Sebagian orang menolak menjadi karyawan sebuah perusahaan dan memilih menjadi seorang pebisnis. Sayangnya, seringkali kita mendengar bahwa bisnis bukan untuk semua orang, alias hanya orang tertentu yang dianggap bisa sukses dalam berbisnis. Padahal, kegagalan dalam berbisnis bisa jadi hanya karena pilihan bisnis yang kurang tepat dengan kepribadian Anda. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengetahui kepribadian Anda terlebih dahulu sebelum menentukan bisnis apa yang sekiranya cocok untuk dijalani. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai berbagai jenis kepribadian serta bisnis yang cocok. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Tipe Kepribadian & Bisnis yang Cocok untuk Masing-Masing Tipe

Terdapat 5 tipe kepribadian yang nantinya berpengaruh terhadap bisnis yang Anda pilih. Lima jenis kepribadian tersebut di antaranya yaitu tipe pendiam, romantis, mudah bergaul, pemikir, dan kreatif. Berikut penjelasan yang lebih detail.

a. Tipe Pendiam

Salah satu jenis kepribadian yang berpengaruh terhadap pemilihan model bisnis adalah tipe pendiam. Jika anda seseorang dengan kepribadian pendiam, maka Anda harus benar-benar memilih bisnis yang tepat. Mengapa demikian? Orang yang pendiam umumnya tidak terlalu suka berinteraksi dengan orang lain terutama berbasa-basi, sehingga model bisnis yang melibatkan banyak orang kurang cocok.

Tipe pendiam bisa memilih jenis bisnis yang minim interaksi langsung seperti perakitan komponen komputer, jasa desain web, serta usaha editing video. Beberapa jenis bisnis tersebut lebih membutuhkan skill tinggi dibanding kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Untuk urusan marketing, Anda bisa menyewa profesional atau memanfaatkan iklan melalui internet.

b. Tipe Romantis

Kepribadian yang kedua yaitu tipe romantis. Apabila Anda termasuk tipe romantis, banyak jenis bisnis yang bisa dicoba, lho. Orang dengan tipe romantis cenderung bisa mengubah hal-hal kecil dan sepele menjadi lebih menarik. Jadi, tipe romantis cocok dengan bisnis yang sederhana. Beberapa bisnis yang bisa Anda coba misalnya jasa wedding planner, usaha jualan bunga, atau jasa make up artist. Bisnis tersebut tidak membutuhkan terlalu banyak modal uang namun membutuhkan sentuhan keindahan yang biasanya hanya dimiliki oleh orang berkepribadian romantis.

c. Tipe Mudah Bergaul

Selain tipe pendiam dan romantis, ada juga kepribadian tipe mudah bergaul. Ciri-cirinya adalah Anda suka dengan keramain dan bertemu banyak orang. Keunggulan orang dengan tipe kepribadian mudah bergaul yaitu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Dengan kepribadian ini, bisnis yang membutuhkan banyak relasi dirasa cocok untuk dicoba. Beberapa bisnis yang bisa dipilih orang-orang tipe mudah bergaul diantaranya, bisnis travel, kontraktor, juga motivator.

d. Tipe Pemikir

Selanjutnya yaitu kepribadian dengan tipe pemikir. Orang dengan tipe pemikir umumnya lebih pendiam meski tidak selalu. Ada juga orang tipe pemikir yang banyak bicara dan mudah bergaul. Namun, hampir semua tipe pemikir gemar mempertanyakan suatu hal serta bersikap skeptis. Jika Anda seorang tipe pemikir, Anda cocok membuat bisnis yang rumit dan membutuhkan kemampuan analis yang mumpuni. Salah satu bisnis yang bisa cocok untuk orang tipe pemikir adalah menjadi konsultan bisnis atau notaris.

e. Tipe Kreatif

Terakhir adalah orang dengan tipe kreatif. Orang tipe kreatif juga berpikir terus menerus seperti tipe pemikir namun berbeda jenis. Jika tipe pemikir lebih cenderung menggunakan otak kirinya, orang tipe kreatif lebih sering menggunakan otak kanannya. Ide-ide yang muncul biasanya sangat beragam dan unik. Apakah Anda termasuk tipe kreatif? Jika iya, ada beberapa bisnis yang cocok untuk dicoba seperti desain grafis, bisnis kuliner, serta bisnis yang berhubungan dengan fashion.

 

Langkah awal memulai bisnis

Saat akan memulai bisnis Anda, tentunya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Tentunya Anda sudah memastikan sebelumnya, kepribadianmu condong ke tipe yang seperti apa sehingga memudahkan dalam memilih jenis bisnis. Berikut penjelasan lengkapnya.

a. Pilih bisnis yang disukai dan dekat

Jika terdapat beberapa jenis bisnis yang cocok dengan kepribadian Anda, tenang dan pilih satu. Tipsnya adalah pilih satu bisnis yang Anda sukai dan dekat dengan dunia Anda. Misalnya Anda tipe romantis namun tidak menyukai bunga, maka sebaiknya jangan memulai bisnis bunga. Memulai bisnis dengan hal yang Anda sukai akan lebih mudah dan menyenangkan.

b. Siapkan modal

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan modal. Dalam hal ini modal bisa berupa tenaga, uang, pikiran, serta waktu. Manfaatkan barang-barang di sekitar serta minta bantuan keluarga serta teman-teman agar lebih menghemat modal uang dan tenaga.

c. Lakukan promosi

Langkah ketiga merupakan yang paling penting yaitu melakukan promosi. Jika ada uang berlebih, Anda bisa menyewa seorang profesional. Apabila modal terbatas, gunakanlah media sosial sebagai tempat promosi.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, kini Anda bisa menentukan manakah kepribadian yang paling sesuai dengan Anda. Dengan begitu, maka Anda bisa meminimalisir kegagalan karena kesalahan memilih jenis bisnis. Akan tetapi, kesuksesan sebuah bisnis bukan tidak ditentukan oleh kecocokannya dengan kepribadian Anda saja, lho. Jika ingin sukses, tentunya Anda harus tetap bekerja keras, konsisten, serta pantang menyerah. Selamat mencoba. 

Author