Mekari Jurnal
Daftar Isi

Mengetahui Kinerja Perusahaan dengan Laporan Laba Rugi

Tayang 26 Jul 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang memperlihatkan rincian pendapatan, pengeluaran, serta laba atau kerugian yang dihasilkan perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Laporan ini memiliki fungsi penting untuk membantu mengetahui kondisi serta perkembangan perusahaan, apakah memperoleh keuntungan selama menjalankan usaha atau malah merugi.

Bisalnya, perusahaan akan memperoleh keuntungan jika harga jual lebih tinggi dari harga modal, sedangkan dinyatakan merugi apabila harga jual lebih rendah.

Perhitungan ini juga bisa dijadikan acuan sebagai profitabilitas kepada investor serta kreditor yang memiliki kepentingan pada perusahaan dan mengetahui seberapa efisien menghasilkan keuntungan dari total pendapatan.

Pihak yang Menggunakan Laporan Laba Rugi

Ada dua kelompok berbeda yang menjadikan laporan laba rugi sebagai acuan penting, yaitu pengguna internal dan eksternal.

a. Pengguna Internal

Pengguna internal biasanya terdiri dari manajemen perusahaan serta dewan direksi yang menggunakan laporan laba rugi sebagai bahan analisa bisnis secara keseluruhan serta mengambil keputusan.

Sebagai contoh, mereka akan menggunakan laporan tersebut untuk mengukur apakah mereka bisa membuka cabang baru, meningkatkan produksi produk, atau lain sebagainya.

b. Pengguna Eksternal

Pengguna eksternal umumnya terdiri dari investor dan kreditur yang di sisi lain adalah orang-orang yang tidak memiliki sumber informasi mengenai keuangan tentang perusahaan kecuali laporan yang diterbitkan.

Setiap investor pasti ingin mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dan apakah perusahaan tersebut akan tumbuh dan menguntungkan mereka di masa mendatang.

Laporan laba rugi ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi para investor terkait keputusan menginvestasikan dana pada perusahaan tersebut.

Sementara itu, di sisi lain kreditur tidak terlalu peduli mengenai profitabilitas tentang investor.

Kreditur cenderung lebih mempedulikan arus kas perusahaan.

Jika arus kas lancar tentunya perusahaan tidak akan kesulitan membayar pinjaman mereka.

Menilai Kinerja Keuangan dengan Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi memang bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan berada di posisi yang menguntungkan atau merugi.

Namun ternyata, laporan laba rugi ini juga memiliki tujuan lain, yaitu:

Mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan

Dengan mengetahui laba dan rugi yang didapatkan oleh perusahaan, maka secara otomatis Anda akan mengetahui berapa besar pajak yang harus dibayarkan.

Tentunya hal ini akan membantu perusahaan untuk membayar kewajiban dengan tepat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Laporan ini tidak berlaku hanya untuk perusahaan besar saja, tapi Anda yang sedang menjalankan usaha kecil juga bisa membuat laporan akuntansi laba rugi ini dengan aplikasi akuntansi untuk UKM.

Kondisi rugi terjadi jika apa? Pastinya perusahaan merugi apabila angka kerugian lebih besar dari pada laba. Lalu untuk mengetahui kondisi tersebut, Anda bisa menggunakan laporan laba rugi di perusahaan. Seperti apa? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini.

Mengetahui efisiensi serta efektivitas perusahaan 

Tujuan selanjutnya pembuatan laporan laba rugi perusahaan dagang adalah mengetahui efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Efisiensi dan efektivitas perusahaan ini dapat dilihat dari besarnya dana serta waktu dalam bekerja menggunakan biaya yang tersedia.

Seluruh kegiatan kerja yang menggunakan biaya perusahaan tentunya akan tercatat secara terperinci dalam pembukuan.

Dengan demikian, efisiensi serta efektivitas kinerja dari suatu perusahaan akan terpantau secara mudah hanya menggunakan laporan laba atau rugi.

Selain itu, laporan ini juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk masa mendatang.

Baca juga: Cara Mengatasi Neraca Saldo Tidak Seimbang (Balance)

Mengetahui histori perolehan laba atau rugi dalam periode waktu tertentu sebagai bahan evaluasi

Mengingat perusahaan merugi apabila, laba lebih kecil dari biaya produksi yang dikeluarkan, maka Anda perlu membaca laporan laba rugi untuk tujuan evaliasi.

Laporan laba rugi juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai keuntungan dan kerugian yang terjadi di masa lampau.

Jika perusahaan membuat laporan dengan rutin, tentunya akan ada arsip atau histori yang memperlihatkan keuntungan dan kerugian yang didapatkan di setiap periode.

Dengan demikian, pihak manajemen di perusahaan dapat mengevaluasi kinerja dalam rentang waktu tersebut.

Mengukur perkembangan entitas perusahaan

Setiap laporan laba rugi yang Anda buat tentunya dapat digunakan sebagai alat ukur perkembangan entitas bisnis atau perusahaan.

Anda bisa memanfaatkan laporan laba rugi yang ada dan menganalisanya.

Jika ada laba serta penambahan ekuitas dalam laporan tersebut berarti perusahaan Anda mengalami perkembangan.

Menjadi acuan untuk memaksimalkan laba perusahaan

Tahukah Anda bahwa setiap laporan laba atau rugi yang dibuat dapat dijadikan sebagai acuan untuk memaksimalkan laba perusahaan.

Di dalam laporan ini terdapat penjabaran jumlah pendapatan, pengeluaran, dan laba dalam kurun waktu tertentu secara rinci.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya sebagai strategi untuk memperoleh keuntungan lebih dari periode yang sebelumnya.

Suatu perusahaan merugi apabila laporan laba rugi menunjukkan pendapatan lebih kecil dari kewajiban atau biaya.

Baca Juga : Cara Mudah Investor Melihat dan Menilai Perusahaan Melalui Laporan Keuangan Perusahaan

Kesimpulan

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai laporan laba/rugi.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa laporan laba/rugi memang memiliki peranan penting bagi perusahaan, terutama saat ingin mengetahui keuntungan atau kerugian yang didapatkan.

Setiap perusahaan pasti ingin mendapatkan keuntungan saat menjalankan usaha.

Tentunya, dengan rutin membuat laporan laba/rugi, Anda akan mengetahui apa saja kegagalan atau biaya yang tidak efisien sehingga tidak mengulanginya di kemudian hari.

Tapi tentu saja dalam pembuatan laporan harus selalu dipantau agar praktik manajemen laba dengan memanipulasi data laporan keuangan tidak terjadi.

Jadi, sudah siapkah membuat laporan laba/rugi untuk kemajuan perusahaan Anda?

Gunakan Mekari Jurnal untuk permudah anda membaca laporan laba rugi.

Pelajari fitur aplikasi akuntansi keuangan maupun aplikasi pencatat keuangan Mekari Jurnal selengkapnya dengan klik tombol atau banner dibawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

software akuntansi online terpercaya

Semoga informasi ini bisa berguna, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal