Jurnal Enterpreneur

5 Alasan Pentingnya Pembukuan untuk Bisnis

Keseriusan dalam mengolah pembukuan merupakan salah satu jaminan keberhasilan usaha yang sedang Anda rintis pada pembukuan bisnis. Selain sebagai usaha untuk mengetahui rugi dan laba perusahaan, pembukuan yang dilakukan dengan benar akan meminimalkan resiko kehilangan aset pada perusahaan Anda.

Urusan utang, piutang, juga kewajiban yang timbul dari bisnis Anda, seperti pajak akan lebih mudah diproses dengan pembukuan tersebut. Maka dari itu, diperlukan usaha ekstra untuk mengurus serta memisahkan pembukuan dana pribadi dan dana bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari potensi penggugatan karena Anda menyatukan dana bisnis dan pribadi dalam satu pembukuan. Agar lebih jelas, berikut lima alasan penting untuk Anda agar sebaiknya memiliki akun dan buku terpisah pada masing-masing bisnis.

Manfaat Pembukuan bagi Bisnis

Manfaat Pembukuan bagi Bisnis 

1. Usaha Perlindungan Terhadap Perusahaan

Membuat pembukuan terpisah merupakan bentuk kesadaran Anda bahwa perusahaan merupakan entitas berbeda. Hal itu membuat perlindungan terhadap perusahaan semakin kuat.

Selain itu, cek dan pembukuan terpisah juga akan mendorong Anda untuk tidak mencampuradukkan data pribadi dan dana bisnis. Jika Anda sudah melakukannya, itu pertanda bahwa Anda telah mengenali perusahaan yang sedang Anda bangun.

2. Penghematan Pajak

Perbankan yang terpisah akan meningkatkan prosedur pembukuan, mencegah tagihan yang tidak jelas asalnya, dan memberikan catatan yang lebih baik untuk pemrosesan pajak Anda.

Pembukuan yang buruk akan memperumit proses dan membebani Anda dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jadi, mengapa tidak Anda perjelas pembukuan agar biaya pajak yang Anda keluarkan menjadi mudah dan jelas?

3. Perlindungan Audit

Memiliki akun terpisah akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil melewati audit tanpa konsekuensi. Auditor akan sering melarang sejumlah pengeluaran ketika biaya pribadi dan bisnis dicampur dalam satu akun.

4. Mengurangi Stres

Ketika Anda tidak mengolah pembukuan secara serius, itu bisa mengakibatkan buku tidak terorganisisr dan tampak berantakan. Efek itu akan berlanjut pada diri Anda yang akan merasa stres untuk mengurusnya. Lebih jauh lagi, hal itu akan membuat Anda gagal pada target yang sudah dibuat.

Memiliki pembukuan terpisah untuk perusahaan yang terbilang cukup baru akan menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang. Akan tetapi, hal itu juga perlu pertimbangan matang pada harga dan dana yang Anda miliki. Jika Anda mengambil keputusan dengan benar, itu akan sangat memudahkan untuk kedepannya.

5. Pembuatan Keputusan yang Tepat

Jika Anda telah memiliki akun terpisah, itu berarti Anda telah memulai proses pembukuan, pelacakan pengeluaran, dan penganggaran yang lebih baik. Proses tersebut mengarah pada pengambilan keputusan yang berkualitas.

Apabila Anda benar-benar berharap menjadi pemilik bisnis yang sukses itu berarti Anda harus punya catatan yang akurat. Selain itu, Anda juga dapat memproyeksikan kesuksesan di masa depan dengan terus melihat peluang bisnis Anda sejak hari ini.

Baca juga: Seputar Pembukuan Usaha Fashion dan Pentingnya Pembukuan Bagi Usaha Kecil.

Opsi Sistem Pembukuan Perusahaan

Opsi Sistem Pembukuan Perusahaan

Setelah mengetahui alasan pentingnya pembukuan, langkah selanjutnya yang bisa ditempuh yaitu menentukan sistemnya. Berikut beberapa opsi yang bisa diterapkan untuk perusahaan Anda.

1. Mengolah Pembukuan Sendiri

Barangkali opsi ini menimbulkan kekhawatiran bagi beberapa orang. Atau bisa jadi, hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa pembukuan Anda saat ini tidak berjalan dengan baik. Meskipun demikian, mungkin Anda masih enggan mempercayakan pekerjaan ini kepada orang lain.

Maka, hal yang perlu Anda lakukan yaitu mulai menyadari dan meluangkan waktu beberapa jam dalam seminggu untuk mempelajari dasar-dasarnya. Percayalah, kemampuan ini tak akan sia-sia walau suatu saat nanti Anda memiliki rekan untuk membantu mengolahnya.

2. Pekerjakan Anggota Keluarga

Ini merupakan opsi yang tepat jika Anda ingin berbagi dengan saudara, sepupu, atau anggota keluarga lainnya. Jika saudara Anda berusia remaja atau dewasa muda, itu merupakan kesempatan untuk Anda membagi ilmu dengan mengajarinya berbisnis.

Selain itu, Anda juga memiliki peluang untuk membantunya untuk mendapatkan penghasilan secara finansial. Namun yang lebih penting, mereka akan belajar tentang hati dan jiwa bisnis kecil keluarga dengan melakukan pembukuan.

3. Melibatkan Pemula

Seorang pemula yang dimaksud yaitu mahasiswa yang menginginkan jam magang, atau memang seorang akuntan baru dengan harga terjangkau. Hal itu membuat mereka mendapatkan pengalaman kerja sekaligus penghasilan.

Akan tetapi, hal itu tidak membuat Anda terlalu memikirkan pendanaan untuk pembukuan. Mengajak mereka bekerja juga akan memberi Anda waktu lebih untuk melakukan hal lain. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa menjalankan bisnis dan semakin menghasilkan uang.

4. Mempekerjakan Seseorang di Rumah

Tidak susah untuk menemukan seorang mahasiswa atau pemula yang bersedia mengambil alih pengelolaan pembukuan Anda. Orang ini bisa bekerja paruh waktu atau penuh waktu untuk Anda.

Anda bisa membuat kesepakatan apakah dia perlu datang setiap hari atau hanya beberapa kali seminggu untuk memasukkan data dan mencetak laporan. Sebaiknya, Anda tetap melakukan pengawasan pada pekerjaannya. Mengawasinya di rumah akan terasa lebih ringan daripada Anda harus mengerjakannya sendiri setiap hari.

5. Mempekerjakan Seorang Akuntan atau Profesional Pajak

Telah banyak pelaku bisnis yang menggunakan jasa seorang profesional. Banyak kenyamanan yang ditawarkan dengan memilih opsi ini. Memiliki akuntan yang sangat terampil melakukan pembukuan setiap hari membuat Anda merasa aman.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan manfaat berupa kemudahan untuk pembukuan usaha, perencanaan pajak, laporan triwulan, dan tahunan. Opsi ini mungkin tampak lebih mahal. Akan tetapi, nilai perencanaan jangka panjang yang berkualitas akan mendatangkan penghasilan yang jauh melebihi biaya seorang profesional yang andal.

Anda juga bisa mempermudah proses pembukuan menggunakan fitur aplikasi pembukuan online dari Jurnal.  Sebagai software akuntansi online, Jurnal dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis, juga membantu Anda memonitor proses pembukuan usaha sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga Anda.

Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial hingga 14 hari penggunaan!

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo