Mekari Jurnal
Daftar Isi

Kiat Pembukuan Simple untuk Bisnis Elektronik

Tayang 21 Mar 2023
Diperbarui 01 November 2023

Bagaimana kiat dan cara pembukuan simple untuk bisnis elektronik yang umumnya dilakukan? Simak di blog Mekari Jurnal berikut!

Permintaan masyarakat akan barang barang elektronik yang tinggi, menyebabkan bisnis elektronik saat ini banyak menemukan di berbagai tempat.

Mulai dari bisnis toko elektronik, usaha jasa reparasi barang elektronik, sampai kredit elektronik banyak ditemukan di sekitar kita.

Bukan hanya untuk penggunaan pribadi, barang elektronik juga dibutuhkan dalam banyak lini.

Misalnya, perusahaan yang membutuhkan barang elektronik untuk memudahkan proses pekerjaan mereka.

Dengan prospek yang baik, kendala apa yang bisnis elektronik hadapi?

Bagaimana kiat dan cara pembukuan simple untuk bisnis elektronik yang umumnya dilakukan? Simak di blog Mekari Jurnal berikut!

Biasanya, kendala yang sering dihadapi dalam menjalankan bisnis ini adalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha.

Untuk memulai bisnis elektronik dan menjalankannya, tentu membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit.

Apalagi persaingannya cukup ketat.

Di sisi lain, setiap pemilik usaha akan sangat membutuhkan informasi yang akurat terkait keadaan keuangan dan kondisi terkini bisnisnya.

Laporan keuangan mampu menjadi hal dasar dan juga sebagai pertimbangan – apa saja yang perlu dilakukan oleh bisnis elektronik agar terus berkembang.

Oleh karena itu, kesalahan dalam menyusun laporan keuangan harus diminimalisir, salah satunya dengan penggunaan sistem akuntansi yang baik.

Kiat Pembukuan Simple untuk Bisnis Elektronik

Berada di atas pembukuan Anda juga akan membantu Anda mempertahankan arus kas yang sehat dalam bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk melihat tren dalam keuangan Anda sejak dini.

Tambahan, Anda harus mencatat dan merekam semua transaksi bisnis yang terjadi paling tidak selama 6 tahun terakhir.

Ini mencakup faktur, kwitansi, detil pengeluaran atau biaya, gaji, dan beban pajak.

Ditambah dengan membuat sistem pembukuan yang sederhana maka mengelola bisnis akan lebih efektif.

Informasi semacam itu sangat berharga sebagai bisnis Anda tumbuh.

Beberapa kiat yang dapat diterapkan pada manajemen keuangan, terutama dalam pembukuan dan proses akuntansi Anda adalah:

  • Menyimpan catatan keuangan secara tepat
  • Dapatkan faktur atau tanda terima untuk semua transaksi yang Anda lakukan
  • Menjaga akun Anda agar bersih, artinya keuangan bisnis terpisah dari keuangan pribadi
  • Periksa laporan bank secara berkala
  • Menyisihkan waktu untuk melakukan pembukuan secara teratur
  • Dapatkan bantuan terkait keuangan Anda, seperti menyewa bookkeeper atau akuntan

Bagaimana Jurnal Membantu Anda mengorganisir Pengeluaran Bisnis Anda?

Mekari Jurnal adalah software akuntasi online berbasis cloud yang memungkinkan pemilik usaha untuk membuat laporan keuangan hingga melacak pengeluaran dan arus kas.

Pembukuan perusahaan menjadi lebih simple dan mudah dengan aplikasi pembukuan perusahaan dari Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal juga dikenal sebagai software stok barang juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan rekening bank Anda ke sistem mereka yang pada dasarnya akan menghilangkan entri data secara manual.

Mekari Jurnal juga memiliki kemampuan untuk membuat transaksi secara otomatis dan menempatkan transaksi tersebut ke dalam kategori berdasarkan preferensi bisnis Anda.

Ditambah, setiap transaksi dapat ditandai sesuai dengan projek/divisi terkait. Sehingga hal ini memungkinkan untuk melacak transaksi bisnis yang lebih detail dan terorganisir.

Lakukan 9 Tips Pembukuan Simple untuk Bisnis Elektronik Berikut Ini

Pembukuan yang baik dan teratur sangat penting untuk bisnis elektronik Anda. Berikut adalah beberapa kiat pembukuan sederhana untuk bisnis elektronik:

  1. Pisahkan rekening bisnis dan pribadi: Mulailah dengan membuka rekening bank terpisah untuk bisnis Anda. Ini akan membantu Anda memisahkan transaksi bisnis dan pribadi secara jelas, sehingga memudahkan dalam pencatatan keuangan.
  2. Gunakan sistem pencatatan yang sederhana: Anda dapat menggunakan spreadsheet seperti Excel atau Google Sheets untuk mencatat semua transaksi bisnis Anda. Buatlah kolom-kolom untuk mencatat penjualan, pembelian, pengeluaran, dan inventaris barang.
  3. Catat semua transaksi penjualan: Setiap kali Anda menjual produk elektronik, catat detail transaksi tersebut. Catat tanggal penjualan, nama pelanggan, jumlah produk, harga per unit, dan total penjualan. Hal ini akan membantu Anda melacak pendapatan dan melihat tren penjualan.
  4. Catat pembelian dan pengeluaran: Ketika Anda membeli stok barang atau melakukan pengeluaran bisnis lainnya, catat semua detailnya. Tuliskan tanggal pembelian, nama pemasok, jumlah barang yang dibeli, harga per unit, dan total pembelian. Juga catat pengeluaran lainnya seperti biaya pengiriman, biaya promosi, atau biaya penyimpanan.
  5. Pantau inventaris barang: Selalu perbarui inventaris barang Anda. Catat stok awal, stok masuk, dan stok keluar setiap kali ada transaksi. Ini akan membantu Anda mengontrol persediaan dan menghindari kekurangan atau kelebihan stok.
  6. Rekonsiliasi bank secara berkala: Segera rekonsiliasi setiap bulan antara catatan keuangan Anda dengan laporan bank. Periksa apakah ada perbedaan dan pastikan semuanya sejalan. Ini akan membantu menjaga keakuratan catatan keuangan Anda.
  7. Laporan keuangan sederhana: Buat laporan keuangan sederhana seperti laporan laba rugi dan neraca. Laporan ini akan memberikan gambaran tentang performa keuangan bisnis Anda.
  8. Gunakan aplikasi atau software akuntansi: Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi atau software akuntansi yang dirancang khusus untuk bisnis elektronik. Ini akan membantu Anda dalam mengelola pembukuan dengan lebih mudah dan efisien.
  9. Konsultasikan dengan akuntan atau ahli keuangan: Jika Anda merasa kesulitan atau memerlukan bantuan dalam pembukuan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan akuntan atau ahli keuangan. Mereka dapat memberikan saran dan bimbingan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dengan menerapkan kiat pembukuan sederhana ini, Anda dapat memiliki kontrol yang baik atas keuangan bisnis elektronik Anda.

Hal ini akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan yang tepat, melacak performa keuangan, dan menjaga keseimbangan keuangan bisnis Anda.

Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal