Ramainya permintaan masyarakat akan barang – barang elektronik, menyebabkan bisnis elektronik saat ini banyak ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari usaha pembuatan barang elektronik, toko elektronik, usaha jasa reparasi barang elektronik, sampai usaha kredit elektronik banyak ditemukan di sekitar kita. Dapat dikatakan bahwa masyarakat tidak dapat meninggalkan barang elektronik. Bukan hanya untuk penggunaan pribadi, nyatanya barang elektronik sudah dibutuhkan dalam banyak lini, misalnya perusahaan yang membutuhkan barang elektronik untuk memudahkan proses pekerjaan mereka. Banyaknya bisnis elektronik yang bermunculan di karenakan kebutuhan masyarakat akan barang elektronik juga kian bertumbuh.

Dengan Prospek yang Baik, Kendala Apa yang Bisnis Elektronik Hadapi?

Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha. Karena untuk membuka bisnis elektronik dan menjalankannya, membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit dan juga ketatnya persaingan dalam bisnis ini. Di sisi lain, setiap pemilik usaha akan sangat membutuhkan informasi yang akurat terkait keadaan keuangan dan kondisi terkini bisnisnya. Laporan keuangan mampu dijadikan hal dasar dan juga sebagai pertimbangan apa sajakah yang perlu dilakukan untuk mengelola usahanya agar terus berkembang. Salah satu dasar dalam pengambilan keputusan agar bisnis terus beroperasi adalah laporan keuangan. Ditambah, Anda harus mencatat dan merekam semua transaksi bisnis yang terjadi paling tidak selama 6 tahun terakhir. Ini mencakup faktur, kwitansi, detil pengeluaran atau biaya, gaji, dan beban pajak.

Kiat Pembukuan Simple

Berada di atas pembukuan Anda juga akan membantu Anda mempertahankan arus kas yang sehat dalam bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk melihat tren dalam keuangan Anda sejak dini. Informasi semacam itu sangat berharga sebagai bisnis Anda tumbuh. Beberapa kiat yang dapat diterapkan pada manajemen keuangan, terutama dalam pembukuan dan proses akuntansi Anda adalah:

  • Menyimpan catatan keuangan secara tepat
  • Dapatkan faktur atau tanda terima untuk stmua transaksi yang Anda lakukan
  • Menjaga akun Anda agar bersih, artinya keuangan bisnis terpisah dari keuangan pribadi
  • Periksa laporan bank secara berkala
  • Menyisihkan waktu untuk melakukan pembukuan secara teratur
  • Dapatkan bantuan terkait keuangan Anda, seperti menyewa bookkeeper atau akuntan

Bagaimana Jurnal Membantu Anda mengorganisir Pengeluaran Bisnis Anda

Jurnal adalah perangkat yang memungkinkan pemilik usaha untuk melacak pengeluaran dan arus kas dengan software akuntansi berbasis cloud yang akan membuat pembukuan Anda lebih simple dan mudah. Jurnal memungkinkan Anda untuk menghubungkan rekening bank Anda ke sistem mereka yang pada dasarnya akan menghilangkan entri data secara manual. Jurnal juga memiliki kemampuan untuk membuat transaksi secara otomatis dan menempatkan transaksi tersebut ke dalam kategori berdasarkan preferensi bisnis Anda. Ditambah, setiap transaksi dapat ditandai sesuai dengan projek/divisi terkait. Sehingga hal ini memungkinkan untuk melacak transaksi bisnis yang lebih detail dan terorganisir.

Author