Jurnal Enterpreneur

5 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau bisnis waralaba merupakan bisnis yang berfokus untuk mengomersilkan bisnis yang sudah ada dengan brand yang sangat kuat.

Secara umum, bisnis franchise merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchise).

Bisnis ini menjadi salah satu solusi yang menarik dan banyak peminatnya karena kepraktisan atau kemudahannya.

Namun, mengembangkan bisnis franchise bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat

Franchise adalah salah satu bisnis yang dijalankan dengan meminjam merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan oleh pihak yang meminjamkan (franchisor).

Nah, sebelum Anda memilih bisnis franchise, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan bisnis franchise yang tepat?

Banyak Orang Mengenal Bisnis Franchise

Ini merupakan hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih bisnis franchise. Memilih bisnis yang telah banyak dikenal orang dan memiliki pelanggan yang cukup banyak, Anda akan mendapat banyak keuntungan.

Salah satunya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan pemasaran untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk untuk mengembangkan bisnis franchise Anda.

Mudah Menjalankannya

Buat apa memulai bisnis franchise kalau Anda juga harus mendapatkan berbagai kesulitan? Cobalah pilih franchise yang dapat memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis.

Pastikan franchise yang ingin Anda ajak kerja sama memiliki sistem dan cara yang simpel dan praktis.

Untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, Anda juga harus memiliki lokasi bisnis yang strategis dan juga aman.

Kemudian setelah bisnis berjalan, Anda bisa menggunakan aplikasi invoice dalam mengawasi berjalannya transaksi penjualan dan pembelian dalam bisnis.

Manfaat aplikasi invoice adalah dapat memproses transaksi oleh pelanggan dengan cepat berikut dengan proses penagihannya, serta mencetak invoice secara otomatis.

Harga Yang Terjangkau

Harga adalah salah satu hal yang harus Anda pertimbangan sebelum memutuskan untuk bekerja sama dan memulai bisnis franchise.

Jika Anda merupakan seorang pemula, Anda dapat memilih franchise dengan harga terjangkau serta memiliki kualitas baik.

Baca juga: Membuat Laporan Keuangan Excel, Download Filenya!

Mengutamakan Pelayanan

Setiap bisnis franchise akan memberikan hak dagang, sistem bisnis, cara bisnis, hingga dukungan untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa franchise yang akan Anda pilih dapat melakukan hal tersebut dengan baik.

Jangan jadikan pihak franchisor (pemilik franchise) sebagai tekanan bagi Anda, karena dalam bisnis ini, pemegang utamanya adalah diri sendiri.

Demikian tadi 4 cara memilih bisnis franchise yang baik dan tepat, serta bisa disesuaikan dengan minat Anda.

Lalu setelah Anda memutuskan untuk mendirikan bisnis franchise, Anda bisa mulai memikirkan bagaimana selanjutnya bisnis Anda dapat berjalan dengan baik, terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Untuk itu Anda bisa gunakan Jurnal merupakan aplikasi akuntansi untuk waralaba yang menyediakan jasa keuangan bisnis. Dengan aplikasi akuntansi untuk waralaba dari Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Jurnal juga dapat membantu Anda memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime. Temukan fitur lengkap dari aplikasi akuntansi untuk waralaba dari Jurnal dengan klik demo gratis di sini.

Anda perlu memahami beberapa cara jitu untuk mengembangkan bisnis franchise tersebut.

5 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis franchise:

Membuat Ciri Khas Usaha

Buatlah usaha atau bisnis yang memiliki ciri khas.

Bisnis yang memiliki ciri khas adalah bisnis yang memiliki daya pembeda dibandingkan dengan bisnis lain. Ini adalah syarat utamanya.

Meskipun Anda menjalankan bisnis yang sudah banyak dijalankan orang lain, bukan berarti Anda bebas menirunya begitu saja.

Misalnya Anda menjual pisang goreng, menjualnya dengan bentuk biasa mungkin tidak akan menarik daya beli pelanggan, Anda bisa mulai membuat inovasi pisang goreng dengan menambahkan berbagai topping didalamnya.

Baca Juga : Cara Membuat Laporan Laba Rugi untuk Bisnis Franchise

Siapkan Sistem yang Sempurna

Mengenal Komponen, Keuntungan dan Kerugian dari Sistem Ekonomi Campuran

Seringkali bisnis franchise mengalami kebangkrutan bukan karena kerja lapangan yang kurang optimal, tapi karena sistem yang dibuat ternyata banyak kekurangan.

Untuk itu sebelum mulai memasarkan program franchise ini pastikan semua sudah terencana dengan baik.

Lakukan pengecekan sistem dengan optimal, bila perlu lakukan konsultasi berlapis dengan mereka yang sudah lebih maju mengenai bisnis franchise.

Hal ini mungkin akan memakan banyak biaya dalam setiap transaksi.

Terutama terkait persiapan sistem dan masalah hukum.

Namun, hasil yang didapat tidak akan mengecewakan.

Baca Juga : 4 Cara Memilih Bisnis Franchise dengan Tepat

Membuat Keuntungan yang Bertumbuh

Bisnis tidak layak dikembangkan jika masih merugi, sehingga satu-satunya cara agar bisnis tersebut layak dikembangkan adalah dengan membuat keuntungan yang bertumbuh.

Keuntungan bertumbuh didapat jika dalam jangka waktu tertentu bisnis Anda memiliki kecenderungan mencetak untung secara terus-menerus.

Oleh karena itu, jangan segan-segan untuk menetapkan target pendapatan, upayakan selalu mencapai target tersebut, dan selalu naikan target untuk periode waktu selanjutnya.

Usahakan bisnis tidak mengalami kerugian, walau hanya sekali.

Menyiapkan Kantor Offline

Menyiapkan kantor offline untuk sebuah bisnis franchise sifatnya mutlak. Sekalipun itu untuk waralaba modal kecil dengan nilai investasi super murah di bawah 5 juta.

Hal ini akan menunjukkan kesungguhan Anda dan profesionalitas bisnis waralaba Anda.

Melalui kantor offline tersebut, bisnis franchise Anda akan diyakini bahwa setiap aktivitasnya sudah terkoordinir dalam satu sistem dan dikelola secara khusus.

Baca Juga : Ini Daftar Keuntungan Jika Berbisnis Franchise

Membuat Prospek Bisnis

Jika pada bisnis konvensional Anda terbiasa menjual jasa atau barang, maka pada bisnis franchise Anda menjual bisnisnya.

Di sini diperlukan lebih dari sekedar brosur. Anda memerlukan prospek bisnis agar calon mitra bisnis mampu melihat prospek cerah dari bisnis tersebut.

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat proposal bisnis, hanya saja dalam prospek bisnis biasanya dilampiri dengan contoh laporan keuangan selama beberapa periode tertentu yang menunjukkan perusahaan Anda mengalami keuntungan.

Jika tidak mampu menyusun sendiri prospek bisnis, Anda dapat menggunakan jasa konsultan dengan biaya terjangkau.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Laporan keuangan dalam prospektus menjadi hal penting yang harus dikerjakan dengan baik. Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan lebih mudah menggunakan software akuntansi.

Jurnal adalah software akuntansi bisnis kuliner yang dapat Anda andalkan untuk membuat laporan keuangan secara cepat, realtime, dan menyajikan data dengan lebih terperinci.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari.

Baca Juga : Kenali Jenis-jenis Aplikasi Pendukung agar Bisnis Franchise Sukses

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo