Mengelola inventaris adalah tugas yang kompleks dan mengoptimalkan stok inventaris bisa terasa seperti pertempuran tanpa akhir. Namun ternyata mengelola inventaris dalam sejarahnya dianggap sebagai inventasi besar dalam sebuah bisnis. Mengapa demikian? Jika Anda tidak mengelola inventaris dengan baik maka akan menghancurkan bisnis karena sangat mungkin tidak memiliki stok yang cukup yang berdampak pada pengurangan keuntungan.

Dari sini diketahui bahwa pengelolaan inventaris merupakan salah satu pendorong bisnis untuk menghasilkan profit yang lebih optimal. Oleh karenanya tugas mengelola inventaris ini tidak boleh ditinggalkan seberapa lelahnya pun Anda mengurus bagian lain dalam bisnis dan seberapa kecilnya pun bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa alasan utama mengapa mengelola inventaris sangat penting untuk diterapkan dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Mengelola Stok Barang di Gudang dengan Mudah

 

1. Mengurangi Penyusutan Inventaris

Penyusutan inventaris adalah perbedaan antara stok yang ada dengan apa yang Anda catat dalam catatan inventaris Anda. Hal ini terjadi secara alami seiring dengan berjalannya waktu. Namun ada pula yang disebabkan oleh kesalahan manusia seperti pencurian, alur yang salah ataupun kesalahan pencatatan. Perbedaan ini akan terasa sangat sulit untuk dilacak dan diatasi jika Anda memiliki stok dalam jumlah banyak.

Apalagi jika diperburuk dengan alur kerja yang mengandalkan perhitungan secara manual. Dengan pengelolaan inventaris yang baik dan terintegrasi, masalah penyusutan ini akan dikelola lebih mudah dan cepat. Anda pun dapat mengantisipasi penyusutan baik yang disebabkan oleh proses alami ataupun kesalahan manusia lebih dini sehingga meminimalisasi kerugian.

 

2. Membantu Analisis Tata Letak Gudang

Stok bahan baku ataupun produk mempunyai volume dan berat yang berbeda, bentuk yang berbeda, batas waktu pemakaian yang berbeda serta perbedaan lainnya. Karena perbedaan inilah stok tersebut harus diletakkan di tempat yang berbeda-beda sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Sebagai contoh, barang dengan volume dan berat yang cukup besar sebaiknya diletakkan di dekat pintu akses agar mudah untuk dibawa. Dengan adanya pengelolaan inventaris yang baik, Anda lebih mengenal stok Anda secara keseluruhan. Sehingga lebih mudah dalam menentukan dan menemukan  letak stok yang dimiliki.

 

3. Membantu Penjadwalan Pesanan

Anda perlu mengetahui berapa banyak stok yang masih ada, apa dan berapa yang harus dipesan kembali serta kapan sebaiknya pemesanan itu dilakukan. Oleh karenanya dibutuhkan pengelolaan inventaris yang baik untuk melacak kebutuhan ini. Dengan mengelola inventaris akan membantu Anda memproyeksikan penjualan serta kebutuhan stok tiap produk selama periode waktu.

Dengan mengetahui apa yang Anda miliki dan apa yang telah dijual, maka Anda juga akan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai apa yang perlu dipesan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan tersebut. Ini akan membantu untuk menghindari kehabisan stok dan penyerahan kepada pelanggan tanpa gangguan.

 

4. Mengukur Kinerja Pengelolaan Inventaris

Key Performance Indicator (KPI) adalah cara terukur untuk mengetahui seberapa baik manajemen inventaris Anda. Poin KPI inventaris yang paling penting untuk dikelola adalah rasio perputaran stok karena mencerminkan seberapa sering stok barang Anda dijual dan diganti dalam periode waktu tertentu. Cara menghitungnya adalah dengan membagi penjualan bersih dengan stok rata-rata Anda.

Angka yang dihasilkan membantu Anda mengukur seberapa cepat Anda menjual stok produk. Kemudian bandingkan rata-rata yang Anda dapatkan  dengan rata-rata industri pada umumnya. Data yang didaptkan dapat dijadikan bahan evaluasi, apakah ada hal yang harus dipertahankan, diperbaiki atau bahkan diubah. Dengan pengelolaan inventaris yang baik, angka yang Anda dapatkan lebih akurat. Sehingga evaluasi yang dilakukan benar-benar dapat diaplikasikan untuk perkembangan bisnis Anda.

 

5. Peningkatan Layanan Konsumen

Hitungan inventaris yang akurat akan berdampak pada pelayanan terbaik untuk konsumen. Karena jika Anda melakukan kesalahan dalam perhitungan dan kehabisan stok akan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Menawarkan pemesanan ulang atau menunggu stok tersedia adalah pilihan, namun konsumen biasanya lebih memilih untuk membeli dari pesaing yang sudah tersedia dan siap dikirim. Untuk menghindari kehilangan konsumen seperti ini, Anda memerlukan sistem pengelolaan inventaris untuk memastikan Anda tidak akan kehabisan stok.

 

Untuk merealisasikan berbagai poin penting pengelolaan inventaris, Anda dapat menggunakan software manajemen inventaris dengan sitem kerja otomatis yang memudahkan kerja Anda. Jurnal adalah salah satu software akuntansi yang memiliki fitur manajemen inventaris dan menjadi nomor 1 di Indonesia. Jurnal mempunyai fitur lengkap yang memudahkan pengelolaan inventaris mulai dari penyimpanan data hingga perhitungan stok secara tepat. Dengan Jurnal, data stok yang Anda input juga akan secara otomatis dihubungkan dengan proses pembukuan serta pembuatan laporan keuangan.

Untuk info lebih lanjut mengenai fitur pengelolaan inventaris Jurnal, dapat Anda lihat di sini.

 

Author