Software pembukuan

Program pembukuan keuangan sederhana

Saatnya pencatatan transaksi berjalan mudah dengan software pembukuan sederhana yang membantu bendahara memantau keuangan termasuk pengeluaran.

Program pembukuan keuangan sederhana

Penjualan laris & pembukuan praktis

Mencatat kas kredit, neraca laba rugi, dan persediaan secara otomatis dan praktis bagi pelaku UKM dan pemilik usaha dengan berbagai volume transaksi.

Penjualan laris & pembukuan praktis
Pembukuan digital

Pembukuan digital

General Ledger memudahkan pembukuan transaksi dari Jurnal bulanan ke dalam buku besar umum. Memiliki modul yang sama seperti buku besar pada umumnya, pencatatan transaksi lebih mudah dengan penjumlahan secara otomatis sehingga kesalahan penghitungan dapat dikurangi.

Neraca saldo sistematis

Neraca saldo sistematis

Tak perlu repot menyesuaikan jumlah kredit dengan debit. Setiap transaksi tercatat akan langsung tersinkronisasi dengan pembukuan yang sekaligus memperbarui jumlah kredit dan debit di Neraca Saldo.

Jurnal pencatatan transaksi

Jurnal pencatatan transaksi

Catat segala transaksi pembelian dan penjualan harian hingga bulanan dalam Jurnal umum. Integrasi dengan fitur General Ledger, memudahkan pemindahbukuan hanya dalam satu kali operasi. Mendukung pencatatan kas, debit kredit, dan saldo

Data bukti transaksi

Data bukti transaksi

Semua data penting tersimpan dengan aman, cepat dan tetap dengan program yang mudah dan sederhana. Fitur mudah untuk selalu menyertakan fille traksaksi untuk menjamin bisnis berjalan lancar.

Sederhana dan efektif untuk pembukuan lebih cepat

Tinggalkan keraguan dan kerumitan pencatatan transaksi dengan software pembukuan sederhana dari Jurnal. Otomatisasi antar fitur dan aplikasi Jurnal memudahkan setiap pelaku usaha untuk membuat keputusan terbaik dalam usaha. Temukan manfaat lebih dari Jurnal.

Integrasi antar fitur

Integrasi antar fitur

Memudahkan dalam melakukan banyak aksi dalam satu program. Mencatat transaksi terintegrasi dengan pembukuan, melakukan pembukuan terintegrasi dengan pelaporan.

 Untuk semua usaha

Untuk semua usaha

Dari UKM, online shop hingga Enterprise, Jurnal menyediakan solusi mudah bagi berbagai skala bisnis dalam mengelola transaksi keuangan usaha.

Otomatisasi jaminan akurasi

Otomatisasi jaminan akurasi

Input data, kalkulasi hasil, simpan hingga hasilkan laporan dilakukan secara otomatis dengan hasil yang akurat sehingga memudahkan dalam audit.

Pembukuan sistem otomatis

Percepat segala proses keuangan dalam usaha sehingga pekerjaan semakin efisien. Integrasi antar fitur dan aplikasi dari Jurnal membuat sistem keuangan, pelaporan dan peninjauan usaha semakin mudah. Jurnal mendukung otomatisasi sistem pembukuan keuangan bagi usaha skala rumahan hingga perusahaan.

  • Pembukuan yang disusun secara sistematis dan teratur
  • Fitur lengkap dengan integrasi antar fitur
  • Peninjauan usaha dengan format pelaporan yang mudah didapat

Apa itu program pembukuan keuangan?

Program pembukuan keuangan merupakan sistem perangkat lunak dirancang untuk mengerjakan kegiatan pencatatan usaha.

Program akuntansi memiliki beragam modul seperti pembelian (account payable)penjualan (account receivable), buku besar, penggajian, dan sebagainya memudahkan dalam pencatatan keuangan usaha dalam program pembukuan.

Pembukuan keuangan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk mengumpulkan data maupun informasi keuangan.

Informasi yang perlu dicatat meliputi harta, kewajiban, modal, dan biaya lainnya yang nantinya akan ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca pada periode tersebut.

Pembukuan keuangan sering dilupakan oleh pelaku usaha kecil, mengingat volume transaksi yang belum begitu besar. Sehingga mencatatkan transaksi dianggap belum penting. Padahal, kesalahan bisa saja muncul di usaha skala kecil sekalipun!

Salah satu kesalahan yang sering muncul adalah mencampur keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Dengan pembukuan sederhana hal tersebut dapat dihindari. 

Manfaat pembukuan keuangan lainnya adalah: 

  1. Mengontrol besarnya biaya operasional usaha. 
  2. Meminimalisir resiko kehilangan aset perusahaan. 
  3. Untuk mengetahui perkembangan dari usaha yang sedang dijalankan. 
  4. Dapat berpengaruh kepada aset perusahaan dan pengaruh pada laba rugi usaha di kemudian hari.

Ada enam tahap yang perlu dilakukan untuk membuat pembukuan keuangan, yaitu:

  1. Buat catatan pengeluaran dan pemasukan. 
  2. Buat buku kas utama untuk menggabungkan transaksi pemasukan dan pengeluaran. 
  3. Siapkan pembukuan stok barang untuk mengontrol barang masuk dan keluar. 
  4. Buat laporan laba rugi untuk mengetahui keuntungan dan kerugian yang dialami oleh usaha. 
  5. Membuat neraca keuangan dengan memasukkan beberapa unsur seperti harta, kewajiban, dan modal. 
  1. Pencatatan transaksi yang tersistem 

Dengan pencatatan transaksi yang tersistem dalam satu aplikasi memudahkan dalam pengelolaan dan pengawasan terhadap setiap transaksi keuangan yang berlangsung. 

  • Mengetahui status keuangan bisnis dengan jelas

Dengan software pembukuan maka, keadaan bisnis dapat diketahui secara real-time. Audit keuangan dan pengelolaan stok barang agar terhindar dari stok habis juga dapat langsung diketahui dengan software pembukuan sederhana. 

  • Penentu dari setiap keputusan usaha

Dengan pengelolaan yang terpusat dan pelaporan yang dapat dihasilkan dengan mudah, maka keputusan bisnis terbaik dapat segera diambil. Contoh menambah modal usaha, melakukan penjualan aset, hingga menghindari dari kerugian.

  1. Mudah diakses di mana dan kapan saja

Software pembukuan usaha berbasis web sehingga memudahkan dalam akses dan operasi software. Tanpa perlu instalasi dan perangkat tertentu, software pembukuan sederhana dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Quickbooks: Aplikasi ini mampu membuat faktur beserta foto yang dapat dilampirkan. Tersedia beberapa fitur seperti laporan penjualan, laporan laba rugi, laporan neraca, pembelian, dan lain sebagainya. 

Wave: Berasal dari Amerika Serikat, software ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti pengiriman invoice, pencatatan keuangan, dan membuat kwitansi online. Sayangnya, software ini tidak memiliki fitur stok dan inventory. Juga, keterbatasan akses membuat software ini sulit digunakan di luar Amerika. 

Freshbooks: Freshbooks merupakan aplikasi akuntansi yang berbasis cloud. Operasinya yang mudah serta terdapat beberapa fitur seperti invoice, report, dan tracking menambah fungsi dalam pembukuan.

Jurnal: Jurnal dari Mekari merupakan pionir software akuntansi di Indonesia. Telah digunakan oleh lebih dari 20.000 pelaku usaha di Indonesia membuat Jurnal menjadi terdepan di sistem akuntansi online di Indonesia. 

Software akuntansi sederhana dari Jurnal memudahkan pembukuan usaha lebih cepat, praktis, dan sederhana. Ada beberapa manfaat bagi pelaku usaha dengan menggunakan fitur-fitur dari Jurnal, diantaranya:

  • Dasbor yang interaktif untuk mengetahui kondisi usaha terkini. 
  • Transaksi yang tersusun secara sistematis. memudahkan dalam input dan pengecekan transaksi.
  • Integrasi dengan aplikasi dan fitur-fitur lainnya dari Jurnal seperti perbankan, klik-pajak, POS, dan payroll.
  • Pengelolaan stok barang lebih mudah yang sekaligus terintegrasi otomatis dengan pembukuan. 
  • Sistem pelaporan otomatis dengan lebih dari 30+ pilihan template.
  • Layanan after sales terbaik dengan fitur live chat.

 

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami