keuangan tersebut adalah untuk melancarkan pertukaran produk tepatnya dengan menggunakan uang ataupun menggunakan instrumen kredit. Dalam hal ini pihak yang kelebihan dana bisa menyalurkannya untuk pihak yang kekurangan dana sehingga semua pihak bisa melangsungkan aktivitas pertukaran produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Fungsi lainnya dari lembaga keuangan yang keberadaannya diakui oleh negara ini adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan. Adapun informasi dan pengetahuan ini berkaitan dengan tugas dari lembaga keuangan itu sendiri sebagai pihak yang umumnya melakukan analisis ekonomi dan kredit dengan tujuan untuk kepentingan pihak lain. Umumnya untuk mempermudah digunakan aplikasi keuangan untuk mendukung hal ini.

Tak hanya sampai disitu saja namun rupanya tugas lembaga keuangan juga diperkuat dengan fungsinya yang antara lain sebagai pemberi jaminan. Dalam hal ini lembaga keuangan dapat memberikan jaminan hukum kepada masyarakat berkaitan dengan dana masyarakat yang dipercayakan pada lembaga keuangan tersebut. Selain itu lembaga keuangan juga bisa memberikan jaminan moral pada masyarakat berkaitan dengan dananya tersebut yang dipercayakan pada lembaga keuangan. Jaminan yang diberikan pada masyarakat inilah yang membuat masyarakat kian percaya pada lembaga keuangan yang ada di sekitar.

Kemudian fungsi terakhir dari lembaga keuangan yang kehadirannya bisa dijumpai di tengah masyarakat yaitu menciptakan likuiditas. Dalam hal ini lembaga keuangan memang mampu untuk menciptakan sekaligus memberikan likuiditas berkaitan dengan dana masyarakat. Pihak lembaga keuangan dapat memberikan keyakinan pada para nasabahnya bahwa nantinya dana yang didimpan akan dikembalikan. Namun tentunya pengembalian dana ini dilakukan pada waktu jatuh tempo dan tentunya nasabah tak perlu meragukan hal ini.

Tugas lembaga keuangan berkaitan fungsi dan juga pola manajemennya diharapkan agar dapat mencapai tujuannya. Berbagai tujuan dari lembaga keuangan ini pada dasarnya berusaha untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Indonesia secara adil dan merata. Untuk itu pengelolaannya haruslah tepat agar setiap tugas dari lembaga keuangan bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo