Manfaat Internet Untuk Keperluan Bisnis Online

Di zaman sekarang, internet telah menjadi kebutuhan masyarakat luas. Manfaat internet telah menyentuh seluruh aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, bisnis, dan lain dan sebagainya. Pada tulisan kali ini, akan dibahas tentang manfaat internet untuk keperluan bisnis.

Tidak dipungkiri bahwa dunia bisnis telah mengalami perkembangan yang sangat pesat berkat adanya internet. Internet telah memperluas jangkauan bisnis yang semula hanya di tingkat lokal menjadi tingkat global. Hal ini dapat diketahui dari masifnya sistem penjualan berbasis online.

internet untuk keperluan bisnis

Perkembangan Dunia Bisnis Berkat Internet

Cara berbisnis kini telah mengalami revolusi yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Jika dulu masyarakat berdagang dengan cara konvensional, saat ini metode berdagang juga didukung dengan sistem online.

Sudah banyak perusahaan kecil maupun besar yang telah memanfaatkan internet untuk menunjang bisnis. Bahkan, internet dijadikan sebagai elemen utama dalam melakukan bisnis online.

Berbagai perusahaan yang menerapkan sistem dagang online sudah menggabungkan situs mereka secara back-office, misalnya seperti database, kontrol stok, paket akuntansi dan penelusuran pelanggan. Metode ini mampu meminimalisir tarif administrasi dan memaksimalkan layanan konsumen dengan menyuguhkan informasi yang mudah dan cepat.

Internet untuk keperluan bisnis mempunyai berbagai daya tarik bagi para konsumen dan juga perusahaan karena berperan sebagai media yang mutakhir. Alat ini mendukung kinerja e-commerce (electronic commerce), sehingga tidak heran jika bisnis dapat mengalami pertumbuhan yang pesat.

Cara kerja internet yang sederhana yaitu dengan membangun homepage dan melayani pemesanan produk secara online. Pengusaha bidang apapun yang telah melakukan bisnis secara e-commerce dapat disebut sebagai pemasar global karena jangkauan konsumen menjadi tidak terbatas.

Internet membantu pengusaha untuk membangun interaksi yang potensial dengan para konsumen, baik di tingkat lokal maupun global. Interaksi yang dibangun oleh pengusaha dapat meningkatkan brand loyal relationships. Dengan begitu, maka dapat dipastikan bahwa kehadiran internet telah memudahkan kinerja marketing atau pemasaran.

Dapat memudahkan manajemen dalam mengembangkan usaha lebih efisien.

Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola keuangan untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda secara online.

Manfaat Internet Untuk Keperluan Bisnis

Inilah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh para pengusaha dengan kehadiran internet:

  1. Melancarkan Komunikasi

Manfaat internet untuk keperluan bisnis yang yang pertama yaitu dapat melancarkan komunikasi. Hal ini tidak dipungkiri lantaran internet menjadi portal dunia virtual bagi para pengguna smartphone atau PC. Internet seakan dapat mendekatkan orang-orang yang berada dalam jarak yang jauh, sehingga komunikasi dapat dilakukan dengan real-time.

Dengan adanya internet untuk keperluan bisnis, maka komunikasi dengan konsumen atau calon konsumen bisa berjalan lebih lancar. Selain itu, kemungkinan terjadinya salah paham antara kedua pihak jug dapat diatasi dengan mudah.

Seorang pengusaha hendaknya berpikir secara visioner, bahwa komunikasi yang lancar dapat membangun kredibilitas bagi perusahaan. Jika mampu memperoleh kepercayaan dari para target market, maka strategi promosi lebih mudah untuk diterima.

  1. Analisis Produk dan Pasar

Jika baru memulai bisnis, seorang pengusaha membutuhkan banyak referensi untuk memasarkan produknya. Dalam hal ini, internet menjadi kunci penting untuk mengakses informasi dengan cepat.

Dengan mengunjungi website atau blog, maka Anda bisa menerapkan riset pemasaran kecil-kecilan dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Analisis pasar akan mendorong seorang pengusaha untuk memperoleh ide brilian dalam mengembangkan usaha yang sesuai dengan ekspektasi konsumen.

  1. Tempat Bertemunya Pencari Karyawan, Pencari Kerja, dan Investor

Manfaat internet untuk keperluan bisnis yang berikutnya yaitu sebagai tempat bertemunya pencari karyawan, pencari kerja, dab investor. Ketiga Sumber Daya Manusia (SDM) ini dapat bertemu di satu tempat atau forum virtual.

Bagi pengusaha, mengiklankan lowongan kerja tidak lagi sulit karena dapat mengunggahnya di media sosial dan menyebarluaskannya dengan menjaring akun-akun media sosial untuk pencari kerja. Hal ini juga berdampak positif bagi pencari kerja karena tidak perlu pergi ke sana dan kemari untuk menemukan pekerjaan yang tepat.

Cukup mencari informasi sampai ke akar-akarnya melalui media sosial dan website. Maka, pencari kerja dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, bakar, atau minatnya.

Hal ini juga berdampak baik bagi pengusaha yang membutuhkan investor sebagai penyedia modal. Sebaliknya, investor juga dapat mencari dan menemukan ladang strategis untuk menanamkan modal dan memanen keuntungan di waktu mendatang.

  1. Menyebar dan Mengakses Informasi

Internet untuk keperluan bisnis menjadi wadah yang paling efektif dalam menyebar dan mengakses informasi dibanding media lainnya. Ketika memanfaatkan internet, informasi yang dibagikan cenderung akan lebih cepat sampai kepada orang lain dibanding menggunakan pos atau fax.

Apalagi jika situs perusahaan dilengkapi dengan fitur chat, maka akan semakin memudahkan konsumen untuk menanyakan tentang produk yang Anda jual.

  1. Mengirim dan Menerima Dokumen

Tidak dipungkiri, keberadaan internet memudahkan karyawan ataupun partner bisnis untuk saling bertukar dokumen melalui pesan elektronik. Dalam dunia bisnis, pastinya dokumen menjadi salah satu unsur penting yang memuat data atau informasi tertentu.

Umumnya, sesama karyawan atau partner bisnis akan memanfaatkan email untuk mengirim atau menerima dokumen dalam bentuk soft file. Dokumen ini nantinya juga bisa dicetak atau disimpan di folder yang aman.

Dengan mengirim dokumen melalui email, maka Anda hanya membutuhkan waktu selama beberapa detik saja untuk bisa sampai ke alamat surel yang dituju. Lain halnya jika mengirim dokumen melalui jasa ekspedisi yang memakan waktu cukup lama dan perlu mengeluarkan biaya dalam pengirimannya.

  1. Promosi Lebih Efisien

Manfaat internet untuk keperluan bisnis yang kedua yakni dapat menjadi metode promosi yang mudah dan murah. Di zaman sekarang, sudah banyak brand yang mengalihkan promosi yang semula Melalui TV, kini menjadi melalui internet. Hal ini karena berpromosi secara online dinilai lebih efektif untuk merangkul banyak target konsumen.

Anda juga bisa membandingkan secara kasar biaya yang diperlukan untuk mencetak dan memasang iklan konvensional. Contohnya seperti baliho, spanduk, pamflet, poster, dan lain sebagainya.

Pastinya, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk melakukan sistem iklan yang demikian. Namun, sayangnya biaya yang dikeluarkan belum tentu sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Jika ditelisik lebih lanjut, promosi di media sosial jauh lebih efektif karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Cukup berikan informasi tentang keunggulan produk Anda dan kemas informasi tersebut secara menarik, maka konsumen akan mudah melirik produk yang dipromosikan tersebut.

Jika ingin hasil internet untuk keperluan bisnis lebih ampuh lagi, maka Anda bisa mengeluarkan budget mulai Rp80 ribu sampah Rp2 juta. Hal ini juga tergantung dengan opsi promosi yang Anda pilih.

Umumnya, semakin tinggi harga iklan di media sosial, semakin luas jangkauan konsumen yang akan diraih. Meskipun demikian, hal ini terserah pada keputusan Anda untuk memakai sistem promosi yang gratis atau berbayar.

  1. Promosi Lebih Inovatif

Telah disinggung sedikit sebelumnya, bahwa internet dapat memudahkan pengusaha dalam melakukan promosi. Secara tidak langsung, internet dapat mengasah kemampuan promosi untuk lebih inovatif.

Promosi online dapat dilakukan dengan membuat konten yang menarik dan bermanfaat. Ada beberapa metode yang bisa dipilih oleh pengusaha, yakni promosi secara soft selling atau hard selling.

Jika memilih soft selling, maka promosi dilakukan dengan menyampaikan informasi bermanfaat yang diiringi dengan penawaran yang ringan. Namun, jika memilih metode hard selling, maka promosi dilakukan secara penuh dengan mengutarakan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Konten ini nantinya dapat diunggah di website dan di media sosial agar lebih efektif dalam menjangkau target konsumen. Selain itu, jangan lupa untuk menyematkan gambar atau video kreatif yang relevan.

Mengapa perlu membuat konten? Hal ini karena konten adalah salah satu senjata ampuh untuk memikat calon konsumen. Oleh karena itu, kunci sukses dan larisnya sebuah produk adalah dengan mengoptimalkan konten promosi yang diunggah di media sosial.

  1. Bisnis Dapat Berlangsung  24 Jam

Manfaat internet untuk keperluan bisnis yang selanjutnya yakni mendukung pengusaha untuk melakukan bisnis selama 24 jam. Jika menjalankan bisnis di pasar atau di pusat perbelanjaan, tentu ada jam buka dan tutup sesuai standar operasional yang berlaku.

Dengan begitu, maka kekurangannya adalah pengusaha tidak dapat meraih keuntungan dalam jangka waktu yang lama karena jam operasionalnya dibatasi. Dengan memakai internet, maka bisnis yang dijalankan dapat beroperasi selama 24 jam.

Contoh dari internet untuk keperluan bisnis, jika Anda memakai situs web atau marketplace dalam menjual produk, maka barang tersebut bisa di-check out kapan saja oleh pelanggan meskipun Anda sedang tidak aktif. Hanya saja, yang perlu dilakukan yakni mengecek notifikasi secara rutin agar konsumen yang melakukan order barang dapat segera dilayani.

  1. Keberhasilan Bisa Diukur

Manfaat Internet untuk keperluan bisnis yang berikutnya yaitu dapat mengukur keberhasilan suatu strategi bisnis. Contohnya, jika Anda melakukan iklan atau publisitas selama satu bulan, maka Anda dapat mengetahui keberhasilan dari data yang tercatat di aplikasi.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis yang tepat untuk strategi marketing yang berikutnya. Perlu diketahui bahwa data yang ada di aplikasi ditampilkan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu mengolahnya lagi.

Anda dapat mengamati kemajuan bisnis dan marketing yang dijalankan setiap hari, sehingga revisi di tengah jalan memungminkan untuk dilakukan. Jika angka penjualan terus mengalami penurunan, maka Anda bisa segera melakukan evaluasi.

internet untuk keperluan bisnis

Aplikasi Internet Untuk Keperluan Bisnis

Ada tujuh bidang utama aplikasi internet untuk keperluan bisnis. Apa saja aplikasi tersebut? Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Content Based Sites

Content Based sites merupakan salah satu unsur dalam strategi pemasaran global yang mengharuskan pengguna untuk membayar biaya keanggotaan atau membership fee untuk bisa memperoleh akses ke dalam situs yang bersangkutan. Contoh aplikasi dari unsur ini yaitu e-commerce.

  1. Yellow Pages

Yellow pages merupakan salah satu bidang pemasaran global yang menyuguhkan informasi penting yang berasal dari seluruh pelaku bisnis yang berhasil terindeks. Tools ini memudahkan para konsumen dalam melakukan order.

Yellow pages juga termasuk platform berbentuk website atau aplikasi yang bertujuan untuk membantu bisnis secara abstrak untuk melakukan aktivitas pemasaran, analisa data, optimisasi, memaksimalkan pengetahuan dan produktivitas bisnis dengan media online atau internet.

Ada beragam fitur yang disajikan dalam Yellow Pages, yakni seperti inkuiri dan SMS Melalui dashboard, direktori bisnis dan produk yang SEO friendly, pemantauan traffic pengunjung, halaman profil bisnis yang terpercaya, dan lain sebagainya.

  1. Web Traffic Control

Bagi Anda yang ingin mengetahui seberapa besar jumlah traffic di website perusahaan Anda, maka gunakanlah web traffic control sebagai alternatifnya.

Traffic itu sendiri merupakan jumlah pengunjung yang membuka situs Anda. Ketika ada pengunjung yang membuka website, maka jumlah traffic akan bertambah.

Tidak dipungkiri, traffic menjadi salah satu unsur terpenting dalam menjalankan bisnis online berbasis website. Salah satu manfaat menerapkan tools ini adalah dapat mengetahui seberapa berhasilnya optimasi situs pada search engine.

Melalui tools ini, maka bisa juga dijadikan sebagai konversi usaha, branding perusahaan, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mengelolanya dengan efektif saja.

Agar dapat mengecek traffic website, maka dibutuhkan tools yang dapat menjadi support system untuk melihat visitor website. Beberapa tools web traffic control yaitu Google Analytics, SimilarWeb, Alexa Ranking, Ubersuggest, Ahrefs, dan lain sebagainya.

  1. Standard websites

Standar website adalah unsur yang mengacu pada spesifikasi teknologi dan metodologi secara normatif. Bisa dikatakan bahwa standar ini merupakan seperangkat syarat yang didefinisikan dan perlu diwujudkan sebagai perangkat formal dan teknis untuk menentukan dimensi web di seluruh dunia.

Unsur internet untuk keperluan bisnis ini bukan hanya ideal dari segi teknisnya, tetapi juga dapat mewakili kebutuhan pengguna. Standar web disusun secara cermat dengan tujuan agar web tersebut dapat diakses oleh seluruh pengguna internet dengan berbagai jenis perangkat yang mereka gunakan.

Selain itu, standar website dilakukan agar website tetap dapat relevan dan kompatibel di masa sekarang dan yang akan datang. Jadi, meskipun perangkat yang digunakan berbeda-beda, namun website Anda tetap bisa diakses karena menggunakan standar web yang relevan dengan berbagai jenis software dan hardware. Standar web yang umum untuk bisnis berupa halaman utama (home pages), alamat email, dan customer service  contact.

  1. Business to Business Links

Business to business Links atau yang biasa disingkat sebagai B2B merupakan suatu model transaksi antar bisnis yang melibatkan produsen dengan grosir atau grosir dengan pedagang.

Secara umum, B2B merupakan suatu bentuk bisnis yang dilakukan antarperusahaan dan bukan antara perusahaan dengan konsumen individu. Transaksi business to business merupakan suatu hal yang umum dalam rantai pasokan barang.

Hal ini karena perusahaan membeli alat dan bahan baku untuk diolah dan diproduksi dalam proses manufaktur. Kemudian, barang yang telah Jadi bisa dijual kepada setiap individu melalui transaksi perdagangan ke konsumen.

Dalam kerangka komunikasi, business to business merujuk pada sebuah metode, di mana staf karyawan dari perusahaan yang berbeda bisa terkoneksi satu sama lain. Contoh konkretnya yaitu melalui website dan media sosial.

Model komunikasi antar karyawan dari perusahaan yang berbeda inilah yang disebut dengan komunikasi B2B. Perlu diketahui bahwa perusahaan B2B tersebar di berbagai jenis industri, mulai dari ritel, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis perusahaan terdapat B2B, sehingga Anda bisa memastikan bahwa sejumlah pemasok B2B termasuk perusahaan yang kredibel dan aktif.

Setiap perusahaan Business to Consument (B2C) memerlukan produk, jasa, dan konsultasi profesional dari pihak ahli, sehingga setiap perusahaan B2C past menghasilkan kegiatan B2B.

Contoh kegiatan B2B di dunia nyata sangat banyak dan lebih mudah terlihat dari apa yang Anda pikirkan. Misalnya, sebuah perusahaan penyimpanan file cloud Dropbox memberikan layanan bisnis secara kelompok maupun perorangan.

Lalu, perusahaan General Electric tidak hanya menghasilkan beragam barang, tetapi juga menghadirkan suku cadang untuk dibeli perusahaan lain. Branding dan marketing barang atau jasa B2B memerlukan pendekatan yang cukup unik.

Berbeda halnya dengan perusahaan B2C, target audiens Dari B2B bukan konsumen, melainkan perusahaan lain. Artinya, pemasar B2B harus berkomunikasi secara langsung dengan pihak yang bertanggung jawab atas  proses penentuan keputusan.

  1. Community Sites

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia pasti perlu bersosialisasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan bergabung ke dalam komunitas. Dengan adanya internet untuk keperluan bisnis, kini setiap orang semakin mudah untuk terhubung dengan orang lain.

Community sites merupakan tempat berkumpulnya orang yang ingin berinteraksi atau bersosialisasi melalui sebuah komunitas. Setiap user berkesempatan untuk saling bertukar wawasan atau informasi hingga membangun grup-grup untuk bersosialisasi. Singkatnya, community sites menyerupai forum ruang obrolan yang khusus diakses oleh kelompok tertentu.

Contoh brand yang mempunyai komunitas yang cukup besar adalah Nike. Setidaknya, Nike mempunyai halaman Facebook yang disukai oleh lebih Dari 33 juta pengguna. Dengan begitu, para pengikut akun tersebut dapat menikmati berbagai konten dan layanan khusus dari Nike.

Pastinya, konten-konten yang disuguhkan sangat menarik dan bermanfaat, seperti quotes,  games, give away, foto, video dan konten-konten lainnya. Melalui beragam konten tersebut, Nike dapat lebih mudah menjangkau para audiens dan menciptakan citra tertentu.

  1. Information Sites

Information Sites yang dimaksud di sini tidak mempunyai fungsi komersial secara langsung. Unsur ini lebih berfokus pada aspek pengemasan informasi. Contohnya seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Survei Indonesia, dan lain sebagainya.

Sebagai pengusaha yang melek informasi, sudah selayaknya Anda memanfaatkan data dan fakta yang ada di lapangan untuk menemukan peluang dalam berbisnis. Seperti yang diketahui, bahwa unsur eksternal juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Dengan adanya internet untuk keperluan bisnis, maka data-data yang didapatkan dari lembaga survei yang berkaitan dengan bisnis bisa dijadikan sebagai latar belakang dalam menentukan keputusan demi keberlangsungan perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai internet yang berguna untuk bisnis. Penggunaan internet juga berfungsi untuk sebuah akuntansi online yang terdapat di sebuah program akuntansi untuk membantu proses bisnis Anda. Anda dapat mencobanya gratis sekarang!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo