Cara Cerdas Mengelola Keuangan Bisnis Laundry

Bisnis laundry saat ini menjadi semakin ramai di kota-kota besar khusunya di kalangan mahasiswa atau pekerja kantoran. Berkembangnya bisnis ini karena banyaknya mahasiswa yang tidak mau repot mencuci bajunya ataupun sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci. Banyaknya kebutuhan pelanggan akan jasa laundry dapat membuat bisnis laundry semakin berkembang. Jika hal ini sudah terjadi, sebagai pengusaha Anda harus dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis laundry.

 

Pisahkan Rekening Pribadi dengan Bisnis

Apapun bisnis yang Anda jalankan, hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin mengelola keuangan dengan baik adalah memisahkan rekening pribadi dan bisnis. Ketika bisnis laundry Anda mulai berjalan dan berkembang, Anda perlu membuat rekening baru untuk mengelola keuangan bisnis tersebut. Rekening tersebut hanya digunakan untuk kas bisnis bukan kas pribadi, sehingga pengelolaan keuangan lebih mudah dan jelas. Kalau pun Anda sudah terlanjur memiliki rekening yang Anda gunakan untuk transaksi tetapi masih bercampur dengan uang pribadi, segeralah ambil keuangan bisnis dan pindahkan ke rekening baru.

 

Sisihkan Anggaran Gaji untuk Diri Sendiri

Dalam sebuah bisnis, Anda sebagai pelaku bisnis jangan menganggap diri Anda pemilik agar bisnis bisa berkembang. Perlakukan diri Anda sebagai pemimpin sekaligus karyawan yang memerlukan gaji untuk mempermudah pengelolaan keuangan. Berapapun gaji yang Anda inginkan, catatlah sebagai gaji karyawan agar keuangan perusahaan dapat dikelola dengan benar. Selain untuk mempermudah pengelolaan, dengan Anda menerima gaji setiap bulannya Anda tidak akan berperilaku sangat konsumtif dalam menggunakan uang perusahaan. Anda hanya bisa menggunakan uang dari gaji tersebut untuk kebutuhan pribadi.

 

Membuat Laporan keuangan

Pengelolaan keuangan perusahaan tidak akan pernah lepas dari laporan keuangan, termasuk juga bisnis laundry. Buatlah laporan keuangan yang rinci dan sesuai dengan keadaan keuangan. Laporan ini dapat digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan dan tentunya untuk kemajuan bisnis. Laporan keuangan bisa disiapkan dengan mudah jika sejak awal transaksi dicatat dengan baik dan jelas.

 

Miliki Ketentuan dalam Pengeluaran Kas

Pengelolaan keuangan pada suatu bisnis memang lebih baik jika dikerjakan oleh orang yang kompeten dibidangnya. Sehingga Anda perlu mempekerjakan orang untuk mengelola uang tersebut. Tetapi yang perlu diingat, jangan sampai uang bisnis Anda dipegang oleh salah satu karyawan. Berikan semua catatan keuangan kepada karyawan Anda, tetapi jangan sampai membiarkan karyawan membawa pulang uang. Berapapun yang mereka dapat dari penjualan, mereka harus melaporkannya setiap hari sebelum pulang dan menyimpannya pada brankas perusahaan atau memberikannya pada Anda. Jika ingin mengeluarkan uang untuk keperluan bisnis, pastikan terlebih dahulu mereka meminta izin kepada Anda. Dengan sistem pengelolaan keuangan seperti ini, bisnis bisa berkembang dan tentunya tidak akan ada penyalahgunaan uang.

 

Buat Rencana Pengeluaran

Dalam mengelola keuangan bisnis laundry, Anda perlu membuat rencana pengeluaran rutin setiap hari, minggu, atau bulan sesuai dengan keinginan. Rencana ini bisa meliputi biaya rutin seperti detergen, pengharum, listrik, air, gaji karyawan, uang makan, dan uang pemeliharaan alat kantor. Dengan membuat rencana ini, Anda bisa mengetahui seberapa besar uang yang Anda perlukan untuk biaya operasional selama satu bulan. Jadi ketika terjadi pengeluaran yang membengkak tanpa ada kenaikan pemasukan, Anda bisa mengetahuinya dan bisa menemukan penyebabnya.

 

Pemisahan Tugas Pengelola Keuangan

Pembagian tugas dalam sebuah bisnis sangat penting, apalagi tentang pengelolaan keuangan. Dalam mengelola keuangan, Anda perlu mempekerjakan beberapa karyawan yang berbeda dengan tugas yang berbeda. Keuangan perusahaan sangat riskan untuk disalahgunakan, apalagi ketika Anda tidak bisa selalu mengawasi pekerjaan karyawan. Oleh karena itu, buatlah tugas untuk masing-masing karyawan yang berbeda. Misalkan tugas sebagai pemegang kas si A, tugas sebagai kasir si B, tugas sebagai pembeli barang si C, dan lain sebagainya. Termasuk juga orang yang membuat laporan keuangan haruslah orang yang berbeda untuk mengurangi tingkat manipulasi.

Jika mengelola keuangan bisnis mulai menjadi sesuatu yang rumit dan menyita waktu Anda sebagai pengusaha, maka beralihlah menggunakan teknologi Jurnal software akuntansi online untuk mempermudahnya. Dengan menggunakan Jurnal, selain masalah pembuatan laporan keuangan teratasi, Anda juga bisa mendapatkan integrasi layanan kasir atau POS yang akan sangat berguna untuk efisiensi pencatatan penjualan atau transaksi usaha. Bukan hanya itu, kini Anda juga bisa membuat anggaran keuangan bisnis dengan lebih mudah melalui Jurnal. Dapatkan semua informasi produk dan layanan Jurnal di sini, dan mulailah mengelola keuangan bisnis laundry Anda dengan nyaman.


PUBLISHED05 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: