Jurnal Enterpreneur

Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan

Bagaimana contoh penerapan atau implementasi aplikasi ERP pada berbagai perusahaan, baik itu untuk industri manufaktur ataupun dagang? Pelajari selengkapnya di Blog Jurnal by Mekari.

Untuk membantu mengelola sumber daya informasi serta aktivitas yang diperlukan oleh suatu bisnis atau perusahaan kini telah hadir Enterprise Resource Planning atau ERP.

Penerapan ERP kini sudah lebih mudah ditemukan di berbagai perusahaan, baik itu dagang atau manufaktur karena terbukti sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Berkat perkembangan di bidang sistem informasi ini, alur kerja manual yang rumit dan tidak efisien yang biasa ditemui di perusahaan bisa diminimalisir.

Anda pun bisa memilih salah satu aplikasi ERP yang paling cocok dengan perusahaan Anda karena saat ini sudah banyak sekali pilihan aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

Pengertian Aplikasi ERP

Sebelum kita membahas lebih tentang lanjut tentang contoh penerapan aplikasi ERP, mari kita pahami dulu pengertiannya.

Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama perencanaan sumber daya perusahaan.

Aplikasi ini merupakan perangkat lunak cloud yang digunakan untuk mengintegrasikan dan mengelola bisnis secara otomatis pada berbagai bisnis, seperti pada perusahaan manufaktur dan jasa.

Dengan memberlakukan penerapan ERP di perusahaan, Anda bisa mengelola berbagai contoh proses bisnis mulai dari operasi, produksi hingga distribusi dengan lebih manajemen yang lebih baik.

Bahkan, dengan penggunaan aplikasi ini Anda bisa lebih memonitor beberapa hal sekaligus yang biasanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Aplikasi ini bisa mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer.

Untuk memenuhi hal tersebut, implementasi aplikasi ERP biasanya terdiri dari modul akuntansi, sumber daya manusia, manufaktur, customer relationship management (CRM) dan manajemen inventaris.

Manfaat Aplikasi atau Software ERP bagi Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri, contoh penerapan penggunaan aplikasi ERP memang sudah membawa banyak manfaat bagi perusahaan.

Fungsi dari aplikasi ini sendiri adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan juga menghindari duplikasi data.

Adapun manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh adalah sebagai berikut.

1. Keuangan Perusahaan Lebih Terkendali

Penerapan ERP di perusahaan membuat semua data terintegrasi sehingga memungkinkan pencatatan keuangan lebih rapi dan terekam dengan baik.

Dengan begitu, Anda bisa memantau laju keuangan perusahaan Anda sehingga bisa mengalokasikannya dengan tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis di perusahaan.

2. Produktivitas Perusahaan Meningkat

Proses pencatatan seperti data penjualan, persediaan barang, dan catatan data lainnya bisa dilakukan lebih cepat, efisien dan akurat sehingga produktivitas perusahaan lebih meningkat.

Bayangkan jika semuanya masih dilakukan secara manual, Anda harus melakukan audit data supaya tidak ada kesalahan dan ini menghabiskan waktu.

3. Pengelolaan Bisnis Lebih Efisien

Aplikasi ERP mengakomodasi semua informasi dari berbagai departemen di perusahaan Anda sehingga untuk mengakses dan memantau perusahaan dilakukan dalam satu aplikasi saja.

Adanya transparansi data di perusahaan membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih efisien.

4. Efisiensi Biaya Operasional Bisnis

Fungsi penerapan ERP di perusahaan adalah mengontrol keuangan sehingga operasional perusahaan bisa terkendali dengan baik.

Dengan pembuatan alokasi dana yang sudah Anda lakukan sebelumnya, anggaran biaya di perusahaan Anda akan digunakan hanya untuk kebutuhan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Contoh Penerapan Sistem atau Aplikasi ERP di Perusahaan

Dari beberapa modul ERP yang disebutkan di atas, modul utama aplikasi ini melibatkan keuangan, akuntansi dan sumber daya manusia.

Oleh karena itu, contoh penerapan aplikasi ini pun sekitar ketiga modul utama pada aplikasi ini. Berikut beberapa contoh penerapan atau implementasi ERP di perusahaan.

Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan di Bidang Accounting

Mengerjakan laporan akuntansi melibatkan banyak data dan biasanya akan memakan banyak waktu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, apalagi data yang digunakan jumlahnya banyak.

Salah sedikit saja, Anda harus mengurut kembali data yang sudah Anda masukkan untuk mencari tahu posisi kesalahan data yang sudah diinput.

Jika penerapan ERP di perusahaan sudah dilakukan dengan maksimal, baik itu seperti contoh pembuatan neraca keuangan, mengurus data pengeluaran, pembuatan buku besar, manajemen pajak, penganggaran atau alokasi dana, dan lain sebagainya, maka semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu klik, mengakses aplikasi ERP yang digunakan.

Salah satu software ERP yang menyediakan berbagai fitur tersebut adalah Jurnal by Mekari.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Dapatkan free trial selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan di Bidang Customer Relationship Management (CRM)

Terlepas dari bisnis apa yang perusahaan Anda jalankan atau tekuni, pelanggan adalah aset berharga supaya bisnis tetap berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, hubungan pelanggan harus dijaga dengan baik dengan memastikan bahwa para pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dan positif selama menggunakan layanan Anda.

Adanya modul manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management pada aplikasi ERP, Anda bisa mendapatkan data riwayat pelanggan.

Anda bisa memanfaatkan data ini untuk melakukan promosi produk atau layanan yang lebih tertarget atau terfokus, menyesuaikan dengan preferensi pelanggan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebuah perusahaan tentunya tidak bisa berjalan sendiri, dibutuhkan sumber daya manusia untuk menjalankannya.

Tidak peduli seberapa otomatisnya sistem yang sudah ada, kehadiran sumber daya manusia untuk menjalankan sebuah bisnis tetap dibutuhkan.

Lalu, apa manfaat contoh penerapan ERP pada SDM perusahaan ini?

ERP bisa membantu Anda mengelola seluruh informasi karyawan yang ada di perusahaan, mulai dari data pribadi dan keterampilan, deskripsi pekerjaan, penilaian kinerja, kehadiran, cuti, dan lainnya.

Pada akhirnya, semua data ini akan sangat membantu dalam proses penggajian dan biaya lainnya yang digunakan karyawan.

Baca juga: Jenis-Jenis Software yang Dibutuhkan Perusahaan untuk Mengembangkan Bisnis

Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan di Bidang Penjualan

Proses penjualan bisa menjadi salah satu proses yang panjang karena melibatkan penawaran, pertanyaan penjualan juga faktur dan pemesanan barang.

Berkat adanya integrasi antara data penjualan dan CRM, siklus penjualan bisa berjalan lebih cepat dan ini berdampak pada tingkat penjualan juga keuntungan yang diperoleh.

Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan di Bidang Inventaris

Selain penjualan, perusahaan juga memiliki inventaris berupa barang persediaan di perusahaan.

Penerapan ERP bermanfaat untuk melacak dan mengelola inventaris perusahaan, apalagi jika ini sudah terintegrasi dengan modul pembelian maka cara kerjanya akan lebih efektif dari sebelumnya.

Anda juga bisa mengintegrasikannya dengan SKU scanner atau barcode sehingga memudahkan dalam pendataan inventaris.

Dengan menggunakan aplikasi ini juga Anda bisa memantau tingkat persediaan, menjadwalkan pengisian ulang, atau bahkan membuat laporan inventaris apabila dibutuhkan.

Purchasing

ERP juga akan sangat membantu dalam proses pengadaan barang.

Di dalamnya memuat mengenai daftar pemasok, analisis permintaan dan penawaran, catatan nota barang, pemesan pembelian/pengadaan, juga pembaharuan stok.

Integrasikan dengan inventaris supaya mendapatkan fungsi yang lebih optimal.

Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan Manufaktur

Penerapan ERP bisa membantu meningkatkan efisiensi proses produksi, pengadaan bahan baku hingga proses distribusi.

Di sini, ERP berfungsi untuk menyediakan informasi mengenai produksi barang secara real-time atau waktu nyata di lantai produksi sehingga memudahkan pemantauan pergerakan barang dan inventaris.

Baca juga: Kelola Inventaris Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

Penyebab Kegagalan Penggunaan Sistem ERP

Terlepas dari segala kemudahan yang ditawarkan, kegagalan sistem ERP bisa saja terjadi apabila Anda salah memilih aplikasi atau software ERP.

Kegagalan juga bisa terjadi apabila pra-implementasi tidak dilakukan dengan baik sehingga perkiraan waktu dan biaya implementasi melebihi anggaran yang sudah ditentukan.

Strategi operasi yang tidak sejalan dengan proses bisnis dan pengembangannya bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan SDM atau karyawan di perusahaan Anda untuk bisa menggunakan sistem ERP yang sudah Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh penerapan atau implementasi aplikasi ERP yang sesuai dengan perusahaan Anda akan membawa perubahan dan dampak besar terhadap perusahaan manufaktur ataupun jasa.

Dengan adanya proses yang lebih mudah, praktis dan cepat, diharapkan bisnis bisa berjalan lebih baik dan penjualan bisa lebih meningkat dari sebelumnya.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo