Jurnal Enterpreneur

5 Cara Jitu Mengatasi Produk Tidak Laku

Mendirikan sebuah usaha atau bisnis kini semakin mudah. Bahkan hanya dengan bermodalkan smartphone, Anda sudah bisa mendirikan sebuah usaha. Adanya kemudahan ini juga berdampak terhadap para pelaku usaha itu sendiri. Salah satunya adalah persaingan usaha yang semakin ketat. Sehingga para pelaku usaha harus pintar dalam mengelola bisnisnya agar mendapatkan keuntungan yang terus meningkat.

Namun, mengelola bisnis bukan hal yang instan, perlu waktu, pengalaman, kesabaran, manajemen yang baik, dan lainnya. Sampai saat ini masih banyak pelaku usaha yang mengalami kegagalan, salah satu sebabnya yakni karena mereka terlalu fokus pada kualitas produk tetapi mengabaikan pemasarannya. Padahal pemasaran merupakan salah satu penentu adanya penjualan. Akibatnya beberapa produk yang berkualitas tidak laku di pasar.

Bayangkan akan sebagus apapun sebuah produk jika Anda tidak melakukan kegiatan pemasaran, apakah orang-orang akan membeli produk Anda? Tidak, karena mereka pun tidak mengetahui keberadaan produk Anda. Jika demikian bukan laba yang akan didapat tetapi malah kerugian yang ada di depan mata. Itu baru dari segi pemasaran, sementara faktor-faktor lain juga masih banyak yang mempengaruhi produk menjadi tidak laku. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur, jika barang atau produk Anda banyak yang tidak laku? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi barang yang tidak laku.

Ubah Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan salah satu penentu kesuksesan sebuah bisnis. Hal ini karena strategi pemasaran berhubungan dengan penjualan di mana penjualan sendiri adalah penentu persediaan produk Anda. Cara pertama untuk mengatasi produk yang tidak laku adalah mengubah strategi pemasaran Anda. Sebelum mengubah, ada baiknya Anda juga harus melakukan evaluasi terlebih dahulu. Pilih strategi mana yang efektif, dan buang yang tidak efektif. Jika semua strategi pemasaran tidak efektif maka Anda dapat membuat strategi pemasaran yang baru yang lebih menyasar pangsa pasar produk Anda.

Mengubah Display Toko

Jika mengubah strategi pemasaran cukup sulit, Anda dapat memulainya dengan mengubah display tata letak dari produk Anda. Mungkin saja produk yang Anda jual tidak laku karena konsumen atau calon pembeli tidak melihat letak produk Anda. Untuk itu Anda dapat mengubah letaknya ke tempat yang strategis. Selain itu, Anda juga dapat menghiasi display menjadi lebih menarik.

Berikan Diskon

Sebelum produk yang tidak terjual banyak menumpuk, Anda juga dapat memberikan diskon dalam penjualannya. Diskon merupakan salah satu hal yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Berikan diskon yang cukup besar pada produk yang tidak laku sehingga pelanggan akan tertarik untuk membelinya.

Daur Ulang / Percantik Produk

Seperti yang kita ketahui bahwa adanya pesaing di dalam sebuah bisnis merupakan hal yang wajar dan tidak dapat kita hindari, apalagi jika produk Anda sama atau sejenis. Jika Anda tidak dapat mengatasi persaingan sehingga membuat produk Anda tidak laku, ada baiknya Anda mengevaluasi produk Anda. Sementara, untuk produk yang terlanjur tidak laku maka Anda dapat mendaur ulang (khusus untuk produk yang bisa didaur ulang). Anda dapat menambahkan keunikan pada produk untuk menambah nilai dari produk tersebut.

Kelola Persediaan Secara Berkala

Langkah lain yang tidak kalah penting untuk menghindari produk yang tidak laku adalah mengelola persediaan secara berkala. Dengan mengelola persediaan secara periodik, Anda dapat memantau persediaan dengan sering, sehingga saat terdapat persediaan yang rusak, usang, atau bermasalah, Anda dapat langsung mengetahui dan melakukan tindakan. Dengan begitu akan mengurangi produk yang tidak laku terjual karena secara tidak langsung Anda juga menjaga kualitas persediaan di gudang. Selain itu, dengan mengelola persediaan secara sering, Anda juga dapat mengetahui produk mana yang laku dan yang tidak laku secara cepat. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan selanjutnya untuk produk yang tidak laku tersebut.

Untuk memudahkan Anda mengelola persediaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memiliki fitur Software Stok Barang atau Inventori. Melalui fitur stok, Anda dapat mengetahui produk mana yang laku dan produk mana yang tidak laku secara cepat. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan dengan cepat dan benar mengenai produk yang harus dipesan atau diproduksi lagi atau dihapuskan dari daftar produk. Selain itu, Jurnal juga berbasis cloud computing sehingga Anda dapat mengakses dan mengelola persediaan dimanapun dan kapanpun. Temukan informasi mengenai fitur-fitur lain dari Jurnal secara lebih lengkap di sini.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo