Saat ini usaha franchise sedang berkembang pesat di Indonesia, terutama dalam bidang kuliner. Jika beberapa tahun belakangan franchise kebanyakan dari pihak luar negeri, maka saat ini franchise lokal sudah bisa bersaing dengan franchise luar negeri.

 

Usaha ini merupakan cara berbisnis di mana mitra akan mendapatkan merk dagang, bahan baku, dan produk yang sama dari bisnis yang sudah ada dengan beberapa syarat dan kontrak yang harus dipenuhi oleh mitra. Sehingga hubungan antara pemilik franchise dan mitra haruslah terjalin dengan baik antar kedua belah pihak. Namun, untuk bisa mendapatkan izin bisnis franchise, dibutuhkan persiapan yang matang. Ada 6 syarat wajib yang harus dipenuhi sebelum mengurus izin franchise yang tercantum dalam PP No 42 Tahun 2007 yaitu:

 

Memiliki Ciri Khas Menarik

Jika ingin mendirikan usaha franchise, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat produk yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini, tentu bisa membedakan antara franchise yang kamu buat dengan franchise lainnya. Sebuah bisnis yang memiliki keunikan pasti akan lebih cepat dikenal masyarakat luas. Apalagi, saat ini banyak produk sejenis yang bermunculan dalam hitungan waktu sebentar. Untuk menguasai pasar, Anda haruslah menjadi pencipta produk baru dan unik.

 

Memiliki Catatan Keuangan

Syarat kedua yang harus dimiliki oleh pendiri usaha franchise adalah memiliki catatan keuangan yang harus dipenuhi. Jadi, sebelum menjual usaha jenis ini, cobalah untuk membuat pembukuan secara rutin. Walaupun bisnis yang dimiliki belum besar, Anda tetap harus memiliki pencatatan keuangan yang baik. Dengan begitu, Anda bisa melihat dan mengetahui perkembangan bisnis yang Anda miliki dari waktu ke waktu. Dengan pencatatan keuangan, Anda juga bisa melihat keadaan bisnis, apakah sedang mengalami kerugian atau keuntungan.

 

Memiliki SOP yang Jelas

Standar Operasional Prosedur atau SOP adalah dokumen atau acuan yang membantu setiap orang melaksanaakan tugasnya masing-masing. Dengan SOP yang jelas, Anda akan memiliki standar kualitas yang sama antara franchise satu dengan lainnya dari segi produk dan pelayanan kepada konsumen. Bukan hanya SOP yang jelas, Anda juga harus membuat SOP yang mudah diaplikasikan dan tidak terlalu memberatkan. Untuk menentukan SOP yang sesuai harus melalui beberapa tahapan seperti:

a. Pembentukan tim khusus untuk membuat SOP.

b. Pembagian tugas setiap tim.

c. Mendokumentasikan jenis kegiatan.

d. Menyusun alur kerja, instruksi kerja dan beberapa formulir pendukung.

e. Berdiksusi antar tim.

f. Libatkan pelaksana SOP dalam pembahasan.

g. Uji coba SOP.

h. Evaluasi dan perbaikan.

Dengan SOP yang sederhana, maka semua elemen yang terlibat dalam bisnis akan lebih mudah diajarkan dan pengaplikasiannya dalam bisnis.

 

Adanya Dukungan yang Berkesinambungan

Pemilik franchise biasanya akan memberikan pelatihan kepada mitra yang telah bergabung dengan franchise yang dimilkinya. Selain mendapatkan pelatihan, mitra yang bergabung dengan bisnis franchise akan mendapatkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis franchise yang akan diikutinya seperti bahan produksi, peralatan dapur, outlet untuk jualan, seragam karyawan, dan sebagainya.

 

Memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang Terdaftar

Hak Kekayaan Intelektual atau biasa disebut HAKI adalah buah dari pemikiran seseorang atas sebuah produk baru yang memiliki manfaat untuk banyak orang dan produk tersebut benar-benar hasil karya sendiri serta belum pernah ada yang menciptakan sebelumnya. HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Merk, dan Hak Paten. Jadi ini menjadi salah satu poin plus yang menjadikan produk Anda unik tidak ada yang menyamai. Jika ada produk meniru produk yang Anda miliki tanpa ijin terlebih dahulu, maka Anda bisa menggugatnya secara hukum.

 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai syarat wajib mendirikan usaha franchise dengan mudah dan cepat. Berbisnis franchise memang sangat menguntungkan. Selain mengembangkan pasar bisnis yang Anda miliki, bisnis franchise juga memberikan keuntungan dari mitra yang bergabung dengan franchise yang Anda miliki, dari franchise fee setiap bulannya dan royalti fee.

 

Untuk memudahkan Anda dalam mencatat semua transaksi dari franchise yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Jurnal. Dengan Jurnal, pencatatan transaksi keuangan bisa lebih praktis, cepat, akurat dan aman. Silahkan daftarkan bisnis franchise Anda dan nikmati free trial 14 hari untuk pengguna baru. Untuk lebih detailnya silakan Anda klik di sini.