Izin Usaha Angkutan Barang: Jenis Hingga Proses Pembuatannya

Izin usaha angkutan barang sudah tentu dimiliki oleh Anda yang memang ingin membuka usaha di bidang pengangkutan barang.

Sekarang ini jenis usaha angkutan barang tampaknya semakin marak seiring dengan berkembangnya usaha-usaha kecil seperti halnya online shop.

Berbagai online shop yang muncul dan merebak di negeri ini sekarang ini tentunya membuat banyak orang ingin membuka usaha yang berkaitan dengan online shop tersebut.

Termasuk pula usaha angkutan barang yang seringkali disebut ekspedisi. Banyaknya barang yang harus dikirim dari pihak penjual ke konsumen membuat usaha angkutan barang jadi semakin laris hingga keberadaannya semakin menjamur di setiap wilayah di negeri ini.

manajemen barang

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai usaha angkutan barang dan bagaimana proses perizinannya maka Anda bisa simak keterangan di bawah ini.

Manfaat Izin Usaha Angkutan Barang

Tentunya memiliki izin usaha angkutan barang pada dasarnya mampu membawa berbagai manfaat yang cukup penting. Manfaat tersebut antara lain seperti yang tertera berikut di bawah ini.

Membuka usaha angkutan barang yang sah

Siapapun orangnya sudah pasti ingin memiliki jenis usaha yang sah secara legal dan hukum sehingga tidak ada rasa khawatir dalam menjalankan usaha tersebut. Terlebih lagi usaha yang berhubungan dengan pengangkutan barang yang dilakukan baik melalui jalan darat atau perairan dan udara.

Sudah pasti usaha angkut barang yang seperti ini haruslah mendapat izin yang resmi dan sah dari pihak berwenang.

Mendapat perlindungan hukum

Memiliki izin usaha angkutan barang juga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi Anda selaku pengusaha yaitu mendapatkan perlindungan hukum.

Bisa saja usaha Anda mendapatkan serangan dari usaha lain sehingga Anda memerlukan perlindungan hukum.

Dengan adanya perlindungan hukum maka usaha Anda bisa terus berjalan tanpa adanya hambatan dan kendala.

Selain itu Anda juga bisa mengajukan bantuan hukum jika memang diperlukan karena usaha Anda telah terdaftar secara resmi di negara ini.

Memperluas usaha angkutan barang

Memiliki usaha angkutan barang pastinya akan semakin luas jika Anda bisa memberikan pelayanan terbaik hingga menjadi kepercayaan bagi masyarakat.

Jika memang usaha Anda tersebut telah memiliki izin resmi maka perluasan usaha pasti bisa dilakukan secara lebih leluasa.

Mungkin Anda bisa membuka usaha franchise atau sejenisnya sehingga pada akhirnya keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar.

Sebagai langkah mempermudah manajemen usaha ini, dapat pula digunakan aplikasi stok barang yang cukup efisien penggunaannya.

Jenis Izin Usaha Angkutan Barang

Adapun untuk izin usaha angkutan barang ini umumnya terdiri dari beberapa jenis. Jenis izin tersebut sangat penting untuk diketahui.

Terutama untuk pebisnis yang berencana untuk mendapatkan izin tersebut. Jenis izin ini antara lain seperti berikut.

Ekspres

Salah satu jenisnya adalah jenis ekspress yang sesuai dengan namanya maka proses pengangkutan barang dilakukan dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Usaha yang seperti ini tentunya membutuhkan lebih banyak motor sebagai jenis kendaraan yang relatif lebih cepat untuk menyampaikan barang.

Ekspedisi laut

Selanjutnya ada pula usaha angkutan barang yang melakukan pengiriman barang melalui jalur perairan atau laut.

Untuk melakukan hal ini maka selain memiliki izin usaha tentunya Anda juga perlu memiliki mitra kerja yang terpercaya dan bisa membantu melakukan ekspedisi laut.

Perizinan untuk mengirim barang dalam jumlah besar melalui jalur laut juga perlu dimiliki agar barang bisa sampai di tempat tujuan tanpa kendala.

Ekspedisi udara

Jenis yang selanjutnya adalah ekspedisi udara yaitu proses pengantaran atau pengiriman barang melalui jalur udara.

Tetap saja dibutuhkan izin usaha bagi pengusaha yang membuka usaha angkutan barang sekalipun melalui jalur udara.

Izin usaha akan membuat Anda bisa menerbangkan barang tanpa rasa khawatir sehingga barang bisa tiba di tujuan dengan tepat.

Full Truck Load

Full Truck Load yaitu pengiriman barang dengan menggunakan mobil angkutan truk. Selain izin usaha angkutan barang rupanya Anda juga harus mengurus surat izin jalan jika memang akan melakukan pengiriman dengan menggunakan cara ini. Jadi nantinya truk pengangkut barang bisa melangsungkan perjalanannya tanpa kendala dan tanpa adanya kekhawatiran atau rasa curiga dari pihak keamanan negara.

Less Than Truck Load

Ada lagi jenis Less Than Truck Load. Pengiriman jenis ini sebenarnya sama-sama menggunakan kendaraan truck. Hanya saja dalam hal ini truck memuat beberapa barang dari beberapa pengguna.

Upaya ini membuat pemilik usaha pengiriman barang jadi lebih hemat karena proses pengiriman barang digabung dengan barang yang lain. Namun membuka usaha pengangkutan seperti ini memang harus disertai izin resmi dari negara agar kedepannya tidak sampai tersandung masalah.

Proses Pembuatan Izin Usaha Angkutan Barang

Mengenai proses pembuatan izin usaha angkutan barang, tentunya ada beberapa tahapan. Bagi para pemilik usaha yang ingin membuatnya, simak proses yang dapat dijalankan berikut di bawah ini.

Datang ke DPMTSP

Untuk membuat izin usaha angkutan barang maka pertama-tama Anda bisa datang ke kantor DPMTSP atau Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Di kantor inilah Anda bisa menyerahkan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan untuk mengajukan izin usaha.

Oleh karena itu sebelumnya ketahui dengan tepat dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa membuka izin atas usaha Anda.

Survey

Jika seluruh berkas atau dokumen yang menjadi persyaratan telah dipenuhi maka Anda selanjutnya akan mendapatkan jadwal survey. Dalam hal ini tim teknis akan melakukan survey lapangan tepatnya di jadwal yang telah ditentukan.

Setelah dilakukan survey barulah nantinya bisa diajukan penerbitan kajian teknis atau rekomendasi yang akan ditandatangani oleh pihak yang berwenang.

Penandatanganan izin

Penandatanganan rekomendasi akan dilanjutkan dengan penetapan izin oleh Kasi DPMTSP dan persetujuan izin oleh Kabid DPMTSP. Jika memang semua dokumen yang berhubungan dengan turunnya izin usaha ini sudah disetujui maka akan berlanjut ke proses penandatangan persetujuan izin oleh Kepala DPMTSP.

Dengan adanya penandatanganan dari Kepala DPMTSP maka berarti Anda telah mendapat izin untuk membuka usaha angkutan barang.

Input nomor SK izin

Perizinan yang sudah Anda dapatkan untuk membuka usaha angkutan barang selanjutnya akan diteruskan dengan adanya input nomor SK izin dan juga cetak nomor SK izin. Nantinya Anda akan mendapatkan SK izin tersebut untuk usaha Anda.

Biasanya SK ijin tersebut dikirimkan ke alamat Anda melalui pos. Jika memang Anda telah menerimanya maka segera simpan baik-baik SK ijin tersebut sebagai tanda bahwa usaha Anda adalah usaha resmi.

Izin usaha angkutan barang dalam proses pembuatannya memang tidaklah semudah membalik tangan sebab hal ini membutuhkan waktu dan mungkin sejumlah biaya.

Namun apa yang dibutuhkan untuk memperoleh izin usaha ini tidaklah sebanding dengan hasil yang akan Anda peroleh jika usaha Anda sudah berjalan.

Tentunya usaha angkutan barang atau usaha ekspedisi yang sudah berjalan akan semakin dikenal oleh banyak orang, sehingga semakin sering dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dengan demikian akan ada banyak seller dan distributor yang menggunakan usaha angkutan barang untuk menyalurkan barangnya ke konsumen.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo