Mekari Jurnal
Daftar Isi

Seberapa Pentingkah Fungsi Sebuah Gudang Bagi Bisnis?

Tayang 12 Jan 2023
Diperbarui 19 Januari 2024

Seberapa pentingkah fungsi sebuah gudang bagi bisnis tentunya tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab semua orang yang menjadi pengusaha sudah pasti tahu dengan jelas mengenai manfaat dari gudang itu sendiri.

Yang disebut dengan gudang pada dasarnya merupakan sebuah tempat atau ruangan tertutup dengan ukuran luas tertentu yang digunakan sebagai tempat untuk menimbun barang dan menyimpan barang. Bahkan hampir semua orang tahu dengan jelas mengenai gambaran dari gudang.

Jika berbicara mengenai gudang maka sudah pasti bayangan tertuju pada ruangan dengan berbagai macam banyak barang di dalamnya.

Ruangan tempat penyimpanan barang ini sudah pasti sangat berguna terlebih lagi untuk keperluan bisnis seperti misalnya bisnis perdagangan atau bisnis jual online yang saat ini sedang marak.

manfaat gudang

Untuk menyimpan stok barang sudah pasti dibutuhkan gudang sehingga barang bisa tersimpan dengan baik.

Kondisi barang juga bisa selalu terpelihara dengan baik selama berada di gudang.

Secara khusus gudang bagi bisnis memiliki beberapa manfaat yang tentunya dapat membantu penjualan Anda semakin meningkat.

Pentingnya Fungsi Sebuah Gudang Bagi Bisnis Secara Umum

Berikut informasi mengenai seberapa pentingkah sebuah gudang bagi bisnis secara umum.

Tempat menyimpan barang

Manfaat utama gudang seperti yang kita ketahui bersama adalah untuk menyimpan barang.

Bagi pebisnis tentunya gudang akan difungsikan untuk menyimpan barang dagangan yang akan disalurkan ke konsumen.

Saat barang datang maka barang akan distok dan disimpan di dalam gudang.

Setelah itu barang akan terus disimpan di gudang tersebut tentunya dengan pengelolaan yang tepat sehingga barang akan tetap bersih dan berada dalam kondisi baik.

Barang tersebut nantinya akan dikeluarkan jika memang ada pembeli yang mengajukan pemesanan atas barang tersebut.

Barang yang tersimpan di gudang tentunya akan selalu berada dalam kondisi baik sampai dengan saat barang tersebut dikeluarkan dari gudang untuk dikirim ke konsumen.

Melayani permintaan pelanggan

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa gudang menjadi tempat untuk menerima barang yang datang untuk kemudian disimpan di dalamnya.

Barang yang berada di dalam gudang tidak akan diberi tindakan kecuali saat ada permintaan dari pelanggan akan barang tersebut.

Jika ada permintaan dari pelanggan akan barang tersebut maka barang akan dikeluarkan dari gudang.

Setelah dikeluarkan dari gudang maka barulah barang akan disalurkan ke pelanggan dengan cara mengirimnya ke tempat tujuan tertentu.

Jadi dalam hal ini gudang memiliki peranan yang penting dalam melayani pelanggan.

Sebab gudang akan menyimpan barang pesanan pelanggan dengan baik dan akan mengeluarkan barang sesuai dengan apa yang telah diminta oleh pelanggan.

Biasanya untuk mempermudah hal tersebut digunakan aplikasi gudang bagi bisnis, yang jauh lebih efektif dan efisien. Fitur software akuntansi dari Mekari Jurnal juga memberika fitur dari aplikasi gudang.

Untuk keperluan distribusi

Pentingnya fungsi gudang bagi bisnis, selain untuk dua hal di atas rupanya masih ada lagi yaitu untuk keperluan distribusi.

Yang dimaksud dengan proses distribusi adalah proses penyaluran barang dari pihak penjual ke pihak pembeli atau pelanggan.

Artinya barang yang selama ini berada di dalam gudang hanya akan dikeluarkan jika harus mengalami proses distribusi atau akan disalurkan pada pihak pembeli dan klien.

Tiap pelanggan sudah pasti menginginkan barang yang sempurna dan tidak ada kecacatan sama sekali.

Bentuk dan ukuran serta kualitas barang haruslah tetap sama dan dalam kondisi yang baik sehingga pelanggan akan merasa puas dengan layanan bisnis Anda.

Sebagai terminal konsolidasi

Sama halnya dengan distribusi rupanya masih ada pula hal lainnya yang juga penting dan perlu untuk diperhatikan oleh pebisnis yaitu konsolidasi.

Pada dasarnya gudang juga memiliki peranan penting dalam hal konsolidasi.

Gambaran mengenai konsolidasi sendiri adalah serangkaian proses mulai dari proses pengambilang barang dan juga pengecekan jumlah barang hingga pengecekan kualitas barang.

Tidak hanya itu saja namun konsolidasi juga mencakup proses pengemasan barang agar bisa disampaikan kepada pelanggan.

Jadi konsolidasi ini berhubungan dengan kepuasan pelangan sehingga, sesuai fungsi, gudang harus bisa menjadi tempat terbaik untuk mengadakan konsolidasi tersebut.

Oleh karena itu pilihlah gudang yang memang sesuai untuk menjalankan bisnis Anda agar proses konsolidasi bisa diadakan dengan baik.

Menghemat biaya pengiriman

Keberadaan gudang juga dapat membantu Anda sebagai pelaku bisnis untuk lebih menghemat biaya pengiriman.

Jika dilihat di lapangan rupanya banyak ditemukan seorang pelanggan yang melakukan pembelian banyak barang dengan jenis yang berbeda.

Untuk mengatasi hal ini maka pemilik bisnis akan mendatangkan semua jenis barang yang diinginkan oleh pelanggan lalu untuk sementara waktu disimpan di dalam gudang.

Jika seluruh jenis barang yang dipesan oleh pelanggan sudah datang maka nantinya seluruh pesanan pelanggan tersebut bisa dikeluarkan dari gudang secara bersama-sama.

Selanjutnya seluruh jenis barang tersebut akan dikirim ke pelanggan.

Tentunya hal ini akan membuat biaya pengiriman barang jadi berkurang.

Pengeluaran jadi lebih irit sehingga anggaran bisa lebih ditekan.

Break-bulk operation

Fungsi sebuah gudang juga berperan dalam hal lainnya seperti misalnya dalam proses break-bulk operation.

Bisa dikatakan bahwa pengelolaan barang sejak barang datang sampai dengan dikirim ke pelanggan menjadi tanggung jawab gudang.

Demikian pula dengan break-bulk operation yang juga menjadi bagian dalam menjalankan bisnis dan memerlukan gudang sebagai tempat terjadinya.

Break-bulk sendiri merupakan gambaran lebih tepatnya mengenai pemecahan produk dari volume yang besar hingga menjadi lebih kecil.

Dengan volume yang kecil ini nantinya biaya pengiriman barang bisa lebih dihemat.

Kegiatan ini memang sudah seharusnya dilakukan di gudang sehingga bisa berjalan dengan baik dan tanpa adanya kesalahan.

Cross-dock operation

Bukan hanya break-bulk operation saja, namun gudang bagi bisnis, juga menjadi tempat untuk melakukan proses cross-dock operation agar proses ini berlangsung dengan lancar.

Yang dimaksud dengan cross-dock operation ialah menerima barang dari tempat asalnya kemudian dikirimkan langsung ke alamat tujuan.

Biasanya hal ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup singkat sehingga tidak menyebabkan terjadinya penumpukan barang di dalam gudang.

Beberapa barang yang biasanya mengalami proses ini adalah makanan dan barang lainnya yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

Atau barang memang harus segera sampai ke tangan pembeli sehingga setelah diterima haruslah segera dikirim pada pelanggan.

Seberapa pentingkah sebuah gudang bagi bisnis tentu sudah terjawab melalui ketujuh manfaat gudang yang telah tertera di atas.

Keberadaan gudang sebagai tempat penyimpanan barang dagangan tidak perlu diragukan lagi.

Gudang akan membuat seluruh barang dagangan Anda bisa tersimpan dengan baik.

Terlebih lagi proses masuk dan keluar barang dijalankan dengan disertai adanya administrasi yang tepat.

Jadi baik barang masuk maupun keluar akan berjalan dengan tepat dan tanpa adanya kesalahan.

Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis sudah seharusnya Anda mengutamakan tempat penyimpanan barang berupa gudang bagi bisnis, yang tepat untuk Anda.

Pilihlah gudang bagi bisnis Anda dengan lokasi yang tepat dan ukuran luas yang juga tepat sehingga gudang tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menampung seluruh barang yang akan Anda jual dan distribusikan ke konsumen.

Peran Gudang dalam Manajemen Logistik: Fungsi-fungsi Kritis

Gudang adalah salah satu elemen penting dalam rantai pasokan atau supply chain suatu perusahaan. Peran gudang dalam manajemen logistik sangat vital untuk memastikan kelancaran proses bisnis, pengiriman produk yang tepat waktu, dan kepuasan pelanggan.

Dalam konteks ini, kita akan membahas peran gudang dalam manajemen logistik dengan fokus pada tiga fungsi utama yang telah diidentifikasi oleh Arwani (2009): fungsi penyimpanan, fungsi melayani permintaan pelanggan, dan fungsi distribusi dan konsolidasi.

Fungsi Penyimpanan (Storage and Movement)

Fungsi penyimpanan adalah aspek paling mendasar dari peran gudang dalam manajemen logistik.

Gudang adalah tempat di mana berbagai jenis barang disimpan, baik itu bahan mentah yang akan digunakan dalam produksi, barang setengah jadi, atau produk jadi yang akan dikirim ke pelanggan.

Tujuan utama dari manajemen gudang adalah bagaimana memanfaatkan ruang penyimpanan seoptimal mungkin untuk menyimpan produk dengan biaya yang efisien.

Penting untuk diingat bahwa penyimpanan yang efisien bukan hanya soal menumpuk barang di rak-rak gudang.

Ini melibatkan pengorganisasian produk agar dapat diakses dengan mudah, meminimalkan kerusakan produk akibat penanganan yang buruk, serta mengoptimalkan penggunaan ruang yang tersedia.

Sebagai contoh, barang-barang yang memiliki tanggal kedaluwarsa harus ditempatkan di depan untuk memastikan yang lebih lama tersimpan di belakang dan digunakan lebih dulu.

Pemantauan suhu dan kelembaban juga penting untuk produk yang rentan terhadap kondisi lingkungan.

Selain itu, pengelolaan inventaris dengan baik juga termasuk dalam fungsi penyimpanan.

Ini melibatkan perencanaan dan pemantauan stok barang secara terus-menerus untuk memastikan ketersediaan barang yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan tanpa kelebihan stok yang tidak perlu.

Kesalahan dalam manajemen inventaris dapat menyebabkan biaya yang tidak perlu, seperti biaya penyimpanan yang tinggi atau risiko barang rusak atau kadaluarsa.

Fungsi Melayani Permintaan Pelanggan (Order Fulfillment)

Fungsi melayani permintaan pelanggan adalah inti dari operasi gudang dalam manajemen logistik.

Ini melibatkan aktivitas menerima barang dari manufaktur atau pemasok dan memenuhi pesanan dari cabang atau pelanggan.

Gudang menjadi pusat aktivitas logistik yang penting dalam hal ini.

Penting untuk memahami bahwa dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, waktu menjadi faktor kunci dalam kepuasan pelanggan.

Dalam konteks ini, gudang memainkan peran kunci dalam memastikan produk tersedia tepat waktu.

Hal ini mencakup pengolahan pesanan dengan efisien, memilih produk yang benar, dan mengemasnya dengan baik untuk pengiriman.

Misalnya, jika seorang pelanggan memesan produk secara online, gudang harus mampu dengan cepat mengecek inventaris, mengkonfirmasi ketersediaan produk, memproses pesanan, dan mengirimkannya sesuai dengan jadwal yang dijanjikan.

Semakin cepat dan akurat gudang dapat melaksanakan tugas ini, semakin baik pelanggan dilayani, dan semakin besar peluang untuk menjaga pelanggan tetap setia.

Peran Teknologi dalam Fungsi Melayani Permintaan Pelanggan

Penting untuk dicatat bahwa teknologi berperan besar dalam meningkatkan efisiensi fungsi melayani permintaan pelanggan.

Penggunaan perangkat lunak manajemen gudang (warehouse management system) dan sistem pemindahan otomatis (conveyor, sorter, dll.) dapat mengurangi waktu pemrosesan pesanan dan meningkatkan akurasi.

Selain itu, teknologi pelacakan (tracking) memungkinkan visibilitas yang lebih besar terhadap pergerakan barang di dalam gudang, memungkinkan manajemen yang lebih baik.

Fungsi Distribusi dan Konsolidasi (Distribution and Consolidation)

Fungsi distribusi dan konsolidasi menjadikan gudang sebagai bagian integral dari rantai pasokan yang lebih besar.

Ini melibatkan penggunaan gudang untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan dan mengonsolidasikan barang dari berbagai sumber sebelum dikirim ke tujuan akhir.

Fungsi ini sering kali muncul karena pertimbangan biaya transportasi.

Pengiriman dalam Jumlah Besar

Salah satu karakteristik biaya transportasi adalah bahwa pengiriman dalam jumlah besar cenderung lebih ekonomis.

Ini berarti biaya per unit produk akan lebih rendah jika barang dikirim dalam jumlah besar daripada jika dikirim secara terpisah atau dalam jumlah kecil.

Dengan demikian, gudang dapat digunakan untuk mengumpulkan produk dari berbagai sumber (pemasok, produsen, dll.) menjadi satu pengiriman besar.

Penggabungan barang ini dapat menghasilkan efisiensi biaya yang signifikan, terutama dalam industri dengan biaya transportasi tinggi seperti industri makanan atau farmasi.

Gudang menjadi tempat penampungan sementara sebelum barang dikirim dalam jumlah besar ke lokasi yang diperlukan.

Distribusi yang Efisien

Fungsi distribusi dalam gudang juga mencakup pengiriman produk dari gudang ke pelanggan atau titik penjualan.

Dalam beberapa kasus, gudang dapat berfungsi sebagai pusat distribusi regional yang melayani sejumlah cabang atau lokasi penjualan.

Dalam lingkup ini, efisiensi distribusi sangat penting.

Hal ini mencakup pemilihan rute pengiriman yang optimal, pemilihan metode transportasi yang sesuai, dan perencanaan pengiriman yang sesuai jadwal.

Dengan melakukan distribusi yang efisien, perusahaan dapat menghemat biaya logistik dan juga memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Kesimpulan

Gudang memainkan peran yang sangat penting dalam manajemen logistik perusahaan.

Tiga fungsi kunci utama gudang adalah penyimpanan, melayani permintaan pelanggan, dan distribusi serta konsolidasi.

Dalam era bisnis yang kompetitif dan permintaan pelanggan yang semakin tinggi terhadap pengiriman cepat, manajemen gudang yang efisien menjadi kunci kesuksesan.

Ini melibatkan penggunaan teknologi yang tepat, manajemen inventaris yang baik, dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana gudang dapat berkontribusi pada efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.

Dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi kritis ini, perusahaan dapat memastikan bahwa rantai pasokan mereka berjalan lancar dan efisien, yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis mereka.

Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal