Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Pentingnya Manajemen Produk dalam Pengembangan Bisnis

Tayang 23 Apr 2024

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya Anda akan menawarkan sesuatu kepada konsumen, baik itu dalam bentuk benda atau layanan, hal ini dinamakan produk bisnis. Lalu, bagaimana manajemen produk yang efektif dan tepat?

Pada era digitalisasi saat ini, peran manajer produk dalam mengelola dan menyusun strategi agar produk dapat diterima oleh publik dengan positif cukup besar. Ini tidak lain karena nama baik brand yang akan terkena impact-nya.

Oleh karena ini, fokus manajer produk dan decision maker perusahaan memiliki fokus yang terbagi, baik itu mengarah kepada strategi bisnis yang berorientasi kepada produk atau kepada merek dagang.

Inilah mengapa dalam rapor yang dikeluarkan 0leh ProductPlan yaitu “2021 State of Product Management Report” menyebutkan bahwa tantangan pertama dalam product management adalah adanya konsensus antara manajer produk dengan stakeholders mengenai arah direksi produk.

Memahami ilmu pengelolaan atau manajemen produk penting bagi seluruh pihak dalam menjalankan operasional bisnis yang berkaitan dengan produk.

Oleh karena itu, berikut penjelasan lengkap mengenai manajemen produk yang akan dipaparkan secara lebih dalam oleh Blog by Mekari Jurnal Spotlight!

Apa Itu Pengertian Manajemen Produk?

Produk adalah segala bentuk usaha yang perusahaan tawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen di pasar.

Dua unsur yang menjadi perhatian utama sebuah produk adalah kualitas serta visual yang akan menjadi daya tarik.

Agar sukses mendapatkan kedua aspek penting tersebut, maka menyusun product management strategy yang optimal menjadi jawabannya.

Manajemen produk adalah serangkaian prosedur yang sistematis untuk memandu mengembangkan produk mulai dari perencanaan hingga produk berhasil diterima di pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen dan tujuan bisnis.

Bisa dikatakan, manajemen produk menjebatani antara perencanaan strategi yang kompleks serta tata pelaksanaan pengembangan produk yang efektif.

Pada konteks era digitalisasi sekarang ini, mungkin orang-orang akan beranggapan bahwa product management hanya berlaku kepada produk digital saja. Padahal, berbagai barang fisik juga memerlukan aspek yang sama demi tercapainya tujuan dari keberadaan produk tersebut di pasar.

Pentingnya Product Management yang Sukses dalam Bisnis

Menjalankan manajemen produk dalam bisnis tidaklah sesederhana itu, dibutuhkan rangkaian kegiatan yang sistematis demi mencapai keberhasilan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan selaras dengan tren yang terus berubah.

Manajemen produk yang sukses tentu membutuhkan waktu untuk mengembangkan produk sedemikian rupa, melalui beragam penelitian, wawancara dengan pengguna, pengembangan visi produk, ujicoba dan trial-error, dan pengulangan secara terus-menerus setelah diluncurkan ke pasar.

Ini demi mencapai salah satu tujuan yang paling vital dalam mengelola sebuah produk, yaitu berorientasi terhadap pengguna akhir, menciptakan nilai tambah yang kompetitif, dan outcomes produk yang memenuhi kebutuhan konsumen.

Apa Peran Penting Seorang Manajer Produk Di Perusahaan?

Manajemen produk memiliki peran yang cukup besar dalam mengelola produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Lalu, siapa yang mengemban tugas besar ini?

Profesi yang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas ini yaitu manajer produk (product manager).

Manajer produk merupakan seorang praktisi profesional yang memiliki pemahaman yang mendalam terkait proses pengembangan produk mulai dari perencanaan hingga mencapai kesuksesan suatu produk.

Ia akan menyusun sebuah skema atau panduan sebagai visi pengembangan yang kemudian akan dikomunikasikan kepada seluruh tim untuk diimplementasikan.

Biasanya, mereka akan menitikberatkan kepada pengumpulan data di lapangan baik sebelum maupun setelah produk resmi diluncurkan.

Dari hasil pengumpulan ini, manajer produk akan menganalisisnya secara lebih dalam, mengidentifikasi tren pasar yang sedang berkembang, kebutuhan pasar, hingga area yang bisa ditingkatkan, lalu mengembangkan produk baru berdasarkan data tersebut.

Rangkaian tugas dan pekerjaan ini dilakukan demi tercapainya tujuan sebuah produk dibuat dan ditawarkan, yaitu memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Aspek-aspek dalam Manajemen Produk

Ruang lingkup manajemen produk terdiri dari beberapa aspek utama yang biasanya berkaitan dengan:

1. Riset Pasar

Riset pasar merupakan aspek yang cukup penting dalam manajemen produk, di mana membutuhkan perspektif konsumen dalam melihat atau menggunakan produk tersebut.

Adanya riset pasar dapat membantu mengidentifikasi peluang baru ataupun meningkatkan area yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan daya saing dan nilai di mata konsumen.

2. Pengembangan produk

Aspek kedua yang tidak kalah penting adalah rangkaian proses yang membantu meningkatkan nilai dan kualitas produk.

Ini meliputi pengujian prototipe, evaluasi spesifikasi dan fitur, dan menjalin kerjasama antar tim demi mencapai tujuan pengembangan produk.

3. Pemasaran

Strategi pemasaran membantu memastikan produk dapat menemukan pangsa pasar yang tepat dan efektif.

Adanya pemasaran dapat meningkatkan kesadaran akan solusi yang diberikan dari produk terhadap masalah atau kebutuhan yang konsumen rasakan melalui serangkaian promosi, iklan, dan komunikasi antar pelanggan.

4. Penetapan Harga

Apakah harga sudah sesuai dengan manfaat yang diberikan oleh produk? Atau, apakah harga per produk akan dinaikan setelah nilai dari barang ditingkatkan?

Penetapan harga memainkan peran yang cukup penting dalam mengoptimalkan pendapatan dan profitablitas.

Ada beberapa aspek yang akan relevan dengan menetapkan harga mulai dari dampak dari keberadaan produk, posisi produk di pasar, permintaan pasar, dan pengeluaran pada saat pengembangan produk.

5. Analisis Kinerja Produk

Setelah produk telah berhasil diluncurkan, perusahaan termasuk manajer produk tidak akan lepas tangan begitu saja.

Mereka akan melakukan proses pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja produk ketika digunakan oleh konsumen.

Ini dapat membantu dalam menemukan masalah atau area yang bisa ditingkatkan. Selain itu, dapat memberikan wawasan bisnis lebih dalam untuk kepentingan pengambilan keputusan di masa depan.

Tahapan Utama dalam Manajemen Produk

Apa saja tahapan dalam product management yang efektif dalam sebuah bisnis?

Umumnya, masing-masing bisnis memiliki strategi dan standar prosedurnya tersendiri sesuai kebutuhan dan sudut pandangnya.

Namun, terdapat empat langkah ini yang akan selalu muncul dalam setiap siklus pelaksanaannya, baik itu terhadap produk yang mau diluncurkan maupun yang sudah diluncurkan dan butuh penyesuaian.

1. Mengidentifikasi Kebutuhan Pelanggan

Salah satu tujuan utama manajemen produk adalah bagaimana produk dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara tepat.

Oleh karena itu, Anda harus memahami bagaimana performa produk ketika digunakan serta kepuasan dari sisi sudut pandang konsumen.

Ini dapat Anda lakukan dengan melakukan analisis yang mendalam melalui pola perilaku, wawancara atau survei konsumen, hingga memantau ulasan produk yang diberikan oleh konsumen.

Temukan berbagai saluran komunikasi yang dapat menjadi media konsumen berkeluh kesah terhadap produk yang Anda kelola, kumpulkan data berdasarkan perspektif mereka, dan buat kesimpulan mengenai area yang bisa diperbaiki berdasarkan data yang diperoleh.

2. Temukan Solusi dan Kembangkan Bersama Tim

Ketika Anda sudah dapat memetakan area yang dapat dikembangkan, tahap selanjutnya adalah mengimprovisasi produk tersebut.

Bentuk panduan yang menyajikan rangkaian kegiatan yang sistematis agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan efektif.

Kemudian, narasi yang sudah dibuat dapat Anda komunikasikan kepada tim terkait sehingga dapat membantu mematangkan strategi yang sudah Anda rencanakan.

3. Mengimplementasikan Strategi dengan Menggunakan Roadmap

Setelah panduan sistematis sudah sesuai dengan kebutuhan pasar dan mendapatkan penyesuaian dengan tim terkait, maka langkah selanjutnya adalah menerapkannya melalui pembuatan roadmap.

Adapun fungsi roadmap adalah untuk menyampaikan informasi secara komprehensif dan efektif kepada tim maupun stakeholder terkait.

Bagi manajer produk yang menjalankan hubungan dengan berbagai tim dalam sebuah perusahaan, tentu sebuah roadmap dapat sangat membantu dalam menyampaikan visinya untuk sebuah produk yang ia kelola.

4. Susun Rangkaian Pengembangan Produk Berdasarkan Prioritas

Pada beberapa peristiwa, Anda mungkin harus mengatakan “tidak” kepada tim terkait yang bekerjasama dengan Anda. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal yang tidak mengenakkan, ada baiknya terlebih dahulu Anda menyusun prioritas hal yang ingin dikerjakan terlebih dahulu.

Umumnya, manajer produk akan menggunakan kerangka prioritas untuk menentukan skala yang perlu didahului terlebih dahulu. Biasanya ini berkaitan dengan dampaknya terhadap penggunaan konsumen.

Kesimpulan

Manajemen produk adalah sebuah proses yang menjebatani antara perencanaan yang komprehensif dengan prosedur pelaksanaan yang efisien.

Hal ini dapat membantu produk dapat berkembang untuk mencapai potensi pemanfaatan maksimalnya. Kemudian, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Namun terkadang, manajer produk masih kesulitan untuk mengelola suatu produk secara manual mengingat banyaknya pekerjaan yang harus ia kerjakan sehari-hari, mulai dari mengumpulkan data, menganalisisnya, serta menyusun roadmap untuk kemudian menginformasikannya ke seluruh tim.

Untuk dapat memudahkan itu semua, maka pengelolaan yang ditunjang dengan sistem berbasis otomatis sudah cukup masif digunakan saat ini.

Salah satunya Anda dapat menggunakan Mekari Jurnal sebagai solusi terhadap pengelolaan produk-produk yang perusahaan Anda tawarkan.

Dilengkapi dengan fitur manajemen produk, Mekari Jurnal dapat mengelola dan membangun data produk yang kompleks secara terpusat. Sehingga, Anda tidak perlu repot lagi untuk membangun koordinasi antar tim dalam mengembangkan berbagai produk yang Anda kelola.

Gunakan Mekari Jurnal sekarang dan rasakan manfaatnya bagi bisnis Anda! Jika masih terdapat banyak pertanyaan, silahkan konsultasi secara gratis dengan klik tombol di bawah ini, ya!

Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

ProductPlan, “The 2021 State of Product Management Annual Report”.

Indeed, “What Is Product Management? Definition, Strategy and Steps”.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal