Jurnal Enterpreneur

Cara Jitu Mahir Kelola Keuangan dengan Belajar Online Gratis

Tidak bisa dimungkiri bahwa teknologi membawa peradaban menjadi lebih baik. Dengan teknologi yang semakin berkembang, segala sesuatu dapat dilakukan tanpa batas. Salah satunya adalah belajar online atau secara daring.

Belajar online sebenarnya bukan hal baru di dunia pendidikan. Metode belajar jarak jauh ini sudah ada jauh sebelum pandemi COVID-19 terjadi, karena dianggap sebagai cara belajar alternatif yang lebih efektif dan efisien. Belajar online juga dianggap sebagai salah satu investasi jangka panjang untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Salah satu platform belajar online terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan belajar Anda adalah Mekari University. Platform berbasis teknologi ini menyediakan beragam kelas profesional untuk membantu para pemilik bisnis dan profesional dalam meningkatkan kemampuan, terutama terkait pengelolaan laporan keuangan usaha.

Tak hanya dalam hal pengelolaan keuangan, Mekari University juga akan membantu Anda meningkatkan kemampuan dalam hal pengaturan arus kas, pengelolaan inventori, manajemen akuntansi, penggunaan aplikasi inventaris barang, dan strategi pengelolaan pajak korporasi. 

Belajar Bisnis Oleh-oleh ala Artis di Indonesia Yang Menggiurkan

Dalam sebuah studi disebutkan, sebanyak 69% Chief Academic Officer meyakini bahwa pembelajaran online merupakan hal penting untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian seseorang dalam jangka panjang. 

Dalam dunia usaha, para pelaku bisnis seringkali membutuhkan pelatihan dan sistem pelatihan terkait pengelolaan keuangan. Namun, tak jarang yang kesulitan mendapat akses belajar online di luar institusi pendidikan resmi. 

Mahir Kelola Keuangan dengan Belajar Online

Pengelolaan keuangan menjadi pilar penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Keuangan usaha yang dikelola dengan baik akan mempengaruhi kinerja, baik input maupun output perusahaan, ataupun dalam menggunakan software keuangan

Sebaliknya, pengelolaan keuangan yang buruk akan menghasilkan pengambilan keputusan bisnis yang tak ideal. Bahkan tidak sedikit perusahaan pailit akibat pengelolaan keuangan yang tidak profesional. Banyak risiko yang ditimbulkan akibat tidak memiliki kemampuan kelola keuangan secara profesional seperti:

  1. Tidak memahami laporan keuangan pada bisnis seperti laba-rugi, perubahan aset, arus kas yang mengakibatkan miskalkulasi dalam mengambil keputusan.
  2. Kesalahan dalam menghitung arus keluar-masuk barang.
  3. risiko terhadap penyalahgunaan atau fraud perusahaan.

Mengamati berbagai alasan tersebut, penting bagi para pelaku usaha dan praktisi keuangan dalam perusahaan untuk mempelajari proses pengelolaan keuangan secara profesional.

Salah satu saluran yang paling efektif dan efisien untuk mempelajari cara pengelolaan keuangan secara profesional adalah melalui pelatihan. Belajar online dinilai efektif dan efisien karena praktik pembelajaran yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Di tengah kesibukan menjalankan bisnis sebagai pengusaha, Anda tidak perlu kerepotan untuk berpindah tempat dengan menghabiskan waktu, biaya, dan energi hanya demi menghadiri kelas pelatihan online. Selagi masih memiliki koneksi internet, Anda bisa belajar online kapanpun dan dimanapun. 

Kelas online merupakan solusi terbaik untuk tetap produktif, terutama dalam meningkatkan profesionalisme di tengah anomali kondisi seperti pandemi.

Kursus online juga diyakini mampu memberikan layanan inklusif. Itu artinya, siswa dapat mengakses materi dan belajar sesuai dengan ritme dan kemampuan pribadi sehingga siswa dapat mengukur efektifitas belajar secara mandiri.

Tips Memilih Kelas Belajar Online Keuangan

Saat ini banyak penyedia layanan kelas belajar online keuangan profesional, baik secara open source maupun closed source

Kelas online open source adalah kelas yang dibuka secara gratis. Anda dapat mengakses materi secara gratis tanpa dipungut biaya. Sementara itu, kelas belajar closed source dapat diakses dengan membayar sejumlah biaya. Kelas ini juga biasanya memiliki fitur yang lebih interaktif dibanding open source.

Kelas online profesional terbaik biasanya memiliki kedua layanan, baik open maupun closed source. Di mana hal-hal dasar biasanya disediakan secara gratis, dan materi yang lebih advanced diakses dengan biaya tertentu. Dalam hal ini, Mekari University menyediakan kelas gratis dan kelas advanced untuk materi-materi tertentu.

Dengan kedua layanan kursus online tersebut, Anda dapat mengukur kecocokan materi dengan kemampuan nalar dan anggaran Anda. Lalu apa saja tips lainnya dalam memilih kelas belajar online terkait pengelolaan keuangan?

Memiliki Kurikulum yang Dibutuhkan Industri

Tips pertama, dalam memilih kelas online keuangan adalah memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Kurikulum yang baik akan mempengaruhi kualitas materi yang diberikan. Kurikulum yang diberikan harus inklusif, itu artinya tidak hanya bagian-bagian tertentu saja yang dipelajari namun keuangan secara keseluruhan dan profesional.

Selain terkait materi, kurikulum juga harus sesuai dengan perkembangan teknologi. Materi belajar online harus mampu memberikan studi kasus pengelolaan keuangan dengan teknologi seperti software akuntansi.

Simak: Hindari Pengelolaan Arus Kas yang Buruk agar Usaha Tak Bangkrut

Kemudahan Akses dan Layanan

Tips selanjutnya, kelas online yang mudah diakses. Beberapa kelas online masih mengandalkan syarat-syarat tertentu misalnya menggunakan aplikasi browser tertentu. Materi yang diajarkan mudah diakses sehingga Anda dapat belajar di mana dan kapan pun.

Selain itu, kemampuan situs kelas online dalam mengolah materi dengan cepat juga menjadi pertimbangan. Situs kelas online yang sering mengalami error sehingga penyedia harus sering melakukan maintenance tentu akan mengganggu efisiensi waktu belajar.

Selain aksesibilitas materi, aksesibilitas layanan juga menjadi penting misalnya layanan pelanggan yang cepat tanggap menyediakan informasi dan solusi masalah selama belajar online.

Baca Juga: Mengetahui Aktivitas Investasi & Pendanaan Pada Arus Kas

Menyediakan Media Interaktif

Hal paling penting dalam memilih kelas belajar online terutama untuk keuangan adalah memiliki media interaktif. Media belajar online memiliki beragam bentuk. Mulai dari hanya menggunakan artikel, menyediakan ebook, arsip jurnal, kuis, forum diskusi, dan yang paling umum adalah video belajar online.

Selain media pembelajaran satu arah, penyedia kelas online juga harus menyediakan materi dua arah dalam bentuk sesi tanya jawab langsung melalui video call atau video broadcasting.

Seperti kelas konvensional, dalam proses belajar, Anda seringkali mengalami kesulitan sehingga penting bagi penyedia kelas belajar online untuk menyediakan media video interaktif.

Selain video interaktif, ketersediaan simulasi virtual menjadi penting untuk diperhatikan. Karena tata kelola keuangan bukan hanya bersifat teoritis, tetapi juga praktis sehingga perlu simulasi langsung untuk bisa lebih memahami materi.

Platform pembelajaran online Mekari University juga memiliki sumber pembelajaran yang interaktif berupa video dan simulasi virtual untuk meningkatkan pemahaman Anda, di mana beberapa materi dapat Anda akses secara gratis. 

Caranya, cukup mendaftar melalui website Mekari University, kemudian pilih kelas online sesuai dengan topik yang Anda butuhkan. Untuk info selengkapnya, tekan banner di bawah ini. 

Kategori : Dunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo