Mekari Jurnal
Daftar Isi

Solusi Efektif Pembukuan dan Akuntansi yang Simple!

Tayang 11 Apr 2016
Diperbarui 15 Januari 2024

Menjaga catatan keuangan dalam solusi efektif pembukuan, dapat mendefinisikan sebagai proses identifikasi apa saja catatan yang harus menyimpan, bagaimana mereka masuk dan menjaga, dan bagaimana mereka dapat menggunakan secara efektif.

Sebuah catatan mendefinisikan sebagai informasi dasar dari dokumen keuangan perusahaan yang mencakup karyawan, persediaan, stok, atau kegiatan pelanggan.

Informasi ini biasanya mencatat sebagai hasil dari transaksi atau aktivitas yang terjadi saat melakukan bisnis. Sebuah catatan yang baik adalah harus merancang dan menggunakan dengan faktor-faktor berikut:

Solusi Efektif Pembukuan Sederhana

Sistem catatan pembukuan harus mudah menggunakannya. Salah satu alasan utama untuk penggunaan komputer pribadi dalam melakukan bisnis sekarang ini adalah kenyataan bahwa komputer sangat mudah menggunakannya. Maka dari itu sangat mungkin menerapkan sistem pembukuan yang simple dan efektif.

Sebuah sistem pembukuan harus merancang dengan pertimbangan untuk karyawan yang akan merekam informasi. Bentuk rumitnya hanya akan menghasilkan data yang tidak lengkap. Sebuah catatan yang baik dari sebuah sistem harus merancang untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dan sesederhana mungkin.

Mudah Dimengerti

Kemudahan pemahaman adalah unsur penting dari sistem pencatatan pembukuan yang baik. Dari sistem itu sendiri, cara untuk merekam informasi, dan apa informasi yang tercatat, semuanya harus mudah memahaminya.

Kebingungan, kesalahan, dan, kesalahpahaman jelas bisa saja terjadi jika catatan yang tidak jelas dan ringkas ada di pembukuan usaha Anda.

Solusi Efektif Pembukuan: Keandalan

Reliable” memiliki arti khusus dalam akuntansi. Istilah ini umumnya berarti bahwa jenis tertentu dari transaksi mencatat dengan cara yang sama setiap kali itu terjadi, sesuai dengan pedoman akuntansi. Setiap transaksi yang terjadi harus mampu tercatat sehingga menghasilkan pembukuan yang baik untuk performa bisnis lebih optimal.

Solusi Efektif Pembukuan: Ketepatan

Kebutuhan untuk memelihara catatan yang akurat tampak jelas, tetapi tidak bisa terlalu menekankan. Perawatan harus melakukannya untuk memastikan keakuratan semua catatan. Sebuah sistem pembukuan akan menekankan akurasi melalui prosedur yang membangun secara baik untuk memeriksa dan mengecek kembali entri.

Metode untuk meningkatkan akurasi mencakup dua kali memeriksa semua entri, meminta verifikasi klien/pelanggan, dan menekankan kebutuhan untuk lebih teliti kepada seluruh karyawan.

Konsistensi

Terkadang ada beberapa cara untuk merekam bagian tertentu dari informasi keuangan.

Catatan persediaan, misalnya, dapat memperhatikan secara item-by-item, atas dasar bahwa item terakhir adalah pada item pertama yang menjual (Last In First Out/LIFO), atau atas dasar bahwa item pertama adalah pada item pertama yang menjual (First In First Out/FIFO).

Anda dapat memilih salah satu dan menggunakannya secara konsisten, dan tidak mengubahnya secara sewenang-wenang. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mengubah pendekatan Anda, artinya adalah perubahan hanya harus melakukan untuk alasan yang baik dan dan dapat mengidentifikasikan secara jelas.

Perlu mengingat bahwa catatan yang konsisten sangat penting untuk membandingkan catatan dari waktu ke waktu.

Aktualitas

Ketepatan waktu merupakan elemen penting dalam sistem pembukuan yang baik. Alasan yang lebih jelas untuk ketepatan waktu adalah kebutuhan pemilik/manager untuk menerima informasi sedini mungkin dalam rangka membuat keputusan yang mempengaruhi bisnis.

Sudah saatnya bisnis Anda menerapkan cara dan teknologi terbaru guna terus mengembangkan usaha Anda, kerja cerdas cara ringkas!

Software akuntansi online Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan perusahaan Anda lebih cepat, hemat waktu dan efisien, serta akses kapanpun dan di mana saja. Software pembukuan perusahaan dari Jurnal akan membantu Anda mengembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan pebisnis lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Dengan beragam fitur yang memberikannya, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
    5.Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu pebisnis!

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal