Sekilas Tentang Produksi Marginal Beserta Cara Menghitungnya

Menggunakan marginal product atau produksi marginal membuat bisnis bisa memastikan bahwa sumber daya digunakan dengan lebih efisien.

Penggunaan alat yang sederhana seperti produksi marginal ini akan membantu perusahaan tetap efisien dalam hal kinerja dan juga biaya. Berikut adalah beberapa info penting tentang produksi marginal yang harus diketahui.

produksi marginal adalah

Apa Itu Marginal Produk

Perkembangan bisnis dan perusahaan harus mempunyai dasar yang jelas. Dasar yang digunakan biasanya akan berdasarkan dengan data yang tepat dan jelas. Sehingga perlu adanya metode perhitungan yang sesuai dan bisa digunakan sebagai dasar parameter. Salah satu metode perhitungan yang digunakan adalah sistem produk marjinal.

Produksi marginal atau produk marjinal merupakan formula yang akan digunakan untuk menentukan faktor produksi bisnis lainnya dalam suatu perusahaan. Faktor yang menentukan bisnis tersebut antara lain seperti modal, tanah, tenaga kerja, mesin dan aspek lain yang akan secara langsung mempengaruhi produksi perusahaan.

Bila suatu elemen atau faktor dalam produksi ditingkatkan, maka jumlah produksi tersebut otomatis akan meningkat. Sehingga perlu ada cara perhitungan atau pengukuran level peningkatan bisnis tersebut. Perhitungan peningkatan dengan cara produksi marginal bisa berdasarkan biaya atau pendapatan agar menambah nilai suatu produk yang dihasilkan.

Banyak alasan mengapa konsep perhitungan menggunakan marginal produk ini harus digunakan perusahaan. Selain untuk mengembangkan bisnis, perhitungan ini juga mempunyai banyak manfaat untuk perusahaan. Dibawah ini adalah beberapa ulasan tentang pentingnya marginal produk dan bagaimana cara menghitungnya.

Mengapa Konsep Marginal Produk Penting Dalam Bisnis

1. Mengukur produktivitas perusahaan

Produk marjinal adalah salah satu metode perhitungan yang digunakan untuk menentukan produksi perusahaan. Dengan menggunakan metode perhitungan ini mempunyai banyak manfaat penting untuk menjalankan bisnis. Salah satunya adalah untuk mengukur tingkat produktivitas suatu perusahaan.

Perhitungan yang dihasilkan dengan menggunakan metode produksi marginal ini akan membuat perusahaan lebih mampu mengukur apakah tingkat produktivitas karyawan dan bisnis sudah seimbang. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai dasar apakah kinerja perusahaan sudah efisien atau malah perlu ditingkatkan kembali.

2. Dasar pengambilan keputusan perusahaan

Selain dijadikan sebagai dasar pengukuran produktivitas dan efektivitas perusahaan, penggunaan konsep perhitungan produk marginal juga bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan perusahaan. Keputusan perusahaan yang penting untuk diambil biasanya akan berkaitan dengan penambahan karyawan atau besar anggaran yang akan digunakan.

Dengan dasar perhitungan produk marginal yang tepat, maka keputusan terkait penambahan karyawan perusahaan akan bisa dilakukan lebih efisien. Selain itu, perusahaan juga bisa menyesuaikan jumlah karyawan yang akan ditambahkan dengan banyaknya modal atau biaya yang akan diperlukan untuk menambah jumlah karyawan.

3. Dasar makroekonomi

Salah satu alasan mengapa konsep produksi marginal penting digunakan dalam perusahaan lainnya adalah sebagai dasar mikroekonomi. Salah satu konsep ini bisa digunakan dalam menjabarkan dan menjelaskan tentang fungsi produksi ekonomi untuk memperkirakan tentang penawaran PDB potensial.

Dengan penggunaan konsep perhitungan produk marginal akan membuat perusahaan bisa menentukan banyak kebijakan terkait produksi. Produksi perusahaan akan meningkat dengan mempertimbangkan sumber daya yang digunakan. Selain itu, dengan perhitungan yang tepat maka biaya yang dikeluarkan juga bisa dihitung lebih tepat.

4. Dasar peningkatan stok dan modal

Stok dan modal merupakan faktor penting dalam menentukan keberlangsungan bisnis perusahaan. Kedua faktor ini perlu dipikirkan dengan matang agar tidak berlebihan atau malah kekurangan. Salah satu cara agar mengetahui perhitungan stok dan modal yang tepat adalah dengan menghitung menggunakan rumus produk marginal.

Dengan perhitungan produksi marginal yang tepat, maka perusahaan akan bisa menentukan stok dan modal dengan lebih tepat dan efisien. Bila perusahaan akan memutuskan untuk menambah sumber daya dan juga modal yang digunakan, maka perhitungan marginal produk ini bisa menjadi dasar yang tepat dan lebih jelas.

Proses perhitungan dengan menggunakan metode marginal produk ini tak hanya bisa dilakukan secara manual, namun juga bisa dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Sudah tersedia banyak aplikasi penunjang proses administrasi perusahaan yang akan memudahkan dalam melakukan perhitungan seperti di Jurnal.id.

Langkah Mudah Menghitung Marginal Produk

1. Rumus menghitung produk marjinal

Metode perhitungan tentang produk marjinal bisa dilakukan dengan menggunakan suatu rumus. Rumus yang digunakan ini merupakan patokan dasar yang tepat untuk menghitung produksi perusahaan sehingga hasilnya akan lebih efektif. Baik dalam efektifitas penggunaan sumber daya sekaligus masalah biaya.

Langkah pertama produksi marginal adalah dengan mengetahui rumus perhitungan yang akan digunakan. Rumus perhitungan produk marginal yang digunakan adalah  (Q^n – Q^n-1) / (L^n – L^n-1). namun sebelum menggunakan rumus ini, anda tentu harus mengetahui apa itu Q^n, Q^n-1, L^n dan L^n-1 sehingga akan mudah memasukkan faktornya.

2. Identifikasi Q^n

Hal pertama yang harus diketahui adalah Q^n. Q^n merupakan  total waktu produksi pada n sedangkan n adalah total waktu yang dibutuhkan produksi barang perusahaan. Sebagai contoh adalah bila suatu perusahaan mempunyai dua karyawan yang mampu memproduksi 15 barang dalam waktu satu jam.

Namun bila perusahaan tersebut mempekerjakan satu karyawan lagi maka otomatis jumlah produksi akan meningkat. Bila ditambah 1 karyawan lagi maka produksi barang bisa meningkat hingga 22 barang. Maka perhitungan Q^n adalah 22, yang merupakan jumlah total produksi barang yang bisa dibuat per jam saat ini.

3. Identifikasi Q^n-1

Langkah berikutnya dalam produksi marginal adalah dengan mengidentifikasi Q^n – 1. Q^n – 1 adalah waktu total yang dibutuhkan pada n-1. Sedangkan n-1 adalah jumlah total waktu yang diperlukan dalam produksi sebelumnya. Sehingga Q^n-1 adalah 15, setara dengan jumlah barang yang bisa dibuat dalam waktu satu jam sebelum ada tambahan karyawan yang masuk.

Waktu yang dibutuhkan dalam setiap produksi yang dilakukan ini merupakan faktor yang penting dalam menentukan kinerja bisnis perusahaan. Semakin cepat waktu produksi maka tingkat efisien dalam produksi juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu banyak perusahaan yang mulai menginvestasikan produksinya menggunakan mesin berteknologi.

4. Identifikasi L^n

Langkah berikutnya adalah dengan menentukan L^n.  L^n  merupakan jumlah total karyawan yang sedang melakukan produksi pada waktu saat ini atau n. Bila dalam kasus diatas, maka jumlah karyawan yang sedang melakukan produksi berjumlah 3 orang. Setelah mengetahui hal tersebut maka anda bisa melanjutkannya ke langkah berikutnya.

Karyawan atau jumlah sumber daya yang digunakan ini juga merupakan salah satu faktor pendukung produksi marginal yang penting dalam produktivitas perusahaan. Jumlah karyawan yang digunakan harus dihitung dengan baik agar menghindari pemakaian sumber daya yang terlalu berlebihan sehingga akan mempengaruhi biaya yang digunakan.

5. Identifikasi L^n-1

L^n – 1 merupakan jumlah total karyawan yang melakukan pekerjaan produksi sebelum adanya penambahan. Bila dalam kasus diatas, maka jumlah karyawan yang dimaksud berjumlah 2 orang atau dengan perhitungan pada waktu n-1. Jangan sampai tertukar formula dan angka yang dimasukkan.

Banyak yang berpikir bahwa memperbanyak jumlah karyawan atau tenaga kerja bisa meningkatkan produktivitas. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena jumlah karyawan yang melakukan produksi semakin banyak belum tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan juga untuk bisnis perusahaan.

6. Cara hitung produk marjinal

Setelah mengetahui faktor diatas, maka langkah selanjutnya adalah dengan kembali ke rumus perhitungan pada langkah pertama. Menggunakan rumus (Q^n – Q^n-1) / (L^n – L^n-1), anda akan mengetahui berapa produksi marginal yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu barang. Bila dalam kasus diatas, rumus tersebut akan menemukan angka  (22 – 15) / (3 – 2).

Dari rumus diatas ditemukan angka 7, yang mana itu artinya bahwa bila karyawan untuk melakukan produksi ditambah 1 orang maka produk yang dihasilkan akan menjadi 7. Peningkatan jumlah produksi menjadi 7 ini bisa menjadi dasar perusahaan dalam melakukan pengembangan bisnis dan juga produksi.

Meningkatkan bisnis perusahaan bisa dilakukan secara bertahap. Dibekali dengan data dan analisis perhitungan yang jelas, maka tingkat produktivitas perusahaan bisa naik dan menghindari kerugian. Perhitungan marginal produk yang tepat juga bisa dijadikan sebagai langkah efisien dalam menghemat anggaran perusahaan.

7. Cara sederhana menghitung produk marjinal

Selain menggunakan rumus diatas, cara menghitung produksi marginal juga bisa menggunakan cara perhitungan yang lebih sederhana. Rumus yang digunakan adalah L^n – L^n – 1 yang hasilnya sering kali sama dengan 1. Rumus sederhana ini akan mengurangi kuantitas atau tingkat produksi dari sebelumnya.

Misalnya untuk contoh kasus perhitungan produk marjinal diatas. Jumlah produk yang dibuat per jam sebelumnya menggunakan dua karyawan adalah 15. Sedangkan jumlah produk yang dibuat per jam dengan tiga karyawan adalah 22. Maka 22 – 15 = 7. Cara ini adalah cara cepat untuk menghitung produk marginal lebih cepat.

Itulah cara menghitung nilai marginal produk dengan mudah. Cara tersebut bisa dilakukan baik secara manual maupun menggunakan bantuan aplikasi administrasi berbasis digital yang saat ini banyak digunakan perusahaan. Selain cara menghitung, info tentang faktor yang mempengaruhi nilai marginal produk juga penting untuk diketahui.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Marginal Produk

1. Tenaga kerja atau jumlah karyawan produksi

Mengembangkan bisnis perusahaan memang bukan cara yang bisa dicapai dengan mudah. Perlu proses dan juga usaha yang dilakukan secara berkelanjutan. Mengembangkan bisnis perusahaan dalam hal produksi juga merupakan salah satu hal yang penting. Sehingga dalam proses pengembangannya memerlukan pertimbangan yang jelas dengan produksi marginal.

Data dan analisis banyak dilakukan untuk menentukan formula bisnis yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perhitungan marginal produk. Sistem perhitungan ini mampu membantu perusahaan dalam menentukan perkembangan bisnis terutama untuk bagian produksi dan stock. Lihat bagaimana aplikasi stok membantu bisnis Anda.

Salah satu faktor yang dihitung menggunakan rumus ini adalah jumlah tenaga kerja. Berapa jumlah sumber daya yang akan digunakan untuk melakukan produksi merupakan hal yang harus dipertimbangkan secara teliti. Jangan sampai perhitungan karyawan yang akan digunakan berlebihan atau malah kekurangan.

Bila tidak dihitung secara tepat, maka bisa membuat efisiensi penggunaan tenaga kerja menjadi tidak seimbang. Pemborosan penggunaan tenaga kerja tak hanya akan berpengaruh pada tingkat produktivitas namun juga mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. Untuk mencegah hal ini maka sistem perhitungan produksi marginal banyak digunakan.

2. Modal atau biaya produksi

Faktor lainnya yang mempengaruhi perhitungan produksi marginal dengan tepat adalah modal atau biaya. Seperti yang sempat disinggung pada poin sebelumnya, bahwa penggunaan banyaknya tenaga kerja dalam produksi akan mempengaruhi besar modal atau biaya perusahaan yang akan dikeluarkan.

Modal atau biaya yang akan dikeluarkan perusahaan merupakan hal yang sensitif, sehingga perlu ketepatan dalam menghitungnya. Anggaran produksi suatu perusahaan yang dikeluarkan terlalu besar dan tidak sebanding dengan jumlah barang yang diproduksi tentu bisa membuat kerugian untuk perusahaan tersebut.

Pemborosan penggunaan biaya perusahaan tentu akan berakibat fatal untuk jalannya bisnis. Sehingga perlu adanya cara perhitungan yang tepat dan akurat dan bisa dijadikan sebagai dasar perusahaan dalam menetapkan kebijakan produksinya. Penggunaan rumus Produksi Marginal akan banyak membantu perusahaan lebih berkembang.

3. Mesin atau teknologi yang digunakan

Selain kedua faktor diatas, faktor lain produksi marginal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah alat atau teknologi yang digunakan. Teknologi industri saat ini sebagian besar sudah menggunakan mesin dan alat berbasis digital lainnya. Sehingga faktor mesin dan teknologi yang digunakan ini penting untuk masuk dalam pertimbangan bisnis.

Penggunaan mesin atau teknologi lainnya yang membantu jalannya produksi ini bisa membuat tingkat efektifitas dan produktifitas perusahaan meningkat. Banyak jenis dan macam mesin yang digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan produksinya. Jenis mesin yang digunakan juga harus disesuaikan dengan skala bisnisnya.

Misalnya untuk bisnis skala menengah, maka akan menggunakan jenis mesin yang mempunyai ukuran dan juga harga yang sesuai dengan anggaran. Namun untuk bisnis skala besar juga akan menggunakan jenis mesin yang sesuai dengan banyaknya produk yang akan diproduksi. Sehingga ukuran dan kapasitasnya bisa disesuaikan agar lebih efisien.

Selain itu, dengan dasar perhitungan produksi marginal yang tepat maka bisa dijadikan acuan perusahaan dalam menambah jumlah pekerja. modal hingga mesin yang akan digunakan. Penambahan sumber daya ini akan lebih efisien dan juga efektif sehingga tidak terjadi kelebihan atau bahkan kekurangan perhitungan bisnis.

produksi marginal adalah

Cara Meningkatkan Marginal Produk

Setelah mengetahui sekilas tentang pengertian dan bagaimana cara menghitungnya, maka perusahaan juga perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan nilai marginal produknya. Tips dan cara meningkatkan nilai produksi marginal ini mampu meningkatkan nilai efektifitas kinerja perusahaan agar lebih tinggi.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan melakukan penyesuaian kecil dan bertahap pada satu elemen produksi di satu waktu. Meningkatkan produksi hingga pendapatan perusahaan sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan langkah yang tepat. Sehingga, alangkah lebih baik bila menghindari cara cepat dengan tingkat produksi tinggi.

Peningkatan produksi bisa dilakukan bertahap dengan salah satu faktor yang mempengaruhi. Misalnya, bila perusahaan langsung melakukan penambahan tenaga kerja diiringi dengan penambahan jumlah modal secara langsung, maka tentu akan sulit untuk menentukan faktor produksi marginal mana yang memiliki dampak untuk meningkatkan produksi.

Sehingga, perusahaan bisa melakukan peningkatan salah satu faktor secara bertahap satu demi satu. Cara ini akan memudahkan perusahaan dalam menentukan faktor mana yang memang berpengaruh besar dalam proses peningkatan produksinya. Entah faktor tersebut adalah jumlah karyawan, jumlah modal ataupun jumlah mesin yang digunakan.

Cara meningkatkan nilai marginal produk secara bertahap ini juga akan mencegah kerugian yang bisa terjadi. Selain itu, meningkatkan faktor produksi secara ekstrem juga dapat mengakibatkan hilangnya uang. Keuntungan yang meningkat dari penambahan seorang karyawan haruslah lebih tinggi atau sama dengan anggaran untuk membayar karyawan baru tersebut.

Untuk itu, akan lebih baik untuk menghindari mempekerjakan banyak karyawan baru sekaligus. Bila dilakukan, maka hal ini bisa mengakibatkan pengeluaran yang lebih banyak untuk gaji daripada berfokus pada meningkatnya pendapatan perusahaan. Oleh karena itu perhitungan dengan metode produksi marginal diperlukan disini.

Lebih Efisien Dengan Bantuan Aplikasi Digital

Setelah mengetahui rumus dan pentingnya menggunakan marginal produk diatas, maka anda bisa mulai mengaplikasikannya untuk membantu mengembangkan bisnis perusahaan. Banyak cara untuk mengaplikasikan rumus marginal produk, baik menggunakan cara konvensional atau manual ataupu menggunakan bantuan aplikasi digital.

Penggunaan software akuntansi online serta aplikasi pembukuan akan membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dan bisnis. Aplikasi yang terintegrasi dengan banyak sistem ini mampu membantu mengembangkan bisnis tanpa batas seperti produksi marginal. Mekari Jurnal bisa menjadi salah satu pilihan dan solusi terbaik sebagai partner kinerja perusahaan.

Itulah beberapa informasi penting tentang marginal produk yang bisa anda ketahui. Tingkat produktivitas bisnis atau perusahaan bisa ditingkatkan bila mengetahui cara dan langkah yang benar. Sehingga penggunaan cara diatas akan membantu anda untuk mendapatkan nilai produksi yang lebih efisien namun juga efektif.

Kategori : Sistem Ekonomi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo