Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Bisnis Network Marketing: Apakah Menguntungkan? ini Ulasannya

Tayang 08 Apr 2022
Diperbarui 24 November 2023

Tidak banyak orang yang berkecimpung di dunia bisnis network marketing, meskipun ada, mereka kadang tidak sadar bahwa itu adalah salah satu bentuk bisnis network marketing.

Banyak cara yang dilakukan manusia untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan cara berbisnis. Seiring berjalannya waktu serta teknologi yang semakin mutakhir, kemampuan manusia dalam melakukan bisnis pun semakin beragam.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah multi level marketing atau yang dikenal dengan Network Marketing.

Network Marketing merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Namun, tentu saja perlu strategi yang mantab dalam menjalankannya. Untuk lebih jelasnya, simak seluk-beluk tentang bisnis Network Marketing ini.

Apa itu Network Marketing?

Network Marketing adalah strategi pemasaran produk dengan cara direct sales dengan sistem bertingkat. Kamu perlu merekrut lebih banyak orang untuk membantu memasarkan produknya. Nantinya, keuntungan yang diraih lewat penjualan pribadi serta keuntungan penjualan dari tenaga penjual yang direkrut akan dibagi sesuai level.

Artinya, makin banyak tenaga penjual yang direkrut, makin tinggi pula penghasilan dan bonus yang didapat oleh perekrut.

Sistem bertingkat ini kemudian membentuk istilah penjualan piramida. Makin banyak orang yang direkrut, makin tinggi pula posisi sang perekrut.

Lingkungan kerja di dunia bisnis Network Marketing memiliki istilah downline dan upline. Downline adalah bawahan atau orang yang direkrut dalam bisnis untuk melakukan penjualan produk bersama-sama.

Sementara upline adalah atasan, orang yang merekrut, atau orang yang sebelumnya telah melakukan penjualan dan berhasil merekrut tenaga penjual baru untuk ‘digandeng’ menjadi downline.

Secara garis besar, tugas downline dan upline dalam bisnis Network Marketing tidak jauh berbeda. Mereka sama-sama menjadi distributor langsung yang menjual produk ke masyarakat.

Tidak hanya itu, baik upline maupun downline harus terus mempromosikan keuntungan yang didapat saat berbisnis sehingga akan semakin banyak tenaga rekrutan baru yang bergabung.

Ciri Perusahaan Network Marketing yang Baik

Ciri Perusahaan Network Marketing yang Baik

Banyak perusahaan Network Marketing yang beredar di pasaran sehingga membuat calon distributor dan konsumen bingung menentukan mana produk Network Marketing yang baik. Agar semakin memahami apa itu Network Marketing dan bagaimana ciri Network Marketing yang baik, berikut beberapa poin penting yang patut kamu perhatikan.

  1. Terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia)

Sebuah perusahaan Network Marketing patut diperhitungkan kredibilitasnya jika sudah terdaftar secara resmi di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI).

Untuk bisa bergabung ke dalam asosiasi dan mendapat sertifikasi, perusahaan Network Marketing harus memenuhi beberapa syarat dan kode etik yang sudah disepakati pihak APLI. Jika sudah terdaftar, bisa dipastikan perusahaan Network Marketing tersebut memiliki produk yang baik untuk masyarakat, tepercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan sistemnya.

  1. Ada produk nyata yang dijual

Tujuan dari bisnis Network Marketing adalah menawarkan dan menjual produk sebanyak-banyaknya. Bisnis Network Marketing yang baik tentu memiliki variasi produk dengan harga yang beragam untuk nantinya ditawarkan ke calon konsumen. Selain itu, kualitas dari produk yang dijual juga harus terjamin dan pihak distributor harus selalu terbuka menerima keluhan konsumen.

  1. Memiliki badan hukum dan kantor yang jelas

Selain terdaftar di APLI, perusahaan Network Marketing yang baik bisa dilihat dari badan hukum dan kantor pusat yang dimiliki. Sebelum kamu memutuskan untuk bergabung di bisnis Network Marketing, periksalah terlebih dahulu status kantor, perseroan terbatas (PT) yang melatarbelakangi produksi produk yang dijual.

Cek juga badan hukum, status kepemilikan SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung), dan NPWP dari perusahaan Network Marketing tersebut. Dengan adanya badan hukum dan PT yang jelas, produk dan sistem bisnis Network Marketing pun dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Sistem yang terbuka

Daya tarik utama dari bisnis Network Marketing adalah kesuksesan yang didapat lewat hasil penjualan dan track record selama menjadi penjual. Tidak hanya upline yang terus meraih keuntungan, pihak downline sebagai bawahan pun dapat meraih kesuksesan yang sama tanpa ada hal yang disembunyikan.

Persentase pendapatan yang jelas dan terbuka akan sangat membantu bisnis Network Marketing berkembang pesat.

  1. Upline dan downline saling bekerja sama

Bisnis Network Marketing tidak akan berkembang jika tidak ada kerja sama yang baik antara upline dan downline. Budaya upline yang membantu downline untuk terus maju dan meraih pendapatan lebih banyak merupakan ciri Network Marketing yang baik. Pilihlah bisnis yang para upline-nya aktif membantu, memberi masukan, tips dan ilmu marketing, serta mengajak downline untuk mengembangkan bisnis bersama-sama.

  1. Produk diterima pasar dengan baik

Tanda atau ciri sebuah perusahaan Network Marketing diterima dengan baik oleh masyarakat dan pasar adalah lewat skala penjualan.

Jika sistem bisnis dan distribusi produk sudah mencapai skala nasional atau kota-kota besar, maka bisnis Network Marketing tersebut patut diperhitungkan.

Tidak hanya itu, kesejahteraan perusahaan dan jaringan distributornya juga akan terlihat lewat kualitas produk yang ditawarkan.

Tantangan Bisnis Network Marketing

Tantangan Bisnis Network Marketing

Setiap pekerjaan yang dilakukan pasti selalu ada tantangan dan risiko, termasuk bisnis Network Marketing yang hanya mengandalkan penjualan produk dan perekrutan distributor baru atau downline.

Sebelum memutuskan bergabung dalam bisnis ini, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Tanamkan ke dalam diri bahwa profesi yang dilakukan adalah salesperson yang menawarkan produk ke orang lain.
  2. Kamu harus yakin bahwa produk yang dijual akan disukai dan dicari banyak orang.
  3. Persaingan ketat antara distributor tidak bisa dipungkiri karena kalian menjual barang yang sama dengan harga yang serupa.
  4. Bergabung di bisnis Network Marketing tidak langsung mengubah statusmu menjadi seorang pebisnis andal.
  5. Promosi bisnis dan produk membutuhkan banyak waktu, energi, dan biaya.

Percepat Keuntungan Bisnis Networking dengan Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari merupakan aplikasi pembukuan yang dilengkapi fitur aplikasi pajak online untuk membantu bisnis lebih cepat dan mudah. Nikmati prosesnya dan terus perluas jaringan agar bisnismu lancar dan berkembang.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal