Dalam menjalankan sebuah bisnis, selain dari strategi marketing, hal lain yang bisa memberi peran besar dan menjadi salah satu hal penting untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis adalah pencatatan dalam hal pengeluaran dan pemasukan atau yang biasanya disebut dengan pembukuan keuangan.

 

Banyak manfaat yang bisa didapat oleh sebuah bisnis dengan adanya pembukuan keuangan ini, di mana salah satunya adalah dapat menghemat biaya. Lantas bagaimana sebuah pembukuan keuangan dapat dianggap bisa menghemat biaya? Berikut beberapa alasan penting kenapa pembukuan dapat menghemat biaya.

 

Memberi Gambaran Kondisi Finansial & Mencegah Kerugian

Pembukuan keuangan memberikan gambaran terhadap kelangsungan hidup finansial perusahaan. Tanpa adanya pembukuan keuangan UKM yang benar, gambaran tersebut tidak akan jelas dan menyulitkan pengambilan keputusan untuk menghemat pengeluaran bisnis. Bayangkan jika bisnis Anda sedang berjuang secara finansial, tetapi tidak memiliki pembukuan yang benar, Anda tidak akan mampu mengetahui penyebab masalahnya. Lebih buruk lagi, Anda bisa saja tidak mengetahui bahwa sebenarnya sedang ada masalah pada perusahaan Anda. Ini jelas merugikan dan tidak menghemat uang perusahaan.

 

Mengurangi Kesalahan yang Merugikan

Salah menghitung keuntungan atau biaya tertentu karena pembukuan keuangan UKM yang buruk dapat menjadi bencana bagi bisnis Anda. Sebagai contoh, menaksir keuntungan terlalu tinggi ketika mengisi formulir pajak akan membuat biaya pajak perusahaan Anda meningkat. Sedangkan, jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda bisa saja dikenakan denda atau audit. Pembukuan yang tidak benar juga bisa membuat Anda salah mengategorikan aset dan berujung pada membengkaknya pengeluaran bisnis. Jika tidak rutin mencocokkan pembukuan dengan laporan bank, kesalahan tersebut bisa membengkak dan berpotensi merusak kondisi finansial perusahaan.

 

Menghilangkan Risiko Audit

Membuat pembukuan keuangan akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang berapa besar pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini bisa disebut sebagai penghematan, ketimbang tidak memiliki catatan pembukuan yang bisa berakibat salah perhitungan pajak dan menimbulkan kesan mencurigakan, sehingga bisnis Anda akan rawan terkena proses audit yang memakan waktu dan biaya. Belum lagi denda atau penalti dari lembaga keuangan yang menanti Anda karena kelalaian tersebut.

 

Memperbanyak Pilihan Finansial

Bagi para pemilik bisnis kecil yang sedang membutuhkan pinjaman dana, terutama jika sifatnya mendesak, pastikan bahwa pembukuan akuntansi Anda sudah benar dan akurat. Dengan memiliki pembukuan keuangan yang benar, maka Anda bisa menghemat pengeluaran dan mendapatkan pinjaman tanpa harus menjual atau kehilangan aset perusahaan. Pembukuan keuangan yang tidak teratur mampu membatasi opsi atau pilihan Anda untuk mendapatkan pinjaman. Banyak perusahaan yang membutuhkan dana cepat dari kreditur namun berakhir dengan penolakan karena pembukuan keuangan yang buruk.

 

Jurnal sebagai salah satu platform penyedia jasa software akuntansi online dapat menjadi solusi tepercaya untuk membantu semua masalah pembukuan keuangan bisnis Anda. Pastikan Anda memilih Jurnal, karena Jurnal dikelola secara profesional, dengan standar keamanan yang telah tersertifikasi ISO/IEC 27001, sehingga dapat memastikan semua data keuangan Anda akan aman dan terkelola dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author