Pengelolaan keuangan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah usaha, baik itu usaha kecil, apalagi untuk perusahaan. Pengusaha perlu mengelola keuangan mereka untuk banyak tujuan, mulai dari persiapan untuk bertahan di masa-masa sulit hingga untuk mempersiapkan kesuksesan berikutnya. Pengelolaan keuangan yang baik dan efektif akan membuat perbedaan yakni dari yang awalnya jatuh sedikit demi sedikit tumbuh menjadi usaha yang terus menaiki tangga kesuksesan. Ada beberapa tips keuangan perusahaan yang harus diikuti oleh pengusaha agar terus tumbuh. Tips keuangan perusahaan ini tidak hanya membuka peluang bisnis Anda, tetapi juga membuka wawasan Anda untuk strategi selanjutnya. Berikut tips keuangan perusahaan yang harus diikuti perusahaan yang telah dirangkum oleh Jurnal.

Buat Anggaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam perusahaan adalah membuat anggaran. Anggaran yang disusun sejak awal akan membantu Anda mengelola keuangan secara efektif sepanjang tahun. Anggaran bertindak sebagai penuntun yang memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis jauh. Bila dilihat dari jauh, pembuatan anggaran juga akan sangat membantu Anda lebih mudah mengatur rencana ekspansi. Anggaran awal yang Anda buat tidak harus selalu menggunakan yang tepat. Buatlah perkiraan-perkiraan dana yang mendekati. Seiring dengan berjalannya waktu, pembuatan anggaran ini akan mengasah proyeksi terhadap masa depan perusahaan.

Kelola Persediaan dengan Optimal

Tips keuangan perusahaan yang efektif berikutnya adalah mengontrol persediaan perusahaan Anda dengan optimal. Dengan menjaga persediaan, Anda pun sekaligus menjaga arus kas berjalan dengan lancar dan meningkatkan keuntungan. Sebaiknya tidak menyimpan stok terlalu banyak karena akan menjadi aset yang tidak digunakan. Tentu saja ini akan menyia-nyiakan biaya yang dikeluarkan. Namun, jangan pula menyediakan stok terlalu sedikit. Kelola persediaan dengan baik, maka stok yang disediakan pasti akan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen. Sebagai hasilnya, Anda dapat mencegah aset menjadi tidak digunakan dan memiliki cukup arus kas untuk biaya operasional lainnya.

Lakukan Pembukuan

Mencatat setiap transaksi dengan teratur merupakan tips pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien untuk setiap perusahaan. Anda akan lebih mudah untuk melacak keuangan apabila telah dikumpulkan dalam satu wadah. Sehingga ketika ada urusan yang membutuhkan catatan transaksi dengan cepat, Anda tidak perlu panik. Pembukuan juga akan membantu mengidentifikasi kebiasaan pengeluaran berlebihan dan kemungkinan pendapatan yang dapat digunakan sebagai tabungan. Pembukuan juga akan membuat pelaporan pajak lebih mudah.

Hindari Melakukan Pinjaman Terlalu Banyak

Sebagian besar pengusaha perlu mengambil beberapa pinjaman untuk memulai dan menjalankan usaha. Namun, sangat penting untuk berhati-hati seberapa jumlah yang dipinjam dan ketentuan apa saja yang menyertainya. Mengambil hutang yang terlalu banyak serta berbunga tinggi dapat menjadi bumerang dan justru melumpuhkan perusahaan dengan mudah. Jangan mengambil hutang lebih dari yang diperlukan dan pastikan untuk sudah membuat rencana pembayarannya. Usahakan pula untuk mebayar hutang tersebut tepat waktu agar tidak semakin menumpuk hingga sulit untuk dilunasi. Pengelolaan hutang ini tidak hanya akan meringankan Anda sebagai pengusaha, tetapi juga akan menjaga hubungan baik dengan kreditur dan vendor.

Tingkatkan Investasi

Jangan mengandalkan pendapatan usaha Anda pada satu sumber saja. ada banyak cara untuk menambah pendapatan salah satunya adalah dengan berinvestasi. Carilah investor yang tepat dengan meneliti usaha yang mereka jalankan dan bagaimana keterlibatan mereka pada usaha-usaha sebelumnya. Investor yang tepat akan menjadi aset bagus karena dapat memberikan dana yang lebih banyak dibandingkan dengan melakukan pinjaman. Bekerja sama dengan investor akan meningkatkan skala usaha Anda. Berbeda dengan kreditur, investor akan membantu usaha Anda ketika masa-masa sulit.

Tingkatkan Tabungan

Tabungan adalah cadangan yang paling ampuh untuk membantu operasional usaha Anda bila terjadi penurunan. Tabungan akan benar-benar membantu Anda menghadapi masa-masa sulit dalam mempertahankan bisnis. Jangan habiskan seluruh keuntungan perusahaan untuk dibagi kepada para pemilik modal. Sisihkan beberapa persen untuk dialokasikan sebagai tabungan yang nantinya digunakan untuk mengembangkan dan membantu perusahaan.

Pilih Software Akuntansi yang Sesuai

Jika Anda belum memindahkan data dari komputer ke software akuntansi, maka lakukan sekarang juga. Software ini akan membantu Anda untuk menyimpan data dengan lebih aman. Apabila Perusahaan Anda menyimpan seluruh data keuangan di dalam komputer kantor secara offline, maka ketika terdapat masalah di dalamnya, Anda akan kehilangan data-data tersebut. Namun apabila Anda memindahan data tersebut ke software yang telah berbasis online, maka data Anda akan bertahan. Dengan software akuntansi berbasis cloud semua pekerjaan akan disimpan dan diperbarui secara otomatis dan realtime serta dapat diakses melalui gadget atau smartphone, laptop, atau komputer hanya dengan syarat terhubung dengan internet. Anda tidak perlu lagi menyimpan data akuntansi secara manual di harddrive komputer.

 

Jika Anda sudah memilih solusi online ini, pastikan untuk menggunakan software akuntansi online nomor 1 di Indonesia, Jurnal. Dengan Jurnal, segala aktivitas pencatatan akuntansi Anda disimpan secara otomatis ke cloud dan secara realtime. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan percobaan gratis selama 14 hari.

Author