Pencatatan keuangan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik usaha, terutama mereka yang ingin mengembangkan usahanya. Kadang untuk mereka keuntungan adalah hal yang perlu diperhatikan, padahal sebelum mendapatkan keuntungan mereka perlu mencatat pengeluaran maupun pendapatan agar semua yang dilakukannya dapat tercatat secara jelas. Hal ini perlu dilakukan baik itu untuk UKM yang skalanya masih kecil ataupun yang sudah besar. Karena itu manfaat akuntansi bagi UKM memang sangat diperlukan untuk kalangan pengusaha.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan sistem akuntansi tersebut melalui pencatatan laporan usaha yang Anda lakukan. Anda dapat melihat dan melakukan analisa terhadap perkembangan usaha tersebut. Selain itu banyak manfaat lainnya yang dapat dirasakan apabila Anda sudah memiliki laporan keuangan bagi UKM, seperti:

 

 

Mengetahui Arus Keuangan

 

Ini salah satu manfaat yang cukup penting, di mana saat Anda mengetahui arus keuangan, maka Anda dapat mengambil keputusan secara lebih baik. Dengan memiliki catatan yang sesuai dengan standar akuntansi, semua arus keuanganmu akan tercatat secara lengkap seperti jumlah modal yang sudah terpakai, modal yang belum digunakan, jumlah utang dan sebagainya. Apabila Anda melakukan hal ini, tentu semua arus keuangan Anda bisa terlihat dari 1 bulan, 2 bulan hingga 12 bulan. Semua itu dapat Anda temukan apabila bisnis Anda telah mengimplementasikan akuntansi.

 

 

Sebagai Perencanaan

 

Pembukuan merupakan hal yang sangat penting bagi jalannya suatu usaha, terutama untuk usaha yang sudah cukup besar. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan biaya yang dimiliki dan juga sebagai perencanaan. Maksudnya, saat Anda melakukan pencatatan untuk usaha tentu Anda dapat melihat jalannya usaha Anda melalui pencatatan yang telah dilakukan. Karena itu, Anda dapat merencanakan langkah selanjutnya untuk meningkatkan usaha dari pencatatan yang telah Anda lakukan.

 

 

Memudahkan untuk Melakukan Pinjaman

 

Saat usaha Anda berkembang cukup pesat, tentu Anda membutuhkan dana tambahan ataupun jasa di dalam produksi agar usaha Anda terus meningkat. Dengan pencatatan akuntansi yang telah Anda miliki, ini akan mempermudah Anda untuk dapat mengajukan pinjaman di bank. Karena saat mengajukan pinjaman melalui bank, biasanya salah satu persyaratannya adalah laporan keuangan yang harus lengkap. Hal ini cukup penting mengingat, bank tersebut perlu mengetahui arus keuangan dari jalannya usaha Anda.

 

 

Sebagai Pengambilan Keputusan

 

Dengan adanya pencatatan akuntansi, Anda akan merasakan manfaat akuntansi bagi UKM. Manfaat yang dimaksudkan salah satunya juga adalah pengambilan suatu keputusan dalam usaha yang Anda jalankan. Sehingga dengan adanya keputusan ini, Anda dapat menentukan keputusan yang tepat untuk usaha milik.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat menerapkan pencatatan akuntansi untuk usaha milik.

 

Menggunakan Software Akuntansi Sebagai Alternatif Pencatatan Laporan Keuangan!

Untuk Anda yang ingin mempermudah pencatatan akuntansi untuk usahamu di era sekarang banyak software yang mendukung hal tersebut. Banyak perusahaan besar yang mulai menggunakan software yang mendukung pencatatan akuntansi perusahaannya. Kelebihan menggunakan software akuntansi ini juga diantaranya seperti perhitungan pajak otomatis, update laporan terakhir, melacak penjualan produk, mengelola aset, melakukan audit atas data yang dimaksudkan mencocokan transaksi secara otomatis dan berbagai kelebihan lainnya.

Dengan menggunakan software akuntansi, proses akuntansi yang Anda lakukan akan berjalan lebih baik dan mudah. Karena saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai mengandalkan software akuntansi yang harganya cukup terjangkau untuk mengelola laporan keuangan dan lainnya.

Sesuaikan jenis usaha serta budget dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Baik itu menggunakan pencatatan secara manual maupun menggunakan software akuntansi keduanya sama-sama mendukung usaha Anda untuk lebih berkembang.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang mempermudah Anda dalam melakukan proses akuntansi lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Di mana, Jurnal telah dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap mulai dari membuat laporan keuangan hanya dengan 1 klik, mengelola stok barang, mengelola aset perusahaan, hingga melakukan rekonsiliasi kapan dan di mana saja.

Selain itu, Jurnal juga telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan dan bisnis, mulai dari aplikasi POS, aplikasi pinjaman modal usaha, aplikasi perpajakan, aplikasi HR, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari!