5 Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia

5 lembaga keuangan bukan bank terkadang mungkin tidaklah dipahami dengan baik oleh masyarakat atau publik. Berbeda dengan lembaga keuangan bank yang sudah banyak dijadikan tempat untuk menyimpan uang oleh warga rupanya lembaga keuangan bukan bank tidaklah dimengerti oleh para warga. Padahal sebenarnya kehadiran lembaga bukan bank di sekitar kita bisa dibilang cukup banyak. Bahkan lembaga keuangan bukan bank ini seolah menyebar dengan merata terutama di beberapa kota besar yang ada di negeri ini.

Lembaga keuangan bukan bank yang seringkali disingkat menjadi LKBB ini sendiri bisa dimaknai sebagai suatu badan usaha yang bergerak di bidang keuangan dan boleh menghimpun serta menyalurkan dana pada masyarakat namun bukan dalam bentuk tabungan atau giro ataupun deposito. Biasanya dana yang dihimpun oleh LKBB ini disertai dengan pengeluaran surat berharga. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang termasuk ke dalam LKBB ini maka Anda bisa terus menyimak penjelasan atau keterangan di bawah ini.

Outing Kantor : Definisi, Manfaat dan Rekomendasi

Pegadaian Sebagai Salah Satu Lembaga Keuangan Bukan Bank

Pegadaian menjadi salah satu jenis atau contoh dari lembaga keuangan bukan bank yang kehadirannya pasti sudah diketahui oleh masyarakat luas. Bahkan tidak sedikit orang yang memanfaatkan jasa dari pegadaian untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Pegadaian atau rumah gadai pada dasarnya merupakan suatu lembaga yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat dengan disertai adanya jaminan.

Biasanya jaminan yang disertakan oleh masyarakat untuk bisa mendapatkan pinjaman berupa benda berharga. Misalnya saja seperti sertifikat rumah atau mungkin BPKB dan bisa pula benda elektronik yang memiliki nilai tinggi. Biasanya pula seseorang memilih untuk menggadaikan perhiasan emas.

Nantinya barang yang telah digadaikan untuk mendapat pinjaman dari rumah gadai tersebut bisa ditebus atau dibeli kembali. Umumnya proses penebusan ini dilakukan dengan adanya bunga atau biaya tambahan yang nantinya akan menjadi keuntungan bagi pegadaian. Penebusan dan pelunasan dilakukan dalam rentang waktu tertentu. Jika sampai dengan waktu yang ditentukan tetap tidak terjadi penebusan atau pelunasan maka benda yang dijaminkan akan dijual oleh pihak pegadaian.

Koperasi SImpan Pinjam

Lembaga lainnya yang tergolong pula ke dalam LKBB adalah koperasi simpan pinjam. Tidak sedikit orang yang tergabung menjadi anggota dari koperasi jenis ini sehingga bisa melakukan peminjaman uang untuk melakukan pemenuhan kebutuhan. Definisi dari koperasi simpan pinjam sendiri pada dasarnya adalah lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan dan memiliki kegiatan usaha berupa penerimaan simpanan dan pinjaman. Lembaga atau badan koperasi ini terselenggara dengan berdasarkan pada asas kekeluargaan.

Hal ini sesuai dengan tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Modalnya berasal dari beberapa jenis simpanan yaitu simpanan pokok dan simpanan wajib serta simpanan sukarela. Bagi Anda yang tergabung menjadi anggota dari koperasi ini bisa membayar iuran yang akan menjadi modal bagi koperasi tersebut. Lalu Anda juga bisa meminjam uang dari koperasi tersebut biasanya disertai dengan adanya bunga yang sangat kecil.

Lembaga Keuangan Bukan Bank Berupa Pasar Modal

Ada pula pasar modal yang turut menjadi bagian dari lembaga keuangan bukan bank. Pasar modal sendiri sebenarnya merupakan suatu jenis kegiatan yang berkaitan dengan adanya penawaran dan perdagangan efek yang diterbitkannya. Beberapa instrumen investasi pasar modal ini antara lain saham dan reksadana serta obligasi atau surat utang. Serta ada pula instrumen lainnya seperti ETF dan derivatif. Dengan adanya pasar modal ini maka siapa saja bisa melakukan penanaman investasi efek sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Leasing Sebagai Lembaga Keuangan Bukan Bank

Satu lagi lembaga keuangan bukan bank yaitu leasing. Adapun leasing ini banyak dijumpai karena kehadirannya ada di sekitar kita. Bahkan sekarang ini ada semakin banyak leasing yang menawarkan layanan jasanya kepada setiap orang. Leasing ini sebenarnya merupakan suatu aktivitas pembiayaan barang modal yang bisa digunakan oleh nasabah dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan sistem pembayaran yang dilakukan oleh nasabah umumnya secara angsuran atau cicilan.

Kelebihan dari leasing ini antara lain adanya kesempatan bagi Anda untuk bisa memperoleh dana tanpa memberikan jaminan. Selain itu sifatnya cenderung fleksibel. Artinya nominal biaya serta waktu lease bisa disesuaikan dengan kondisi finansial dari tiap nasabah.

Lembaga Keuangan Bukan Bank Berupa Perusahaan Asuransi

Selanjutnya lembaga keuangan bukan bank terakhir yang dibahas kali ini dan tentunya bisa dijumpai dengan lebih mudah di sekitar kita adalah perusahaan asuransi. Yang dimaksud dengan asuransi pada dasarnya merupakan sebuah perjanjian tepatnya antara dua pihak atau lebih yang mana pihak tertanggung membayar iuran untuk mendapatkan ganti atas kerugian atau kehilangan akibat peristiwa tak terduga.

Memang asuransi tidak dapat menghilangkan resiko dari terjadinya suatu peristiwa tak terduga. Namun setidaknya asuransi dapat mengurangi dampak dari kerugian yang bisa saja muncul sebagai akibat dari peristiwa tak terduga tersebut. Yang perlu menjadi pengetahuan pula bagi Anda sekalian adalah elemen dari asuransi itu sendiri yang antara lain meliputi premi dan polis asuransi serta klaim.

Di masa sekarang ini kehadiran perusahaan asuransi semakin banyak. Sehingga setiap Anda bisa memilih asuransi yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan namun tetap terpercaya dan terjamin tidak akan mempersulit Anda.

Pentingnya Sistem Akuntansi Pada Lembaga Keuangan Bukan Bank

Dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari tentu saja lembaga keuangan bukan bank di atas perlu pencatatan serta pelaporan keuangan yang akurat. Apalagi keberadaan lembaga tersebut harus mampu memiliki transparansi pada masyarakat semaksimal mungkin. Sehingga diperlukan sistem yagn tepat, contohnya penggunaan aplikasi laporan keuangan yang tepat dari sistem akuntansi yang terpercaya.

Dengan menggunakan sistem akuntansi yang sesuai maka seluruh pencatatan laba rugi dapat berjalan dengan sesuai. Resiko terjadi kesalahan dalam pencatatan juga dapat dihindari lebih maksimal. Sehingga nantinya akan cukup mudah untuk mengetahui kondisi keuangan lembaga tersebut secara umum. Terutama dalam hal memberikan pernyataan laporan keuangan pada mereka yang terlibat.

Sebagai contoh pada koperasi simpan pinjam diperlukan informasi laporan keuangan yang memadai terkait kondisi keuangan koperasi itu sendiri. Berkat penggunaan sistem akuntansi, maka hal ini dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Yang lebih penting lagi adalah akurat dan tidak beresiko terhadap kemungkinan kesalahan dan pemalsuan data penting di dalamnya.

5 lembaga keuangan bukan bank yang tercantum di atas menjadi beberapa contoh dari LKBB yang kehadirannya bisa dijumpai dengan mudah di sekitar masyarakat. Sebagai lembaga keuangan yang peredarannya diizinkan oleh pemerintah maka LKBB turut berperan dalam mempertahankan perekonomian masyarakat yang kondusif. Anda bahkan juga bisa memanfaatkan fungsi dari berbagai jenis lembaga keuangan bukan bank tersebut untuk melakukan pemenuhan kebutuhan. Di samping itu lembaga keuangan bukan bank ini juga bisa berfungsi sebagai lembaga yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah tertentu.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo