Salah satu ukuran keberhasilan perusahaan adalah dengan melihat kondisi keuangannya. Kondisi keuangan atau finansial ini dapat dilacak apabila Anda memiliki laporan keuangan yang baik dan benar. Laporan keuangan terdiri dari beberapa laporan, contoh laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Kali ini, kami akan bahas lebih dalam mengenai laporan keuangan laba rugi. Laporan laba rugi dapat dibuat setiap minggu, bulanan, semesteran, atau tahunan sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk menilai kinerjanya. Selain untuk menilai kinerja, laporan laba rugi juga memiliki  banyak manfaat yang dapat Anda diperoleh. Berikut merupakan manfaat dan contoh laporan laba rugi yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Laporan Laba Rugi

Sebelum melihat manfaat dan contoh laporan laba rugi, ada baiknya Anda mengetahui tentang pengertian laporan laba rugi itu sendiri. Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan keuangan yang akan menampilkan informasi pergerakan usaha. Sehingga Anda dapat mengetahui jumlah total pendapatan dan pengeluaran baik harga pokok penjualan maupun biaya operasional. Selain itu, Anda juga dapat melihat laba kotor dan laba/rugi bersih dari hasil usaha Anda dengan cepat. Laporan laba rugi memiliki beberapa elemen, diantaranya pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian.

Manfaat Laporan Laba Rugi

Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh jika membuat laporan laba rugi. Adapun manfaat tersebut yakni:

  1. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan

Manfaat pertama dari laporan laba rugi yaitu dapat menjadi bahan evaluasi kinerja perusahaan. Melalui laporan laba rugi Anda dapat melihat peningkatan pendapatan atau kerugian yang didapat oleh perusahaan. Dengan melakukan evaluasi, selanjutnya Anda dapat meminimalkan risiko kerugian. Misalnya, perusahaan mengalami kerugian terus menerus maka Anda dapat mengambil keputusan untuk bisa berkembang dan tetap bisa menghadapi persaingan.

  1. Mengembangkan Perusahaan

Dengan melihat dan mengamati laporan laba rugi pada akhir periode, Anda sebagai pemilik perusahaan dapat menilai pengeluaran-pengeluaran yang efektif dan tidak. Hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk mengembangkan perusahaan. Karena untuk mengembangkan perusahaan, Anda perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan pendapatan/profit atau mengurangi pengeluaran dan laporan laba rugi dapat menyajikan informasi tersebut.

  1. Menilai Risiko

Beberapa perusahaan mungkin ada yang sulit untuk mendapatkan profit dan mengalami kerugian terus menerus maka laporan laba rugi dapat berfungsi untuk menilai risiko perusahaan kedepan. Dengan mengetahui risiko perusahaan atau bisnis, maka secepatnya Anda dapat mencari solusi. Risiko dalam setiap bisnis pasti ada, jadi tugas Anda yang penting adalah meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi tanpa dugaan sebelumnya.

  1. Tolok Ukur Perusahaan

Manfaat lain dari laporan laba rugi adalah menjadi tolok ukur perusahaan untuk bekerja lebih baik lagi. Agar karyawan dan perusahaan dapat berkembang lebih baik lagi kedepan nya. Tolak ukur laporan laba rugi juga dapat memacu  kinerja perusahaan sehingga perusahaan dapat bersaing dengan pesaing di pasar.

  1. Menganalisis Strategi Perusahaan

Laporan laba rugi juga dapat digunakan untuk menganalisis strategi perusahaan. dalam menjalankan operasionalnya, perusahaan pasti memiliki strategi khusus. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya strategi maka dapat dilihat dari beberapa hal contoh laporan laba ruginya. Apakah strategi yang dipilih dapat membuat perusahaan menghasilkan pendapatan yang maksimal di setiap bulannya atau malah sebaliknya strategi yang dipilih tidak cocok.

  1. Profil Perusahaan

Selain masalah pasar biasa, perusahaan yang terbuka atau go public juga harus memikirkan profilnya di dunia pasar modal. Profil perusahaan ini akan berpengaruh terhadap para investor atau pemegang saham. Investor maupun pemegang saham tentu saja tidak mau memilih perusahaan dengan profil yang buruk untuk menginvestasikan uangnya. Karenanya pemegang saham atau pun calon investor akan melihat dengan teliti laporan keuangan salah satu contoh laporan laba rugi.

Cara Membuat & Contoh Laporan Laba Rugi

Setelah mengetahui tentang manfaat laporan laba rugi, Apakah Anda sudah tahu cara membuat dan contoh laporan laba rugi yang baik dan benar? Untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan laba rugi, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal sebagai software akuntansi online. Jurnal memiliki sistem yang terintegrasi dan juga standar keamanan yang telah mendapat sertifikasi ISO/IEC 27001. Sehingga pembuatan laporan keuangan menjadi mudah, cepat dan aman. Untuk membuat laporan laba rugi menggunakan Jurnal, Anda hanya perlu memasukkan seluruh transaksi yang terjadi dalam  bisnis. Jika telah selesai, Anda dapat mengikuti cara berikut:

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Sekilas Bisnis, klik “Laba Rugi”.

contoh laporan laba rugi1

  1. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.

contoh laporan laba rugi2

  1. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detail, klik “Filter Lebih Lanjut”.

contoh laporan laba rugi3

  1. Anda akan melihat halaman pop up di kanan seperti gambar berikut.

contoh laporan laba rugi4

  1. Kemudian pilih filter yang Anda inginkan seperti: Tanggal Mulai & Tanggal Selesai atau Periode yang dapat memfilter laporan dengan menentukan periode tanggal mulai dan selesai sendiri (custom, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan, bulan lalu, dan tahun lalu.

Jika Anda ingin melihat laporan laba rugi dengan perbandingan per bulan dalam tahun berjalan, pilih Laporan Tahun Ini (Bulanan). Anda akan melihat perbandingan laba rugi per bulan dengan persentasenya.

contoh laporan laba rugi5

Bandingkan Periode: Di sini terdapat pilihan None, Period dan Tag.

  • Untuk pilihan Period, Anda dapat menampilkan perbandingan laporan sampai dengan 11 periode sebelumnya. Kemudian, Anda dapat mengurutkan periode nya berdasarkan dari Awal ke Akhir, atau dari Akhir ke Awal.

contoh laporan labarugi6

  • Untuk pilihan Tag, Anda dapat menampilkan perbandingan laporan laba rugi sampai dengan maksimal 5 tag.

contoh laporan labarugi7

  • Grup Berdasarkan Tag: Untuk pengguna Pro dan Enterprise, filter ini berfungsi untuk menampilkan laporan laba-rugi per proyek, per salesman, atau per departemen. Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.

Jika Anda memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B; maka ketika Anda memilih Mencakup Semua, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project A dan Project B.

Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.

  • Show Accounts: Geser tombol ke samping untuk menampilkan laporan dengan nama akun-akunnya.
  1. Setelah selesai, klik “Filter”.
  2. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol “Expor” dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.

contoh laporan labarugi8

  1. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.

contoh laporan labarugi9

*sebagai informasi, contoh laporan di atas menggunakan format template default.

Mudah bukan? Jika Anda ingin membuat template laporan laba rugi yang sesuai dengan keinginan atau menyesuaikan dengan kondisi manajemen bisnis, Jurnal juga menyediakan fiturnya dan panduannya di sini. Sementara untuk mengetahui informasi lebih detail tentang produk, fitur, menu atau hal lain tentang Jurnal, klik link berikut.