Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit Untuk Bantu Pengambilan Keputusan

Tayang 27 Jul 2023
Diperbarui 02 Agustus 2023

Akuntansi manajemen rumah sakit mempermudah pengelolaan aktivitas keuangan yang  terjadi dalam kegiatan operasionalnya.

Mulai dari mengolah anggaran dan rencana keuangan, penentuan tarif layanan, hingga mengelola data pasien.

Adanya sistem akuntansi manajemen dalam rumah sakit membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis guna meningkatkan pengelolaan rumah sakit serta kualitas pelayanan pasien.

Anda juga harus dapat memahami pentingnya akuntansi manajemen rumah sakit, sebab masing-masing industri memiliki karakteristik praktik akuntansinya masing-masing.

Berikut Blog by Mekari Jurnal akan membahas lebih lanjut mengenai sistem akuntansi manajemen rumah sakit.

Pengertian Sistem Akuntansi Manajemen

Sistem akuntansi manajemen adalah suatu rangkaian prosedur yang berkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial suatu perusahaan.

Rangkaian prosedur tersebut termasuk teknik dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan mengolah, menganalisis, dan menyajikan informasi akuntansi yang relevan guna membantu proses pengambilan keputusan manajerial.

Tujuan dari adanya sistem ini adalah untuk membantu manajemen dalam aktivitas perencanaan, pengendalian, dan evaluasi kinerja perusahaan.

Dalam konteks rumah sakit, sistem akuntansi manajemen berperan dalam juga berperan dalam mengelola informasi keuangan maupun non-keuangan yang relevan dalam operasional rumah sakit.

Rumah sakit juga harus membuat berbagai laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan neraca, laporan operasional, dan catatan atas laporan keuangan.

Pengelolaan akuntansi manajemen rumah sakit juga harus mengikuti standar akuntansi yang berlaku, juga standar dan aturan yang berlaku dalam industri kesehatan.

Manfaat Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh melalui penerapan akuntansi manajemen rumah sakit yang tepat, di antaranya:

  • Memantau dan mengendalikan biaya operasional rumah sakit untuk mengoptimalkan anggaran usaha.
  • Menyediakan informasi seputar rumah sakit terhadap pihak eksternal terkait seperti manajemen, pemegang saham, dan badan regulasi.
  • Meningkatkan efisiensi operasional melalui pengukuran dan analisa kerja.
  • Pengelolaan inventaris stok ketersediaan barang industri kesehatan yang penting bagi operasional rumah sakit.
  • Sebagai dasar untuk melakukan pengambilan keputusan strategis baik untuk keuangan maupun non-keuangan.

Komponen-komponen Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Institusi kesehatan seperti rumah sakit memiliki karakteristik dan kompleksitasnya tersendiri dalam mengelola akuntansi.

Berikut adalah beberapa komponen yang mencakup seluruh sistem dalam akuntansi manajemen rumah sakit:

Anggaran dan Perencanaan Keuangan

Sistem manajemen membantu proses perencanaan anggaran belanja dan operasional bisnis.

Anggaran yang tepat guna dapat mengalokasikan sumber daya yang efektif dan efisien.

Komponen-komponen Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Pengumpulan Data dan Informasi

Komponen pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber di dalam rumah sakit.

Mencakup data keuangan dan non-keuangan yang relevan dengan operasional rumah sakit, seperti penerimaan pasien, biaya perawatan, persediaan obat, dan data pelayanan medis lainnya.

Pencatatan Pelayanan Medis

Komponen ini mencatat setiap pelayanan medis yang diberikan kepada pasien, mulai dari diagnosa, prosedur medis, penggunaan obat-obatan, dan tindakan lainnya.

Informasi ini kemudian membantu dalam pelaporan kinerja pelayanan medis dan penentuan biaya perawatan.

Manajemen Biaya

Mengelola pengeluaran dan biaya yang berhubungan dengan operasional, seperti biaya obat-obatan, peralatan medis, dan biaya staf.

Penentuan Tarif Layanan

Adanya sistem akuntansi manajemen dapat membantu dalam menetapkan tarif layanan medis yang sesuai dengan biaya dan kualitas layanan yang diberikan.

Sistem Pelaporan Keuangan

Komponen yang mencakup pelaporan keuangan serta laporan kinerja operasional rumah sakit.

Laporan ini memberikan informasi kepada pihak eksternal terkait mengenai pendapatan, biaya, laba/rugi, serta indikator kinerja operasional dan pelayanan.

Pengukuran dan Analisis Kinerja

Sistem ini dapat mencakup indikator kinerja operasional, pelayanan medis, dan keuangan.

Analisis ini membantu manajemen dalam mengidentifikasi masalah, mencari solusi, dan meningkatkan efisiensi serta kualitas pelayanan.

Pengelolaan Stok dan Persediaan

Komponen ini mencakup manajemen persediaan obat-obatan, peralatan medis, dan inventaris aset.

Pengelolaan ini dalam membantu memantau stok dan menghindari kekurangan persediaan barang yang cukup vital bagi industri kesehatan.

Itulah komponen-komponen yang penting dalam akuntansi manajemen rumah sakit yang saling mendukung dan saling berkaitan.

Melalui komponen tersebut, Anda dapat memantau dan mengumpulkan data guna kebutuhan pengambilan keputusan yang tepat dan strategis.

Contoh Penerapan Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Penerapan Sistem Akuntansi Manajemen dalam pengendalian biaya operasional akan membantu rumah sakit untuk menjadi lebih efisien dalam penggunaan sumber daya dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Lalu, bagaimana penerapan akuntansi manajemen yang efisien dalam konteks rumah sakit? Berikut beberapa contoh penerapannya:

Pengelolaan Biaya Perawatan Pasien

Sistem Akuntansi Manajemen dapat membantu rumah sakit dalam mengelola biaya perawatan pasien dengan lebih efisien.

Rumah sakit dapat melacak biaya-biaya yang terkait dengan perawatan masing-masing pasien, termasuk biaya obat-obatan, pelayanan laboratorium, prosedur medis, dan lainnya.

Informasi ini dapat membantu manajemen dalam mengidentifikasi pasien dengan biaya perawatan yang tinggi dan mencari cara untuk mengurangi biaya tersebut tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

Pemantauan Biaya Peralatan Medis

Sistem Akuntansi Manajemen dapat membantu rumah sakit dalam memantau biaya peralatan medis yang dibutuhkan.

Dengan sistem ini, rumah sakit dapat melacak biaya pembelian, biaya pemeliharaan, dan biaya operasional peralatan medis.

Informasi ini memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi peralatan yang memerlukan biaya pemeliharaan yang tinggi atau yang tidak digunakan secara efisien, sehingga dapat diambil tindakan yang sesuai, seperti perbaikan atau penggantian.

Contoh Penerapan Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Analisis Pelayanan dan Permintaan

Sistem Akuntansi Manajemen dapat membantu dalam menganalisis permintaan dan pelayanan.

Rumah sakit dapat menggunakan data dan informasi dari sistem ini untuk mengidentifikasi tren permintaan layanan kesehatan tertentu, mengantisipasi kebutuhan masyarakat, dan menyesuaikan pelayanan agar lebih responsif terhadap kebutuhan pasien.

Pengelolaan Persediaan dan Stok Medis

Sistem Akuntansi Manajemen dapat membantu dalam mengelola persediaan obat dan peralatan medis.

Rumah sakit dapat menggunakan sistem ini untuk melacak tingkat persediaan, memantau aliran persediaan masuk dan keluar, serta menganalisis biaya persediaan.

Dengan informasi yang akurat, rumah sakit dapat menghindari pemborosan, meminimalkan risiko kekurangan stok, dan mengoptimalkan penggunaan persediaan.

Analisis Biaya Perawatan Pasien

Sistem Akuntansi Manajemen dapat membantu dalam menganalisis biaya perawatan pasien secara individual.

Rumah sakit dapat melacak biaya-biaya yang terkait dengan perawatan masing-masing pasien, termasuk biaya pemeriksaan medis, biaya pelayanan konsultasi, dan biaya obat-obatan.

Informasi ini memungkinkan rumah sakit untuk mengidentifikasi pasien yang memerlukan biaya perawatan yang tinggi dan mencari cara untuk mengurangi biaya tersebut tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

Evaluasi Kinerja Staf dan Operasional

Sistem Akuntansi Manajemen dapat membantu dalam mengevaluasi kinerja operasional rumah sakit secara keseluruhan.

Melalui sistem ini, rumah sakit dapat melacak dan menganalisis indikator kinerja operasional seperti rasio biaya-pendapatan, tingkat penggunaan fasilitas, dan efisiensi operasional.

Rumah sakit juga rumah sakit dapat melacak jam kerja staf, beban kerja di setiap departemen, dan jumlah staf yang dibutuhkan untuk setiap layanan.

Informasi ini memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dalam pengendalian biaya operasional dan memastikan pelayanan yang optimal tanpa meningkatkan biaya yang tidak perlu.

Tantangan dalam Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Tantangan dalam Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit

Sampai saat ini, mengimplementasi sistem akuntansi manajemen rumah sakit masih menemukan banyak tantangan.

Baik dari faktor internal maupun eksternal dapat mempengaruhi upaya penerapan yang efektif.

Faktor eksternal yang mempengaruhi antara lain persaingan yang cukup ketat dalam industri kesehatan dan perkembangan revolusi industri 4.0.

Berikut beberapa tantangan lain yang perlu Anda hadapi dalam mempersiapkan sistem akuntansi manajemen rumah sakit yang efektif dan efisien:

  • Struktur Operasional yang Kompleks: Struktur organisasi yang kompleks dengan unit, departemen, dan sistem yang berbeda menyulitkan proses menyatukan data dan informasi yang konsisten pada seluruh bagian rumah sakit.
  • Ketersediaan Sumber Daya: Perkembangan revolusi industri 4.0 dalam industri kesehatan memerlukan investasi yang lebih besar baik dalam waktu, tenaga dan anggaran yang diperlukan untuk operasional rumah sakit agar dapat mengikuti perkembangan.
  • Tambahan Biaya Anggaran: Modernisasi industri dan layanan pada akhirnya memerlukan biaya anggaran tambahan untuk keperluan praktisi ahli, alat penunjang seperti perangkat lunak, dan infrastruktur teknologi manajemen.
  • Ketersediaan Data yang Lengkap dan Akurat: Sistem akuntansi manajemen membutuhkan informasi yang akurat untuk menghasilkan laporan yang tepat bagi pihak manajemen. Kesalahan atau ketidaklengkapan data dapat berdampak pada pengambilan keputusan yang kurang tepat.
  • Perubahan Budaya Organisasi: Adopsi sistem akuntansi manajemen terbaru menuntut adanya perubahan dalam budaya organisasi dan proses kerja yang sudah ada. Mengelola perubahan ini dapat menimbulkan resistensi dari beberapa pihak, dan manajemen harus mampu menghadapinya dengan komunikasi yang baik dan dukungan yang memadai.

Tentunya, tantangan ini dapat dihindari atau diminimalisir dengan perencanaan yang matang dan kerjasama dari seluruh pihak yang terkait.

Keberhasilan dari rencana dan aksi ini dapat menjadi sebuah aset yang penting untuk mengoptimalkan akuntansi manajemen rumah sakit, demi meningkatkan kualitas pelayanan, dan mengambil keputusan yang lebih tepat dan strategis.

Kesimpulan

Sistem akuntansi manajemen perlu dikembangkan dan diterapkan pada seluruh industri kesehatan khususnya rumah sakit agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pengelolaan operasional.

Hal ini bertujuan agar kesehatan finansial rumah sakit tetap dalam keadaan baik dan aktivitas keuangan dan non-keuangan rumah sakit tetap berjalan secara efektif.

Tentunya, untuk dapat menjalankan sistem akuntansi manajemen rumah sakit masih banyak tantangan yang perlu dihadapi.

Salah satu di antaranya adalah karakteristik dan kompleksnya praktik akuntansi dan struktur organisasi yang masif dan beraneka macam dalam rumah sakit.

Oleh karena itu, dibutuhkan alat bantu yang dapat menunjang berbagai pengelolaan akuntansi dan operasional usaha yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja secara realtime.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud yang dapat dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang pengelolaan akuntansi dan operasional rumah sakit.

Beberapa fitur unggulan yang bisa Anda gunakan seperti pembukuan, pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, hingga mengurus perpajakan.

Selain itu, terdapat fitur invetaris stok barang untuk membantu memantau dan mengelola ketersediaan barang seperti obat-obatan dan peralatan medis.

Segera daftarkan perusahaan Anda dan rasakan berbagai manfaatnya! Dapatkan akses gratis 14 hari bagi pengguna pertama dengan klik tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Akuntansi
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal