Mekari Jurnal
Daftar Isi

Gudang Bersama: Tujuan Hingga Keuntungan dan Kelemahannya

Tayang 12 Jan 2023
Diperbarui 19 Januari 2024

Gudang bersama sering pula disebut dengan istilah fulfilment kini semakin marak dan bahkan merebak di seluruh wilayah negeri ini.

Di masa sekarang ini memang semakin banyak online shop yang meliputi marketplace dan e-commerce sehingga semakin banyak pula ruangan yang dibutuhkan untuk menyimpan barang online shop.

Bagi Anda pebisnis online yang membutuhkan gudang serta jasa untuk mempermudah proses penjualan barang kini tak perlu bingung.

Sebab hal ini bisa menjadi solusi bagi seluruh permasalahan Anda dalam menjalankan bisnis online.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal tersebut maka Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Gudang Bersama: Tujuan Hingga Keuntungan dan Kelemahannya

Tujuan Gudang Bersama

Tentunya gudang bersama ini memiliki beberapa tujuan dari pembentukan.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Menjadi tempat penyimpanan barang

Seperti fungsi gudang pada umumnya maka gudang bersama akan menjadi tempat untuk melakukan penyimpanan barang.

Gudang akan menjadi tempat penyimpanan seluruh barang dengan aman sehingga stock barang Anda tidak akan sampai rusak sekalipun harus ditimbun atau disimpan.

Kehadiran gudang bersama tentunya menjadi solusi terbaik bagi setiap bisnis online sehingga bisnis bisa tetap berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Terlebih lagi gudang tersebut dapat menjamin kondisi barang Anda yang sedang dipasarkan secara online.

Barang jualan akan tersimpan dengan aman dan kondisinya akan tetap sama baiknya mulai dari barang masuk ke gudang hingga dikeluarkan dari gudang untuk kemudian dikirim kepada pembeli.

Mengelola pesanan barang

Beberapa pebisnis online mungkin sempat mengalami kebingungan saat mengatasi pesanan atau orderan dari pelanggan.

Terlebih lagi jika seluruh pesanan tersebut berjumlah sangat banyak sehingga pebisnis merasa kewalahan dan tak sanggup mengelola semua pesanan tersebut dengan baik.

Maka pengelolaan pesanan kini bisa diatasi atau ditangani oleh staf gudang bersama sehingga hal ini akan semakin mempermudah pekerjaan Anda.

Bahkan gudang bersama ini akan melayani Anda mulai dari kegiatan pengelolaan barang hingga pengelolaan pesanan serta pengemasan dan pengiriman barang.

Jadi Anda bisa menyerahkan kegiatan pengelolaan barang yang dipesan oleh konsumen kepada staf gudang.

Meningkatkan penjualan

Semua hal yang dilakukan oleh staf gudang bersama mulai dari kegiatan pengelolaan pesanan sampai dengan proses pengirimannya akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis online.

Bayangkan saja Anda hanya tinggal duduk diam sambil terus memusatkan fokus bagaimana metode yang harus dikembangkan untuk bisa memperluas jaringan konsumen.

Anda hanya tinggal memusatkan fokus untuk memperluas jaringan bisnis dan memperbanyak pelanggan sehingga hasil penjualan bisa meningkat.

Jadi Anda bisa meningkatkan sistem penjualan Anda sementara fulfilment akan membantu mengelola orderan yang masuk dari Anda.

Keuntungan Gudang Bersama

Adapun menggunakan gudang bersama dapat memberikan banyak keuntungan, misalnya saja yaitu seperti berikut ini.

Mempermudah proses pengiriman

Berbagai keuntungan pada dasarnya bisa didapatkan oleh pebisnis online dengan menggunakan jasa gudang bersama atau fulfilment.

Tak heran bila saat ini semakin banyak para pemilik toko online yang memilih fulfilment sebagai tempat gudang sekaligus untuk mempermudah proses pengiriman.

Dalam hal ini gudang bersama memang akan melayani pengelolaan barang yang dipesan hingga melayani proses packing barang hingga selanjutnya melakukan pengiriman barang ke alamat yang dituju.

Jadi pengiriman barang lebih mudah karena adanya bantuan dari staf gudang yang memang memberikan layanan sampai dengan pengiriman barang.

Menghemat biaya gudang

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan dari adanya penggunaan gudang bersama adalah lebih menghemat biaya gudang.

Dengan menjadikan gudang ini sebagai pilihan bagi operasional bisnis Anda maka tentunya penghematan biaya bisa dilakukan.

Anda tak perlu lagi menganggarkan pengeluaran untuk biaya penggunaan jasa seseorang untuk menjadi staf gudang.

Di samping itu Anda juga tak perlu mengeluarkan uang untuk hal lainnya karena gudang bersama bisa mengelola pesanan Anda mulai dari awal hingga akhir hingga pengeluaran untuk biaya operasional jadi lebih sedikit.

Menerapkan sistem FIFO

Pemilihan gudang bersama sebagai tempat untuk menyimpan barang hingga melayani proses pemesanan barang dari para pelanggan juga memberikan keuntungan lainnya yaitu adanya penerapan dari sistem FIFO.

Sistem ini sendiri memiliki makna First In First Out sehingga barang yang pertama datang akan dikeluarkan pertama kali pula.

Staff gudang akan melakukan proses pengelolaan barang hingga pada saat barang masuk dan keluar nantinya dapat berjalan dengan baik.

Sistem FIFO sendiri sangat menguntungkan sebab barang lama akan keluar dari gudang untuk dipasarkan sedangkan barang baru akan ditimbun dan dikeluarkan setelah pesanan datang.

Memperoleh data valid dan real time

Jasa gudang bersama turut memberikan layanan pemberian informasi bagi para pebisnis online yang menggunakan jasa fulfilment terutama dalam hal memberikan informasi mengenai stock barang.

Hal ini membuat Anda sebagai pebisnis bisa tau data mengenai stock barang secara valid dan real time.

Anda tak perlu khawatir memikirkan persediaan barang karena jasa fulfilment telah mengelolanya untuk Anda lalu hasil pengelolaan akan disampaikan pada Anda.

Jadi setiap data valid mengenai stock akan Anda ketahui secara real time.

Resiko Kerugian Menggunakan Gudang Bersama

Tidak hanya keuntungan, namun ada beberapa resiko yang harus diketahui. Menggunakan gudang bersama memiliki potensi kerugian seperti misalnya berikut ini.

Munculnya gangguan bisnis dari pihak luar

Selain kelebihan tentunya setiap hal memiliki kekurangan seperti halnya dengan penggunaan jasa gudang bersama.

Saat menggunakan layanan jasa fulfilment maka berarti Anda telah bekerja sama dengan pihak lain atau pihak luar.

Tentu saja dibutuhkan koordinasi yang tepat saat menjalin hubungan kerja sama dengan pihak lain.

Jika pihak luar mengalami hambatan atau kendala tertentu maka bisa saja jalannya bisnis Anda menjadi terganggu.

Menghambat proses pemantauan stock

Berbagai gangguan bisnis memang bisa saja terjadi saat pengelolaan bisnis dilakukan dengan campur tangan dari pihak luar.

Termasuk pula penggunaan layanan jasa fulfilment yang juga bisa menghambat Anda dalam proses pemantauan stock.

Terutama jika jasa fulfilment memang mengalami suatu kendala sehingga hal ini akan berpengaruh secara langsung pada Anda.

Pemantauan stok jadi terkendala sehingga jalannya bisnis bisa terhambat.

Untuk menghindari resiko ini biasanya penggunaan aplikasi gudang solusi tepat dalam melakukan manajemen persediaan di gudang.

Anda bisa memanfaatkan fitur warehouse management system dari Mekari Jurnal.pencatatan dan perhitungan stok keluar masuk gudang dapat dilakukan secara otomatis dan lebih akurat.

Mengalami masalah dengan klien

Hambatan atau kendala yang timbul dalam hubungan Anda dengan jasa fulfilment pada akhirnya akan berpengaruh pada jalannya bisnis Anda.

Bahkan bisa saja jasa fulfilment memang mengalami gangguan internal sehingga menghambat kinerjanya dalam melayani pengiriman barang.

Tentu hal ini akan membuat klien atau pelanggan Anda mengalami penurunan kepercayaan pada bisnis yang sedang Anda jalankan sehingga pelanggan bisa berkurang.

Gudang bersama atau fulfilment yang penting terutama bagi pebisnis online akan menjadi pilihan tepat.

Dengan memanfaatkan gudang ini maka pengelolaan barang jadi lebih terjamin hingga kelangsungan bisnis Anda akan terus berjalan lancar.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya maka Anda bisa mempertimbangkan fulfilment untuk mendukung kegiatan bisnis online yang sedang Anda jalankan agar dapat lebih berkembang.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal