Mekari Jurnal
Daftar Isi

Memahami Layanan Jasa Akuntansi dan Pajak: Solusi Bagi Pengusaha dan Ide Usaha Bagi Akuntan

Tayang 15 Mar 2024
Diperbarui 16 Maret 2024

Dalam menjalankan suatu bisnis terkadang fokus kita terbagi-bagi antara satu hal dengan yang lainnya, tentunya kita tidak akan bisa lepas dari pengelolaan operasional sehari-hari.

Namun, beberapa urusan seperti akuntansi dan pajak menjadi fondasi dasar agar bisnis dapat terus berdiri dengan kokoh dan stabil. Lalu, bagaimana membagi dua fokus utama besar ini?

Salah satu solusinya, adalah dengan menyewa layanan jasa akuntansi dan pajak untuk mengurusnya. Ini sudah sering diterapkan oleh banyak pemilik bisnis agar fokus mereka tidak menurun dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Ini juga dapat menjadi peluang bagi kalian yang memiliki latar belakang akuntansi dan perpajakan, sudah memiliki sertifikasi akuntansi yang dibutuhkan, dan modal awal untuk membangun usaha.

Apa itu Layanan Jasa Akuntansi dan Pajak?

Layanan jasa akuntansi dan pajak merupakan sebuah unit badan hukum atau perorangan yang menawarkan jasa pengelolaan urusan akuntansi dan terkadang juga berkaitan dengan perpajakan.

Layanan ini dapat beragam sesuai kebutuhan klien, mulai dari merencanakan, mengukur, mengelola, memeriksa, dan mengevaluasi praktik akuntansi yang berjalan dalam bisnis klien tersebut.

Di sisi lain, jasa akuntansi juga menyediakan bantuan dalam segi perpajakan, ini karena data keuangan memiliki hubungan yang erat dengan pajak dan pengelolaannya membutuhkan keahlian tertentu sebab diatur regulasinya oleh pemerintah.

Mekari Jurnal telah terintegrasi dengan mitra resmi DJP untuk mengelola perpajakan yaitu Mekari Klikpajak, coba gratis sekarang di sini!

Daftar dan Dapatkan Free Trial Mekari Jurnal!

Untuk Siapa Layanan Akuntansi?

Biasanya layanan akuntansi dan pajak ini dibutuhkan bagi pemilik bisnis yang membutuhkan seseorang yang ahli di bidangnya untuk mengelola urusan tersebut dengan profesional.

Baik itu dikarenakan mereka tidak memiliki waktu atau tidak memiliki keahlian untuk mengelolanya.

Oleh karena itu, layanan ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar saja. Bahkan individu, organisasi nirlaba, usaha kecil dan menengah (UKM), hingga pemerintah juga bisa menggunakan jasa ini untuk mengelola keuangan dan perpajakannya.

“Layanan jasa akuntansi membantu memberikan wawasan seputar pengelolaan keuangan untuk membantu membuat keputusan yang tepat dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.”

Charles & Darwin Associates Audit

Siapa dan Di mana Bisa Mendapatkan Layanan Ini?

Biasanya Anda bisa menemukannya melalui penyedia profesi akuntan publik. Akuntan publik mengacu kepada individu atau organisasi yang menawarkan produk berupa layanan jasa akuntansi kepada klien yang membutuhkan.

Tugas dari akuntan publik juga beragam jenisnya, ada yang berfokus dalam memeriksa laporan keuangan perusahaan, membuka layanan konsultasi, maupun pengelolaan perpajakan.

Untuk menggunakan jasa mereka juga sudah aman, pasalnya mereka berdiri dan terbentuk atas dasar perundang-undangan dan izin dari Menteri Keuangan RI.

Biasanya, klien mereka kebanyakan berasal dari organisasi dan perusahaan, namun tidak menutup kemungkinan juga menerima klien individu yang membutuhkan.

Untuk menemukannya cukup mudah, pasalnya akuntan publik sudah berdiri sebagai unit usaha independen.

Simak lebih lanjut mengenai akuntan publik di sini: Akuntan Publik: Pengertian, Tugas, Jenis, dan Tips Profesional

manfaat dan peran jasa akuntansi terhadap pengelolaan bisnis

Bagaimana Cara Menemukannya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menemukan kantor akuntan publik. Pertama, Anda bisa mencarinya melalui referensi teman atau keluarga terdekat, biasanya mereka akan memberikan rekomendasi layanan jasa yang bagus dan andal.

Kedua, pada era digitalisasi saat ini, sudah mudah untuk menemukan kantor akuntan publik dengan mudah secara online.

Anda bisa menemukannya melalui media sosial seperti LinkedIn yang menjadi sarana media sosial untuk praktisi profesional.

Kedua, Anda juga sekarang bisa mencarinya secara online melalui browser dan mengetik “layanan jasa akuntansi terdekat” atau “kantor akuntan publik daerah (tempat kamu berada saat ini)”.

Atau agar lebih amannya, Anda bisa mengakses situs web IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) atau IAPI (Asosiasi Akuntan Publik Indonesia) yang memiliki direktori kantor akuntan yang tercantum beserta informasi kontaknya.

Solusi Bagi Pengusaha dan Ide Bagi Akuntan

Menyewa jasa akuntansi bisa menjadi solusi bagi pemilik usaha agar dapat mengoptimalkan pengelolaan arus kas, keseimbangan posisi keuangan, serta menjalani kewajiban dalam aturan pemerintah.

Melalui pengelolaan yang langsung diserahkan kepada ahli di bidangnya, baik itu secara keseluruhan atau hanya berkonsultasi, tentu bisnis akan merasakan berbagai manfaat, mulai dari:

  • Memberikan wawasan bisnis yang lebih dalam untuk pengambilan keputusan strategis yang lebih matang.
  • Memastikan bisnis mematuhi hukum bisnis dan perpajakan yang berlaku dan terhindar dari sanksi.
  • Memeriksa, mengevaluasi keuangan, dan mengidentifikasi area mana saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan performa.
  • Menghasilkan data analisis yang lebih konkret, untuk memprediksi tren yang akan terjadi dan mengidentifikasi risiko yang dapat terjadi dengan lebih cepat.
  • Memastikan untuk menstabilkan arus kas dan posisi keuangan untuk jangka panjang.

Masih terdapat beberapa manfaat lainnya yang bisa bisnis rasakan melalui penggunaan layanan jasa akuntansi yang valid dan kredibel.

Tips Ide Bisnis bagi Penyedia Jasa Akuntansi

Terkadang tanpa pengalaman merintis bisnis sebelumnya, akan cukup sulit untuk mengetahui bagaimana cara untuk membangun kantor layanan jasa akuntansi untuk pertama kali.

Oleh karena itu, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis jasa akuntansi pertama Anda!

  1. Ketahui target klien dan spesifik jasa yang ingin Anda buka, ini penting untuk mempermudah dalam membangun reputasi dan meningkatkan kredibilitas dengan cepat.
  2. Cari tahu dan penuhi syarat dan kewajiban yang diperlukan untuk memulai bisnis jasa akuntansi.
  3. Syarat-syarat dan kewajiban ini dapat berupa sumber daya (sertifikasi akuntansi) maupun unit usaha (izin pendirian, EFIN pajak, dan sebagainya).
  4. Buat rencana bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang, ini penting sebagai petunjuk ketika mengembangkan bisnis Anda.
  5. Setelah resmi dibuka, jangan lupa untuk menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan awareness dan menarik klien.
  6. Berfokus dalam memberikan pelayanan yang unggul untuk memuaskan keinginan klien, dengan ini Anda akan mendapat review positif dan klien akan merekomendasikan jasa Anda ke orang terdekatnya.
  7. Bangun jaringan dan kemitraan bisnis di komunitas dan niche bisnis Anda, ini penting untuk memperluas jangkauan bisnis.
  8. Jangan lupa untuk pelajari berbagai resiko yang terjadi dalam mengembangkan sebuah bisnis jasa akuntansi dan apa saja solusi untuk menghadapinya.

Melalui delapan langkah tersebut, semoga dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis jasa akuntansi secara lebih optimal dan mencapai tujuan utama Anda dengan lebih efisien.

Peran Software Akuntansi dalam Mempermudah Pekerjaan

Itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana jasa akuntansi dan pajak dapat membantu dalam mengelola bisnis ketika Anda berfokus dalam mengembangkannya.

Namun, agar bisnis dapat berjalan lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan software akuntansi yang telah terintegrasi dengan pengurusan pajak.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi berbasis online yang komprehensif dengan menyajikan sistem yang terintegrasi dengan pengelolaan perpajakan yang sudah menjadi mitra resmi DJP yaitu Mekari Klikpajak.

Selain itu, Mekari Jurnal juga telah menerapkan sistem berbasis otomatis yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi hingga menyusun laporan keuangan.

Coba sekarang dengan mendaftarkan bisnis Anda, dan dapatkan free trial selama 7 hari untuk mengeksplorasi berbagai fitur unggulan yang kami miliki.

Jika masih membutuhkan informasi lainnya, silahkan konsultasi dengan tim kami secara gratis dengan klik tombol di bawah ini, ya!

Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Jurnal

 

 

 

Referensi:

PPPK Kemenkeu, “Akuntan Publik”.

CDA Audit, “How Can an Accounting Firm Help Your Business Thrive in the Future?”.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal