Kiat Pembukuan Simple untuk Bisnis Elektronik

Permintaan masyarakat akan barang barang elektronik yang tinggi, menyebabkan bisnis elektronik saat ini banyak menemukan di berbagai tempat.

Mulai dari bisnis toko elektronik, usaha jasa reparasi barang elektronik, sampai kredit elektronik banyak ditemukan di sekitar kita.

Bukan hanya untuk penggunaan pribadi, barang elektronik juga dibutuhkan dalam banyak lini.

Misalnya, perusahaan yang membutuhkan barang elektronik untuk memudahkan proses pekerjaan mereka.

Dengan prospek yang baik, kendala apa yang bisnis elektronik hadapi?

Biasanya, kendala yang sering dihadapi dalam menjalankan bisnis ini adalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha.

Untuk memulai bisnis elektronik dan menjalankannya, tentu membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit.

Apalagi persaingannya cukup ketat.

Di sisi lain, setiap pemilik usaha akan sangat membutuhkan informasi yang akurat terkait keadaan keuangan dan kondisi terkini bisnisnya.

Laporan keuangan mampu menjadi hal dasar dan juga sebagai pertimbangan – apa saja yang perlu dilakukan oleh bisnis elektronik agar terus berkembang.

Oleh karena itu, kesalahan dalam menyusun laporan keuangan harus diminimalisir, salah satunya dengan penggunaan sistem akuntansi yang baik.

Kiat Pembukuan Simple untuk Bisnis Elektronik

Berada di atas pembukuan Anda juga akan membantu Anda mempertahankan arus kas yang sehat dalam bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk melihat tren dalam keuangan Anda sejak dini.

Tambahan, Anda harus mencatat dan merekam semua transaksi bisnis yang terjadi paling tidak selama 6 tahun terakhir.

Ini mencakup faktur, kwitansi, detil pengeluaran atau biaya, gaji, dan beban pajak.

Ditambah dengan membuat sistem pembukuan yang simple maka mengelola bisnis akan lebih efektif.

Informasi semacam itu sangat berharga sebagai bisnis Anda tumbuh.

Beberapa kiat yang dapat diterapkan pada manajemen keuangan, terutama dalam pembukuan dan proses akuntansi Anda adalah:

  • Menyimpan catatan keuangan secara tepat
  • Dapatkan faktur atau tanda terima untuk stmua transaksi yang Anda lakukan
  • Menjaga akun Anda agar bersih, artinya keuangan bisnis terpisah dari keuangan pribadi
  • Periksa laporan bank secara berkala
  • Menyisihkan waktu untuk melakukan pembukuan secara teratur
  • Dapatkan bantuan terkait keuangan Anda, seperti menyewa bookkeeper atau akuntan

Bagaimana Jurnal Membantu Anda mengorganisir Pengeluaran Bisnis Anda?

Jurnal adalah software akuntansi online berbasis cloud yang memungkinkan pemilik usaha untuk membuat laporan keuangan hingga melacak pengeluaran dan arus kas.

Pembukuan perusahaan menjadi lebih simple dan mudah dengan aplikasi pembukuan perusahaan dari Jurnal.

Jurnal sebagai software stok barang juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan rekening bank Anda ke sistem mereka yang pada dasarnya akan menghilangkan entri data secara manual.

Jurnal juga memiliki kemampuan untuk membuat transaksi secara otomatis dan menempatkan transaksi tersebut ke dalam kategori berdasarkan preferensi bisnis Anda.

Ditambah, setiap transaksi dapat ditandai sesuai dengan projek/divisi terkait. Sehingga hal ini memungkinkan untuk melacak transaksi bisnis yang lebih detail dan terorganisir.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo