Lebih Mudah Kelola Transaksi Bisnis dengan Rekonsiliasi Otomatis dan Cashlink Transfer dari Jurnal

Proses jual beli barang atau jasa dalam perusahaan tak pernah lepas dari proses transaksi keuangan. Aktivitas transaksi biasanya dilakukan melalui transfer otomatis dengan aplikasi perbankan, seperti transfer pembayaran bahan baku kepada supplier. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi proses rekonsilasi untuk pembukuan perusahaan.

Jika merujuk pada hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Mastel, terdapat tiga model transaksi yang cukup populer di Indonesia. Pertama adalah transaksi melalui transfer ATM, diikuti dengan metode pembayaran di tempat (Cash on Delivery atau COD) dan yang terakhir adalah pembayaran melalui perangkat mobile seperti: internet banking, kartu kredit, SMS Banking, dan e-money.

Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul metode pembayaran baru di perangkat mobile yang bisa menjadi alternatif, seperti Cashlink Transfer dari Jurnal. Cashlink Transfer adalah fitur Jurnal yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer pembayaran ke rekening bank secara langsung. Transfer dilakukan melalui software Jurnal tanpa melalui mobile banking ataupun internet banking.

Bagaimana cara kerja transfer otomatis dengan Jurnal?

Saat ini, fitur Cashlink Transfer di Jurnal baru dapat digunakan oleh pemilik rekening Bank Mandiri saja, sebagai bentuk kerja sama pertama Jurnal dengan bank di Indonesia. Penggunaanya praktis dan terhubung dengan laporan keuangan serta rekonsiliasi bank di Jurnal. Semua transaksi akan direkap secara otomatis dan akurat.

1. Transfer otomatis dalam aplikasi

Melalui Cashlink Transfer di Jurnal, Anda dapat melakukan transfer uang untuk kegiatan bisnis langsung di dalam aplikasi. Cukup akses menu Kas dan Bank, lalu pilih nama akun yang dituju dan pada tab Transaksi di Jurnal pilih transaksi Bank Transfer yang ingin Anda proses. Selesaikan pembayaran dengan mengklik “Tindakan”, lalu pilih “Transfer Pembayaran”.

Semua transaksi akan otomatis terekam dalam laporan rekonsiliasi bank Anda. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi fungsi tambahan untuk melakukan duplikasi transfer, sehingga transfer berulang untuk kegiatan rutin Anda bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis.

Sebagai contoh, jika ada perpindahan sejumlah uang dari akun kas Anda sebesar Rp. 500.000 ke akun rekening bank Anda, Anda dapat langsung mencatat bukti transfer uang dari akun Kas ke akun Rekening Bank Anda sehingga nantinya akan ditampilkan dalam laporan keuangan Anda.

2. Pembayaran berkala dan terjadwal degan cashlink otomatis

Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperlancar kegiatan pembelian dari rekening yang terdaftar di Jurnal. Cukup mengaksesnya dari menu Pembelian dan pilih nomor invoice yang akan dibayarkan. Selanjutnya pilih “Tindakan”, lalu pilih “Transfer Pembayaran”.

Anda pun dapat membagi tipe pembayaran berdasarkan subjek penerima ke dalam Individual, Corporate, atau Government. Fitur ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas pelacakan pengeluaran dan cost control dengan lebih baik, karena mengetahui pos pengeluaran secara terperinci. 

Jurnal juga akan langsung mengupdate status pembayaran dan pembukuan perusahaan Anda secara otomatis. Hal ini memberikan lebih banyak ruang bagi business owner untuk  memonitor arus kas dan pengeluaran secara real-time, di mana saja dan kapan saja.

3. Proses transfer otomatis dan rekonsiliasi yang aman dan terlacak

Tidak perlu khawatir untuk menggunakan fitur Cashlink Transfer di Jurnal, karena standar keamanan yang terjaga dan terjamin. Dilengkapi dengan teknologi yang setara dengan standar keamanan industri perbankan. 

Jurnal menggunakan teknologi encryption AES-256 yang melindungi data Anda dari surveillance pihak tidak berwenang. Selain itu, Jurnal juga menjamin keamanan koneksi Anda melalui aplikasi Jurnal. Hal ini terbukti dengan diperolehnya 2056-bit SSL certificate dan ISO/IEC 27001 untuk produk ini yang menyatakan kualitas penjaminan keamanan data.

4. Perbendaan Hak Izin Akses untuk Transaksi yang Lebih Terkontrol

Terdapat dua role pada proses pembayaran menggunakan Cashlink Transfer Jurnal, yakni Maker dan Releaser. Pengguna akun Jurnal yang terdaftar sebagai Maker akan diberikan wewenang untuk membuat permohonan transfer untuk setiap transaksinya. Sementara akun dengan wewenang Releaser akan diberikan akses untuk meneruskan permohonan transfer yang dibuat oleh Maker untuk diproses di bank.

Nantinya, pengguna yang memiliki wewenang sebagai Releaser akan diminta untuk mengisikan kode OTP menggunakan Google Authenticator. Cukup dengan mengisikan kode OTP yang tersedia  dan kemudian Klik “Simpan dan transfer sekarang”, maka status transaksi berubah menjadi “Berhasil ditransfer”.

Fitur ini berguna juga sebagai proses berlapis untuk memberikan kontrol yang lebih baik terhadap setiap transaksi yang akan dilakukan. Anda juga dimungkinkan untuk melihat daftar permohonan pembayaran yang telah dilakukan untuk suatu faktur, Anda dapat masuk ke tab Daftar Pembayaran.

Namun sebelum menggunakan fitur Cashlink Transfer, pastikan Anda telah mengaktivasi fitur Direct Feeds/Cash Link pada akun bank yang akan digunakan untuk Cashlink Transfer. Ikuti panduan berikut untuk menggunakan mengaktifkan fitur ini. Anda juga dapat menghubungi Tim Support Jurnal melalui icon chat yang ada di pojok kanan bawah tampilan Jurnal. 


PUBLISHED09 Jul 2020
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: