Mekari Jurnal
Daftar Isi

4 Alasan Kenapa Bisnis Butuh Perencana Keuangan

Tayang 19 Jun 2020
Diperbarui 11 Januari 2024

Sebagian besar orang tidak memulai perjalanan tanpa rencana. Tidak terbiasa untuk mempertaruhkan sesuatu yang berpotensi memakan biaya dan waktu tanpa melihat pengalaman orang lain. Namun, banyak pemilik bisnis masih tidak berdiskusi dengan perencana keuangan.

Pelajari fitur perencanaan anggaran dana dan keuangan dari aplikasi Jurnal disini.

Menurut American College, 60 persen pemilik bisnis belum pernah berdiskusi dengan perencana. Beberapa dari mereka percaya bahwa mereka dapat mengatasi masalah finansial bisnis tanpa orang lain.

Padahal, seorang perencana keuangan berpengalaman dan memiliki keahlian dalam memaksimalkan modal awal ke dalam bisnis. Perencana dapat menilai kelayakan bisnis dan menjelaskan strategi untuk mencapai profitabilitas.

Berikut beberapa cara perencana keuangan memastikan, mempercepat, dan meningkatkan kesuksesan bisnis.

1. Mempermudah Pengelolaan Keuangan Bisnis

Apa pun produk atau layanan yang disediakan bisnis, perencana keuangan dapat mengajukan pertanyaan dan jawaban yang tepat untuk mempermudah kehidupan bisnis.

Perencana juga dapat membuat bisnis lebih efisien dan lebih menguntungkan dengan berfokus pada tindakan yang mendapatkan hasil.

 Sebagai pebisnis, pasti diharapkan memiliki banyak peran. Mulai dari pemasaran, pengembangan produk hingga penjualan. 

Dalam beberapa keadaan, mengelola dan merencanakan keuangan bisnis lebih baik diberikan kepada bantuan profesional. Keuangan tidak dapat dianggap enteng, Banyak hal dalam bisnis dari perspektif keuangan.

Mengelola laporan keuangan, masalah arus kas, utang bisnis yang tertunda atau hal lain yang menyebabkan bisnis bangkrut.

Perencanaan keuangan membantu Anda menjalankan bisnis dengan memproyeksikan keuangan bisnis lebih akurat dan mengembangkan bisnis. Termasuk wawasan, risiko, dan peluang investasi. 

Siapa yang lebih baik membahas masalah uang dan kesuksesan bisnis selain perencana keuangan Anda?  

2. Menghemat Biaya dan Meningkatkan Profitabilitas

Salah satu hal terbaik tugas perencana keuangan adalah memandu bisnis ke jalur yang seharusnya. Kecuali, jika Anda memang ahli dan berpengalaman dalam bidang keuangan.

Ketika mencoba bersikeras melakukan fungsi-fungsi yang bukan kemampuan Anda, tentu ini akan memakan waktu, tenaga dan uang.

Namun, dengan perencana, tugas kompleks dapat diselesaikan dengan cepat dan Anda dapat membuat keputusan dengan data yang kuat.

Contohnya, perencana dapat menggunakan pengalamannya untuk menetapkan proses akuntansi internal untuk memantau pengeluaran.

3. Mempersiapkan Bisnis untuk Tumbuh di Masa Mendatang

Saat memikirkan masa depan bisnis, sebagian besar orang biasanya terpengaruh oleh emosional mereka. Mungkin terlalu semangat atau takut atau kewalahan.

Tetapi, perencana keuangan dapat memberi Anda perspektif lain yang diperlukan dalam mengatasi masalah keuangan. Memberi Anda kejelasan, memfokuskan visi dan tujuan bisnis ke arah yang tepat untuk stabilitas dan produktivitas.

Untuk tumbuh, bisnis memerlukan tujuan, rencana dan taktik untuk mewujudkannya. Perencana mempunyai segudang pengalaman yang dimanfaatkan untuk masa depan bisnis Anda.

Perencana dapat membantu anda melihat masalah yang terjadi dalam bisnis dengan mengidentifikasi dan menyesuaikan dengan kondisi pasar. Bisnis tidak hanya membutuhkan ide bagus, melainkan juga dukungan secara finansial, teknologi, dan keadaan lain ketika merencanakan masa depan bisnis.

Menurut American College, banyak pemilik bisnis gagal memindahtangankan pengelolaan kepada suksesor bisnis.

4. Merencanakan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Banyak pebisnis termotivasi untuk membangun bisnis demi keuntungan pribadi. Maka tidak jarang seorang pemilik hanya fokus pada keuangan bisnis tanpa memperdulikan kebutuhan pribadi. 

Seorang perencana memastikan keuangan pribadi dan bisnis terkoordinasi dengan baik seperti transaksi bisnis, arus kas, investasi, dan pajak.  Hal ini penting untuk kesuksesan jangka panjang. 

Banyak pebisnis tidak merasa bahwa mempekerjakan perencana keuangan adalah hal yang sama pentingnya dengan pengelolaan bisnis. Padahal seorang perencana yang tepat, bisnis akan berkembang pesat.

Jika tidak ingin memperkerjakan perencana keuangan, Anda dapat menggunakan software akuntansi & keuangan Jurnal untuk merencanakan dan mengelola bisnis. 

Jurnal sebagai aplikasi inventaris barang menghadirkan laporan keuangan, rekonsiliasi dengan berbagai bank, hingga persediaan stok barang secara real-time. Kalau bisa dipermudah, kenapa harus sulit? Coba free trial Jurnal selama 14 hari sekarang juga.

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal