Daftar Isi
4 min read

Apa Itu ERP HashMicro? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Tayang 20 Feb 2025

Efisiensi dan visibilitas menjadi kunci penting dalam mencapai keunggulan kompetitif di periode baru ini.

Salah satu strategi untuk mencapainya adalah berinvestasi pada teknologi yang mendukung operasional bisnis, seperti Enterprise Resource Planning (ERP).

Teknologi ini mengintegrasikan berbagai kebutuhan operasional dalam satu sistem. Salah satu penyedia solusi ini di Indonesia adalah HashMicro.

HashMicro menawarkan fitur pengelolaan bisnis yang membantu meningkatkan efisiensi dan visibilitas.

Mari kita ulas secara bersama dan mendalam seputar ERP HashMicro secara lebih jauh dalam artikel ini.

Apa itu HashMicro?

HashMicro adalah perusahaan penyedia solusi ERP yang berbasis di Singapura dan telah melayani berbagai bisnis di Asia Tenggara.

HashMicro telah mengembangkan berbagai solusi perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari berbagai industri maupun pasar yang dinamis.

Hal ini sesuai dengan visi HashMicro, yaitu menjadi pemimpin pasar dalam penyediaan solusi ERP yang inovatif dan terpercaya di Asia Tenggara.

Adapun misi mereka adalah memberdayakan bisnis dengan teknologi yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Aplikasi ERP untuk Digunakan Perusahaan

fitur hashmicro dan kelebihan serta kekurangannya

Fitur Utama ERP HashMicro

ERP HashMicro menawarkan beberapa fitur yang mendukung aspek operasional bisnis, seperti:

  • Keuangan: Modul ini mencakup fitur-fitur seperti akuntansi umum, manajemen anggaran, rekonsiliasi bank, dan pelaporan keuangan.
  • Inventaris: Mencakup modul inventaris yang turut membantu mengelola stok barang secara lebih efektif.
  • Penjualan: Memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses penjualan mereka dari awal hingga akhir.
  • SDM: Membantu perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia secara lebih efisien.

Dukungan operasional yang HashMicro berikan memang cukup komprehensif. Namun, hal ini menyebabkan biaya pengeluaran untuk investasi awal yang langsung tinggi.

Hal ini akan cukup menyulitkan bagi bisnis kecil atau yang sedang merintis.

Salah satu alternatif yang lebih terjangkau adalah Mekari Jurnal. Software akuntansi terbaik buatan lokal yang terintegrasi dengan berbagai operasional bisnis yang siap mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Komparasi Fitur dan Layanan Mekari Jurnal Vs Software Akuntansi Lainnya

Panduan Implementasi ERP

Mengimplementasikan teknologi seperti ERP tidak bisa instan begitu saja.

Dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaannya:

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Sebelum memulai implementasi, tentukan tujuan yang ingin dicapai dalam berinvestasi pada ERP. Dengan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa implementasi ERP akan berjalan sesuai dengan rencana jangka panjang.

2. Pilih Modul yang Tepat

Mulailah dengan modul yang paling penting dan tambahkan modul lain seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Jangan mengimplementasikan semua modul sekaligus jika tidak diperlukan.

3. Libatkan Semua Pihak yang Terlibat dalam Aktivitas Bisnis

Adanya implementasi ERP dalam sebuah perusahaan akan memberikan dampak ke seluruh departemen termasuk pihak ketiga diluar perusahaan.

Oleh karena itu, penting untuk melibatkan semua pemangku kepentingan dalam proses implementasi.

4. Mengadakan Pelatihan Untuk Pengguna

Menggunakan ERP tentunya akan rumit karena akan menemukan berbagai fitur dan alat yang mungkin tidak pernah digunakan sebelumnya.

Pastikan untuk menambah wawasan terlebih dahulu mengenai hal ini melalui pelatihan agar dapat memanfaatkannya secara efektif.

Baca Juga: Pelatihan Kursus Belajar Akuntansi Gratis Online Terpopuler di Indonesia

5. Jadwalkan Pemeliharaan yang Rutin

ERP membutuhkan pemeliharaan rutin untuk memastikan bahwa sistem dapat berjalan dengan lancar.

Lakukan backup data secara teratur agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan dan perbarui software secara berkala.

Kesimpulan

Mengadopsi sebuah ERP dalam operasional perusahaan tentu akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan performa.

Salah satu tujuan dari mengadopsi teknologi seperti ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan visibilitas.

Namun, apakah bisnis Anda benar-benar membutuhkan software ERP untuk saat ini?

Bagi Anda yang saat ini membutuhkan pengelolaan akuntansi dan keuangan yang lebih ringkas, maka salah satu alternatifnya adalah menggunakan Mekari Jurnal.

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat mengelola akuntansi dan berbagai dukungan operasional bisnis termasuk pajak dan supply chain.

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • Manajemen Biaya: Memantau setiap pengeluaran yang terjadi secara real-time.
  • Pembukuan Online: Mencatat setiap transaksi yang terjadi secara otomatis dan mengelompokkannya.
  • Multi-currency: Mengelola nilai mata tukar uang asing dengan cepat.
  • Analisis Keuangan: Menganalisis tren dan mendapatkan insight keuangan berdasarkan laporan keuangan.
  • Laporan Keuangan: Menyusun dan menarik data secara real-time untuk berbagai jenis laporan keuangan sesuai kebutuhan.
  • Perpajakan: Mengelola perpajakan perusahaan dibantu dengan Mekari Klikpajak.
  • Manajemen SCM: Dukungan penuh terhadap pengelolaan rantai pasokan, mulai dari pengadaan, produksi, pergudangan, dan distribusi.

Mekari Jurnal juga cocok untuk seluruh industri dan skala bisnis, baik UMKM, menengah, hingga enterprise.

Bagi pemula juga cocok karena tampilan antarmuka Mekari Jurnal yang sederhana, serta terdapat beragam panduan gratis yang bisa diakses secara gratis pada website maupun media sosial kami.

Bila tertarik, konsultasi gratis dengan klik tombol di bawah ini, dapatkan free trial selama 7 hari dan eksplor beragam fiturnya!

Konsultasi Gratis Fitur-fitur Unggulan Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Technology

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami