Mekari Jurnal
Daftar Isi

Laporan Jurnal Akurat, Bisnis Kian Melesat

Tayang 14 Jan 2023
Diperbarui 16 Oktober 2023

Pentingnya laporan catatan transaksi dengan pelanggan bertujuan agar Anda dapat menjalani bisnis secara maksimal dengan meminimalisir kesalahan seperti yang bisa dibuat dengan software akuntansi Mekari Jurnal.

Bayangkan betapa repotnya jika kita tidak pernah mempunyai laporan /track record dari semua hal yang telah kita lakukan selama hidup, seperti kartu identitas, evaluasi hasil belajar, Ijazah, struk pembelian, kwitansi ataupun catatan penting yang bisa kita gunakan di masa mendatang.

Di masa sekarang, dimana informasi dan kebutuhan semakin bertambah, kita perlu teliti dalam menyalurkan uang kita dan laporan transaksi menjadi begitu penting fungsinya untuk bahan evaluasi atau tolak ukur langkah kita, baik di kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan.

Mungkin saja Anda hobi belanja, namun ada baiknya belanja lah sesuatu yang benar-benar berguna atau memiliki nilai investasi pada barang tersebut.

Bagi Anda yang mempuyai jiwa wirausaha, tetap cermat dalam mengatur biaya produksi dan alur transaksi dengan pelanggan.

Bagaimana Cara Membuat Laporan Di Aplikasi Mekari Jurnal?

Laporan jurnal merupakan daftar transaksi yang terjadi dalam periode tertentu, yang sangat penting untuk melacak dan mengamati aktivitas keuangan bisnis Anda. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memperoleh laporan jurnal dalam sistem akuntansi:

1. Akses menu “Laporan” pada sistem Mekari Jurnal Anda.

2. Pada tab “Sekilas Bisnis”, pilih opsi “Jurnal”.

3. Tentukan periode laporan yang ingin Anda tampilkan, kemudian klik tombol “Filter”. Jika diperlukan, Anda juga dapat melakukan filter lebih rinci dengan menggunakan opsi “Filter Lebih Lanjut”.

4. Di sebelah kanan layar, akan muncul jendela pop-up yang memberikan opsi tambahan untuk filter laporan.

  • Tanggal Mulai & Selesai: Tentukan rentang tanggal periode laporan yang diinginkan.
  • Filter sesuai periode: Gunakan opsi ini untuk memfilter laporan berdasarkan periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Anda dapat memilih opsi ini untuk secara otomatis mengisi tanggal awal dan tanggal akhir, atau memilih tanggal tertentu secara manual.
  • Grup berdasarkan Tag: Opsi ini tersedia untuk pengguna paket Pro dan Enterprise. Anda dapat menggunakan tag untuk mengelompokkan laporan jurnal berdasarkan proyek, cabang, divisi, dan sebagainya. Anda dapat memilih tag yang telah Anda tetapkan pada transaksi yang ingin dikelompokkan. Di bagian bawah opsi Tag, terdapat dua pilihan: “Mencakup Semua” dan “Salah Satu”. Jika Anda memilih lebih dari satu tag transaksi, misalnya Project A dan Project B, dengan opsi “Mencakup Semua”, hanya transaksi yang memiliki kedua tag tersebut yang akan ditampilkan. Namun, jika Anda memilih opsi “Salah Satu”, transaksi yang memiliki salah satu atau keduanya tag Project A atau Project B akan ditampilkan.
  • Urutkan Sesuai Kolom: Opsi ini memungkinkan Anda mengurutkan tampilan laporan berdasarkan tanggal transaksi atau tanggal dibuatnya transaksi di jurnal, dengan opsi urutan naik (dari yang terkecil ke terbesar) atau turun (dari yang terbesar ke terkecil).

5. Setelah Anda melakukan filter, klik tombol “Filter” untuk melihat laporan yang disesuaikan dengan kriteria yang Anda tentukan.

6. Jika diperlukan, Anda dapat mengunduh laporan ini dalam format file yang diinginkan (PDF, Excel, atau CSV) dengan mengklik tombol “Ekspor”.

7. Setelah mengklik format file yang diinginkan, Anda akan menerima notifikasi informasi mengenai file ekspor. Anda dapat mengunduh file tersebut melalui daftar ekspor atau melalui email.

8. Pastikan untuk segera mengunduh file ekspor melalui link yang diberikan karena link tersebut memiliki batas waktu berlaku selama 3×24 jam sejak dibuat.

9.File ekspor laporan jurnal Anda akan terlihat seperti contoh yang ditampilkan (misalnya dalam format PDF).

File ekspor laporan jurnal Anda akan terlihat seperti contoh yang ditampilkan (misalnya dalam format PDF).

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan laporan jurnal yang diperlukan dalam sistem akuntansi Anda.

Dengan laporan jurnal yang lengkap dan teratur, Anda dapat mengawasi dan menganalisis transaksi keuangan bisnis Anda secara efektif.

Laporan Jurnal Akurat, Bisnis Kian Melesat

Laporan Jurnal Akurat, Bisnis Kian Melesat

Dengan demikian, pelanggan pun merasa aman berbisnis bersama Anda.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah melihat transaksi yang belum terselesaikan, jumlah saldo saat ini, maupun uang Anda yang masih berada di luar.

Singkatnya, catatan transaksi untuk pelanggan ini berguna untuk mengontrol piutang Anda secara akurat.

Sekarang bagaimana caranya agar laporan transaksi pelanggan dapat terawasi dengan benar?

Mari simak 2 cara pembukuan beserta masing-masing kelebihannya:

1. Membuat buku besar piutang untuk masing-masing pelanggan

Cara membuat buku besar piutang dapat dilakukan dengan membuat rincian seluruh biaya, pembayaran, dan pembayaran yang jatuh tempo.

Buku besar ini dapat berupa data serta dokumen transaksi pelanggan dengan akses tertentu pada 1 orang atau 1 departemen yang Anda percayakan.

Kelebihan:

  • Dibantu akuntan dan auditor, pekerjaan terasa lebih ringan.

Kekurangan:

  • Butuh biaya ekstra untuk membayar jasa akuntan;
  • Akses pada data sangat terbatas;
  • Dokumen dapat rusak atau hilang karena human error;
  • Sulit mengawasi.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

2. Laporan rekening pelanggan secara online pada aplikasi seperti Mekari Jurnal

Pada model akuntansi modern ini, Anda dapat menyimpan seluruh data transaksi Anda dengan pelanggan secara online.

Teknologi ini memungkinkan Anda menjalankan program tanpa instalasi dan memudahkan pengguna untuk mengakses data melalui komputer menggunakan jaringan internet.

Kelebihan:

  • Semua data tersimpan secara terpusat (server);
  • Tidak perlu repot menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual;
  • Keamanan data terjaga, tersedianya jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll;
  • Fleksibilitas tinggi, kemudahan data akses kapan dan dimanapun kita berada. Anda dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hard disk, dokumen, map folder, serta ATK lainnya.

Kekurangan:

  • Perlu akses internet (menggunakan kuota).

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan dari 2 cara tersebut, Anda dapat memilih cara yang paling aman dan mudah dalam mencatat transaksi rekening pelanggan Anda.

Untuk menjawab tantangan-tantangan ini, Mekari Jurnal sebagai aplikasi catatan keuangan dan software accounting kini menyediakan layanan akuntansi pembukuan toko berbasis cloud computing yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Pengertian, Jenis, Format, Contoh Laporan Keuangan Sederhana Adalah Berikut

Laporan transaksi pelanggan lancar, bisnis Anda pun semakin berkembang. Coba aplikasi Mekari Jurnal sekarang!

Baik, Saya Mau Coba Fitur Laporan Keuangan Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal