Sering mencari informasi tentang “Cara Membuat Laporan Keuangan” di internet? Mungkin beberapa dari Anda masih bingung dengan istilah-istilah  akuntansi yang asing, sehingga sulit untuk mengaplikasikannya. Namun, tahukah Anda bahwa laporan keuangan merupakan kunci dari keberhasilan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Laporan keuangan adalah catatan mengenai informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi. Karenanya, dengan melihat laporan keuangan Anda dapat melihat kinerja dari perusahaan tersebut.

Laporan keuangan juga merupakan suatu kewajiban yang harus dibuat oleh perusahaan baik skala besar maupun skala kecil kepada para pemangku kepentingan. Menurut SAK ETAP tahun 2017,  komponen laporan keuangan meliputi laporan laba rugi, laporan aliran kas, neraca, laporan perubahan modal, dan catatan atas laporan keuangan.

Untuk membuat laporan keuangan bukanlah hal yang mudah. Anda memerlukan banyak data dan informasi keuangan dan operasional perusahaan. Sehingga tidak heran jika dalam membuat laporan keuangan dibutuhkan waktu yang banyak. Laporan keuangan biasanya dibuat oleh seorang akuntan tetapi kini sudah banyak perusahaan baik skala besar maupun menengah yang membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi. Dengan software akuntansi, pembuatan laporan keuangan yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama sekarang dapat dibuat dalam hitungan detik.

Kemudahan dan kecepatan membuat laporan keuangan dengan software akuntansi menjadikan cara manual atau konvensional mulai ditinggalkan. Software akuntansi membuktikan bahwa laporan keuangan dapat dibuat dengan cepat dan hasilnya pun akurat. Selain itu, alur atau proses akuntansi dan pembuatan laporan keuangan juga menjadi lebih sederhana. Agar lebih mengerti, berikut akan disajikan cara membuat laporan keuangan dengan software akuntansi.

Mendaftarkan Perusahaan

Tahap pertama membuat laporan keuangan dengan software akuntansi adalah mendaftarkan perusahaan Anda. Pada tahap ini user atau pengguna membuat dan mengisi identitas perusahaan, periode akuntansi, bidang usaha yang dijalankan, pemilihan mata uang, dan informasi-informasi lainnya.

Membuat Data Master

Data master merupakan data base yakni data-data mengenai informasi perusahaan mulai dari awal perusahaan didirikan. Pada pembuatan data master, Anda akan mengisi data seperti nama dan alamat, data barang, modal awal, daftar supplier, daftar pelanggan, daftar kreditur, penyesuaian COA, dan lain sebagainya.

Mengisi Saldo Awal

Langkah ketiga ini sebenarnya hampir sama dengan langkah satu dan dua yakni masih seputar pengisian data. Hanya saja jenis dari data-data ini yang membedakan. Pada tahap ketiga, data atau informasi yang dimasukan berupa saldo awal dari setiap akun. Misal saldo awal akun piutang usaha / dagang, persediaan, kas, utang usaha, dan sebagainya. Saldo awal ini digunakan sebagai dasar untuk menghitung laporan keuangan beserta transaksi yang terjadi nantinya.

Menginput Transaksi

Dasar untuk menginput transaksi adalah nota-nota atau bukti transaksi, sehingga setelah semua nota terkumpul, Anda dapat mengelompokkan nota-nota tersebut ke dalam kategori transaksi. Misalnya masuk dalam jurnal umum atau khusus. Di dalam software akuntansi akan disediakan fitur jurnal umum yang biasanya akan langsung terhubung dengan buku besar. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengklik fitur tersebut dan menginput data, pilihlah akun yang sesuai dengan transaksi tersebut pada sisi debit atau kredit, masukan nominal angkanya dan terakhir klik simpan. Maka semua transaksi secara otomatis sudah tersimpan dan diposting ke buku besar setelah user menyimpan transaksi tersebut.

 

Selain fitur jurnal umum dan khusus, software akuntansi biasanya juga sudah menyiapkan fitur-fitur lain yang memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan. Sebagai contoh, pada menu pembelian  akan disajikan secara lengkap fitur-fitur pembelian meliputi invoice, retur, metode pembayaran cash atau kredit, pemesanan, dll. Bahkan sekarang software akuntansi juga sudah banyak menyediakan fitur-fitur yang terintegrasi dengan aplikasi lain, sehingga sangat memudahkan pekerjaan Anda.

Laporan keuangan terbentuk otomatis

Setelah semua transaksi dimasukan dan Anda ingin membuat laporan keuangan, Anda hanya tinggal mengklik report maka laporan keuangan pun akan tersusun secara otomatis pula.

Mudah bukan? Hanya dalam hitungan detik, laporan keuangan sudah dapat Anda buat. Kecanggihan teknologi membawa kita menjadi lebih efisien dan efektif. Proses akuntansi dan pembuatan laporan keuangan menjadi lebih cepat tetapi tetap akurat. Sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah deadline.

Ingin segera membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi? Anda dapat mencobanya di Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi Online yang berbasis Cloud sehingga data secara otomatis akan tersimpan. Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, cashlink, laporan keuangan yang akan membantu mengembangakan nilai  bisnis Anda di masa depan. Segera daftar untuk mendapatkan free trial selama 14 hari dengan klik di sini.