Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Fitur Multi Multi Currency Mudahkan Pengguna Mekari Jurnal Mengonversikan Mata Uang

Tayang 30 May 2024

Salah satu fitur yang memudahkan pengguna Mekari Jurnal untuk mengonversi mata uang sesuai dengan perubahan kurs yaitu fitur multi currency (multi mata uang).

Dengan fitur multi currency ini, maka Anda tidak perlu lagi mengonversikan-nya terlebih dahulu.

Anda hanya perlu menginput nilai mata uang asing dan kurs mata uang pada saat terjadinya transaksi tersebut.

Sistem akan langsung menghasilkan sendiri nilai yang akan masuk ke laporan buku besar sesuai dengan nilai dan kurs mata uang di transaksi.

Apa Itu Fitur Multi Currency?

Fitur Multi Currency adalah inovasi dalam bidang keuangan bisnis di mana dibangun sebuah sistem yang dirancang untuk dapat mengonversi mata uangan sesuai kebutuhan Anda.

Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas sehingga tidak menggangu alur transaksi bisnis Anda.

Selain itu, terdapat juga multi currency account, yaitu akun rekening bank yang perlu Anda miliki agar dapat menggunakan layanan multi currency secara lengkap mulai dari pengiriman, penerimaan, dan penyimpanannya.

fitur multi currency mekari jurnal adalah

Langkah-langkah Aktivasi Fitur Multi-Currency

Berikut langkah-langkah melakukan aktivasi multi-currency pada aplikasi Mekari Jurnal:

1. Masuk ke menu settings lalu centang multi-mata uang.

2. Pilih dasar mata uang utama yang mau Anda gunakan. Setiap mata uang yang tercatat akan dikonversi ke mata uang utama ini. Jika sudah, Anda dapat lanjut ke Klik → Aktifkan.

mengaktifkan fitur multi mata uang

Jika fitur ini aktif, akan ada penambahan 3 akun baru di Daftar Akun:

  • Revaluasi Bank: Menampung fluktuasi perbedaan antara nilai kurs pada tanggal transaksi yang menggunakan pembayaran dengan akun Kas & Ba nk mata uang asing dengan nilai kurs hari ini. Akun ini tidak bisa Anda gunakan dalam jurnal umum maupun jurnal penyesuaian.
  • Pertukaran Mata Uang Asing Sebelum Realisasi: Menampung fluktuasi perbedaan antara nilai kurs pada tanggal transaksi dengan nilai hari ini. Akun ini tidak bisa digunakan pada jurnal umum maupun jurnal penyesuaian.
  • Pertukaran Mata Uang Asing Setelah Realisasi: Menampung fluktuasi perbedaan antara nilai kurs pada tanggal transaksi dengan tanggal pembayaran.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengaktifkan fitur multi-currency (multi mata uang) pada Jurnal:

  • Mata uang dasar tidak dapat diubah setelah fitur ini diaktifkan
  • Fitur ini tidak dapat digunakan bersamaan dengan Add-ons – Jurnal Consolidation
  • Fitur multi currency tidak dapat dinonaktifkan jika Anda:
    • Telah membuat mata uang lainnya
    • Terdapat akun yang menggunakan jenis mata uang lain
    • Membuat transaksi apa pun, setelah fitur multi currency diaktifkan, termasuk transaksi yang menggunakan mata uang dasar (transaksi di sini meliputi: Penjualan, Pembelian, Beban, Jurnal Umum, dan Transaksi Tunai dan Bank Non multi currenct, Saldo Konversi, Buku Penutup, Penyesuaian Stok, Transfer Gudang, Konversi Produk, dan Aset Tetap (termasuk Pelepasan dan Penyusutan Aset).

Tambahkan Jenis Mata Uang yang akan Digunakan

Untuk penggunaan fitur multi mata uang, tersedia 2 tipe kurs mata uang yaitu:

  • Kurs Perusahaan (Company rate): Menggunakan kurs mata uang sesuai dengan kurs perusahaan Anda.
  • Kurs Transaksi (Transaction rate): Menggunakan kurs mata uang yang tersedia dari menu Daftar Lainnya > Daftar Mata Uang pada saat Anda akan membuat transaksi. Anda dapat mengganti-ganti kursnya sesuai dengan kebutuhan.

Setelah Anda mengaktifkan fitur multi mata uang, Anda akan diminta untuk menambahkan jenis mata uang, berikut langkah-langkahnya:

1. Klik tombol “Tambah Mata Uang”.

2. Pilih jenis mata uang yang akan ditambahkan dari daftar pilihan.

3. Pilih nilai standar konversi untuk menentukan perubahan kurs mengikuti perhitungan berdasarkan Bank Indonesia, Pajak, atau Fixer api. Misalnya, Bank Indonesia.

4. Klik “Tambah Mata Uang” untuk menyimpan; Anda akan melihat daftar mata uang dan nilai kurs seperti berikut.

Cara Membuat Transaksi dengan Multi Currency Di Aplikasi Mekari Jurnal

Transfer uang, terima uang, penjualan, pembelian, biaya adalah berbagai transaksi yang dapat digunakan dalam multi mata uang.

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal memilliki fitur multi mata uang untuk mendukung pengelolaan bisnis Anda yang dalam proses jual-belinya menggunakan mata uang asing seperti USD, Euro, Yen, Yuan, Won, dll.

Pada panduan ini, Anda akan melihat cara menggunakan multi mata uang pada saat membuat penjualan, berikut langkah-langkahnya:

1. Klik menu Penjualan, kemudian pilih Buat Penjualan Baru” dan pilih tipe transaksi.

 

2. Isi form penjualan seperti pelanggan, tanggal transaksi dan lainnya, kemudian pilih mata uang yang akan digunakan – contoh: USD.

3. Pilih produk yang akan dijual dan nominal harga produk pada kolom harga satuan dan total akan terlihat seperti gambar berikut, lalu simpan transaksi penjualan.

Berbagai keunggulan dan fitur-fitur baru yang dikembangkan oleh Mekari Jurnal tak dipungkiri menjadi upaya untuk tetap selalu meningkatkan kepuasan pelanggan setia Mekari Jurnal dalam mengelola bisnisnya dengan cara yang mudah dan efisien.

Jika Anda masih membutuhkan langkah-langkah yang lebih komprehensif dan terupdate, simak di artikel berikut ini: Bagaimana Cara Aktivasi Fitur Multi Currency

Masih ada pertanyaan lebih lanjut mengenai fitur multi currency atau fitur-fitur lainnya yang terdapat pada Mekari Jurnal?

Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui tombol di bawah ini, ya!

Konsultasi dengan Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal