Jurnal Enterpreneur

PSBB Diberlakukan, Ini 3 UKM yang Menjanjikan

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak hanya dilakukan di DKI Jakarta saja. Dipastikan aturan ini juga  diterapkan untuk wilayah sekitar DKI, seperti Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Dalam aturan PSBB terdapat pembatasan mulai dari kegiatan ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, transportasi, hingga keagamaan. Dampak penerapan PSBB sangat dirasakan oleh semua masyarakat, termasuk juga penurunan pendapatan usaha kecil dan menengah (UKM)  karena keterbatasan aktivitas.

Aturan mengenai PSBB di masa pandemi Corona ini diprediksi akan menghasilkan kebiasaan baru yang muncul pada masyarakat. Perhatian yang lebih pada kebersihan diri sendiri, kemasan makanan, hingga layanan pengantaran tanpa kontak adalah contohnya. Kebiasaan-kebiasaan masyarakat ini berpotensi besar untuk memunculkan peluang usaha baru yang menjanjikan, terutama di sektor dunia UKM. Apa saja itu?

1. Kuliner

PSBB Jakarta Ini Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat mulai meningkat di tengah penyebaran Virus Corona ini. Masyarakat mulai berlomba-lomba mengonsumsi makanan sehat mulai dari sayur, buah, jamu dan rempah, hingga makanan organik. Keterbatasan waktu dalam menyiapkan makanan sehat menjadi peluang Anda untuk membuka bisnis penyedia makanan sehat. Pemain bisnis UKM makanan sehat di Jabodetabek sendiri masih kecil, sehingga inilah peluang Anda untuk masuk dalam pasar. 

Sektor UKM di bidang kuliner selama PSBB masih boleh beroperasi asalkan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Seluruh gerai makanan di wilayah yang memberlakukan PSBB tidak diperkenankan untuk membuka layanan makan di tempat. Pilihan take away, delivery, atau pembelian secara online adalah layanan yang diperbolehkan tersedia.

Selain makanan sehat, usaha makanan rumahan online bisa menjadi alternatif bisnis UKM yang menguntungkan. Berdasarkan survei Nielsen pada bulan Maret, ada 30% konsumen Indonesia lebih sering berbelanja online setelah pemberlakuan social distancing. Makanan dengan vacuum pack atau frozen food dapat bertahan lama sehingga dapat dikirim jarak jauh.

2. Agribisnis

PSBB Jakarta , ni Usaha Agribisnis yang Menjanjikan

Untuk memenuhi ketersediaan pangan masyarakat Indonesia, pemerintah menaruh harapan besar di sektor agribisnis. Kebutuhan masyarakat akan bahan pangan semakin meningkat di tengah pandemi. Ditambah lagi saat ini beberapa negara importir sayur dan buah memutuskan untuk lockdown sehingga mengganggu kegiatan ekspor impor. 

Petani dan peternak lokal mulai mendapatkan pasar yang besar di masyarakat. Permintaan sayur dan buah secara online meningkat tajam sejak pandemi Corona masuk Indonesia. Peluang usaha bercocok tanam seperti hidroponik atau urban farming berpotensi untuk meningkat juga.Sementara, saat ini usaha pertanian hanya didominasi oleh orang tua sehingga usaha agribisnis masih terbuka luas bagi generasi milenial dan mampu membuka lapangan kerja.

Bagaimanapun, masalah pangan adalah masalah utama suatu bangsa. Apakah Anda tertarik terjun di bisnis UKM bidang Agribisnis?

3. Tekstil

PSBB Jakarta - Ini Usaha Tekstil yang Menjanjikan

Banyak yang beranggapan bahwa industri tekstil adalah bisnis UKM yang paling terdampak akibat adanya wabah pandemi. Di satu sisi, penjualan pakaian mengalami penurunan drastis, namun di sisi lain ada banyak peluang bisnis yang tercipta dari industri ini. Sejak WHO mengimbau masyarakat yang masih sehat untuk menggunakan masker non-medis, permintaan akan masker kain semakin meningkat.

Satu orang diharapkan memiliki setidaknya empat buah masker kain untuk melindungi diri dari penularan Virus Covid-19. Dengan modal yang relatif kecil, berjualan masker kain adalah bisnis UKM saat PSBB adalah bisnis yang cukup menjanjikan. 

Tidak hanya masker kain, beberapa industri tekstil kini banyak yang menerima pesanan Alat Pelindung Diri (APD)  untuk tenaga medis dengan harga yang terjangkau. Kebutuhan tenaga medis akan APD yang memadai semakin meningkat. Kondisi ini dapat dijadikan peluang yang bagus untuk bangkit dari keterpurukan akibat penurunan penjualan di industri tekstil. Kementerian Perindustrian telah menargetkan produksi 10 juta APD yang dapat didistribusikan di bulan April 2020.

Baca juga : Tips agar Bisnis UKM Mampu Bertahan di Masa Pandemi Corona

Itulah 3 bisnis UKM yang masih menjanjikan di tengah gempuran PSBB akibat pandemi Corona. Apapun bisnis yang akan Anda pilih untuk jalani di masa pandemi ini, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk memperhatikan imbauan social distancing dari pemerintah. Anda tetap dapat memantau perkembangan bisnis dari mana saja selama social distancing dengan bantuan software keuangan.

Jurnal adalah salah satu software keuangan terbaik di Indonesia yang akan membantu Anda dalam memantau kondisi keuangan UKM. Fitur Jurnal sangat lengkap untuk membantu berjalannya bisnis Anda di kala pandemi. Dengan teknologi cloud, Anda dapat mengakses data dan informasi perusahaan di mana saja melalui komputer atau smartphone

Ketahui lebih lanjut produk software akuntansi terbaik dari Jurnal  di website Jurnal atau isi formulir  untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!

apa itu social distancing dan strategi bisnis

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo