Pembukuan adalah salah satu topik yang sangat sedikit orang senang berbicara tentangnya. Bagi sebagian besar pemilik usaha, pembukuan adalah seperti kunjungan ke dokter gigi: tidak menyenangkan tapi perlu dilakukan. (Tidak semua orang seperti itu tentu saja). Ini akan membuat Anda hanya menghabiskan 10 menit atau kurang dari itu untuk melakukan pembukuan Anda. (Tergantung pada bisnis Anda, tentunya).

Meskipun pembukuan bukanlah aktivitas yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu dan fokus, Anda tentunya akan menyadari betapa pentingnya memiliki pembukuan yang baik dan bersih. Hal ini membuat waktu mengurus pajak lebih mudah, dan paling penting Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik bila Anda memiliki pemahaman mendalam terkait keuangan Anda. Berikut adalah tahapan yang dapat digunakan untuk menguasai pembukuan dan melakukannya dengan waktu relatif cepat:

  1. Mengelola pembukuan Anda. Sebagian dari masalah adalah bahwa pembukuan terasa seperti sebuah tugas yang memberatkan sehingga orang menunda pembukuan mereka dan terus menumpuk pekerjaannya. Pada akhrinya mereka harus merelakan beberapa hari penuh untuk menyelesaikan semua itu. Jadi hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk pembukuan bisnis adalah menjadwalkan 10 menit sehari setiap hari untuk tetap di atas pembukuan Anda. Anda mungkin dapat memotong itu sedikit demi sedikit tetapi 10 menit setiap hari akan membuat tugas yang menantang ini jadi jauh lebih mudah. Anda mungkin ingin menghabiskan satu atau dua hari untuk melakukannya, tetapi akan merasa baik jika hanya memecah tidak lebih dari 10 menit setiap hari untuk sementara waktu. Lakukan secara maksimal selama 10 menit kerja dan kemudian berhenti. Ini akan terasa jauh lebih baik dan Anda akan mengatasi pembukuan jauh lebih cepat dari yang Anda pikirkan, terutama ketika menggunakan beberapa teknik penguasaan pembukuan lainnya.

  2. Gunakan software pembukuan online. Jika Anda menggunakan cara kuno seperit pena dan kertas untuk pembukuan, atau jika Anda menggunakan software sederhana seperti spreadsheet Excel, ada banyak pilihan di luar sana yang harus Anda dalami. Berkat kemajuan yang luar biasa dalam teknologi online, Anda dapat mengotomatisasi begitu banyak pembukuan Anda untuk membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk diri sendiri. Ini berarti Anda dapat mengotomatisasi banyak proses bisnis Anda! Beberapa opsi hadir dengan biaya berlangganan dan biasanya beragam fitur yang variatif seperti entri, perhitungan dan pelaporan, dan ekspor data (sehingga Anda dapat mengirim file ke akuntan atau ahli pajak). Jadi, sebelum Anda melangkah lebih jauh, menyelidiki solusi dan memilih salah satu yang terbaik merupakan hal paling masuk akal untuk Anda. Luangkan waktu untuk menyiapkannya. Ini tidak akan lama dan mempertimbangkan investasi ini untuk pembukuan yang lebih mudah dan bisnis di masa depan.

Menguasai Pembukuan Anda dengan 10 Menit Sehari!

Jadi, Anda punya sistem pembukuan baru di tempat dan Anda siap untuk mulai menggunakannya (Anda ingat kan hanya menghabiskan 10 menit sehari sesuai yang dijadwalkan?).

Input Data

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan banyak hal selesai dilakukan hanya dalam 10 menit adalah dengan menggunakan file CSV (yang merupakan singkatan dari comma separate value dan dapat dibuka di Excel) serta memasukkan beberapa entri kemudian meng-upload ke pembukuan Anda. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Membuka spreadsheet Excel atau Google Docs Spreadsheet dan mengatur setiap kolom dengan informasi yang Anda perlukan dalam sistem pembukuan Anda (seperti Tanggal, Nama Kontak, Jumlah, Kategori, dan apa pun yang Anda perlu menyertakan).
  • Kemudian, duduk dengan tumpukan besar tagihan dan kwitansi Anda dan masukkan ke dalam kolom yang sesuai. Menyimpan file sebagai .csv dan meng-uploadnya ke perangkat lunak pembukuan Anda.
Otomatisasi

Bila memungkinkan, mengotomatisasi entri. Contohnya jika Anda memiliki tagihan yang keluar pada jumlah dan hari yang sama setiap bulan, Anda hanya pelu membuat tagihan berulang ke dalam sistem Anda sehingga perlu memasukkan sekali dan hanya di awal, bukan setiap kali Anda mendapatkan tagihan. Beberapa contoh umum dari jenis-jenis tagihan seperti ini termasuk:

  • Sewa atau hipotek
  • Biaya telepon flat
  • Internet berlangganan, dan lain lain.

Ini juga bekerja untuk entri yang masuk, seperti: Jika seseorang membayar Anda jumlah yang sama di setiap bulan (seperti dalam situasi sewa atau situs keanggotaan), Anda dapat mengatur entri berulang untuk mereka. Mengotomatisasi sebanyak yang Anda bisa dan jadwalkan salah satu dari 10 menit Anda untuk meninjau penagihan otomatis Anda dan melakukan koreksi jika diperlukan.

Untuk meringkas, berikut adalah praktik pembukuan 10 menit sehari terbaik:

  • Dapatkan up-to-date secepat mungkin dengan solusi pembukuan online yang baik
  • Mengotomatisasi sebanyak mungkin
  • Sinkronisasi proses bisnis
  • Tetap di atas pembukuan Anda dan menjaganya secara ketat dalam 10 menit sehari

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang! Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author