Jurnal Enterpreneur

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Jaga Performa Bisnis

Sejak pandemi Corona mengancam dunia, pelemahan pada sektor ekonomi makro dan mikro tidak terhindarkan lagi. Tidak hanya perusahaan besar saja, keuangan bisnis UKM juga merasakan dampak penjualan yang semakin menurun. Di sisi lain, beban usaha semakin membengkak karena harga bahan baku produksi kian melonjak.

Menambah lagi stok barang yang jual semakin menipis. Banyak pengusaha yang terjebak dalam kondisi ini dan menyadari pentingnya memiliki aplikasi pembukuan usaha untuk menjaga performa bisnis. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana cara memilih aplikasi pembukuan terbaik untuk bisnis Anda.

Jurnal Hadirkan Fitur-Fitur dari Program Akuntansi Terlengkap di Indonesia!

Nah, Begini Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Jaga Performa Bisnis

Banyak pemilik UKM yang hanya fokus pada penjualan produk saja tanpa memperhatikan laporan pembukuan usaha. Pada kenyataannya, dari  laporan pembukuan inilah Anda dapat memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan.

Banyak juga pengusaha yang masih terjebak dengan cara-cara lama seperti sistem pembukuan manual. Kemudian ketika ada kebijakan pembatasan sosial atau social distancing, pembuatan laporan keuangan menjadi terhambat.

Baca Juga : Pembukuan Manual Vs Software Akuntansi, Mana yang Lebih Baik?

Mengenal Aplikasi Pembukuan Usaha

Di dalam sebuah bisnis seluruh kegiatan pencatatan aktivitas bisnis mulai dari pemasukan, pengeluaran, beban usaha, dan lainnya itu menamakan pembukuan. Karena itu penting bagi anda untuk memilih aplikasi pembukuan keuangan terbaik seperti Jurnal.

Pembukuan biasanya mencatat rapi dalam sebuah buku yang nantinya akan menjadikan pedoman untuk membuat laporan keuangan pada akhir periode. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kegiatan pencatatan keuangan bisnis dapat melakukan secara mudah.

Aplikasi pembukuan usaha adalah teknologi yang kini banyak menggunakan pengusaha untuk memantau keuangan bisnis dari jarak jauh.

Di dalamnya terdapat program-program khusus yang dibuat untuk menghasilkan laporan keuangan bisnis yang cepat dan akurat. Anda hanya meminta untuk memasukkan data-data keuangan harian bisnis.

Selanjutnya data ini akan mengolah oleh aplikasi pembukuan usaha sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda akan membuat anggaran bisnis tahun depan, berbekal format laporan keuangan tahun lalu dari aplikasi pembukuan, anggaran keuangan bisa membuat dengan cara mudah. 

Baca Juga: Risiko UKM Tak Gunakan Cloud dalam Berbisnis di Tengah Wabah Corona

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Usaha yang Paling Tepat

aplikasi pembukuan

Aplikasi pembukuan usaha tentu bermacam-macam jenis dan fiturnya. Anda memiliki banyak pilihan dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Perlu ekstra hati-hati dalam memilih aplikasi pembukuan usaha karena berkaitan langsung dengan penyimpanan laporan penting perusahaan Anda.

1. Mengetahui Basis Aplikasi Pembukuan

Aplikasi pembukuan berbasis cloud lebih mudah menggunakan untuk mengontrol aktivitas bisnis UKM dari jarak jauh.  Cara kerja aplikasi pembukuan usaha kurang lebih sama seperti mobile/internet banking.

Semua pekerjaan akan disimpan dan diperbaharui secara otomatis dan realtime termasuk dalam hal pembuatan invoice online misalnya.

Di tengah aturan social distancing atau PSBB, aplikasi akuntansi dengan basis cloud sangat membantu pemilik bisnis. Anda hanya membutuhkan jaringan internet untuk dapat memantau laporan keuangan  melalui akses komputer maupun smartphone.

Baca Juga : Cara Memilih Software Keuangan untuk Perusahaan

2. Memastikan Keamanan Aplikasi

Memilih aplikasi pembukuan terbaik berbasis cloud web online adalah solusi bagi para pemilik bisnis agar dapat mengakses data-data keuangan di mana pun dan kapan pun. Karena di dalamnya terdapat data penting perusahaan, wajar jika Anda sebagai pemilik bisnis khawatir akan keamanan aplikasi.

Pastikan untuk bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu mengenai perlindungan data ini sebelum menjatuhkan pilihan.

Baca Juga: Kiat Kelola Bisnis UKM Tetap Prima di Tengah Wabah Covid-19

3. Sistem Terintegrasi

Integrasi membantu Anda untuk menghubungkan aplikasi pembukuan dengan aplikasi lain yang berkaitan. Misalnya aplikasi pembukuan yang Anda pilih dapat berkaitan dengan mesin kasir sehingga setiap transaksi yang masuk di kasir secara otomatis tercatat di pembukuan. 

Aplikasi seharusnya membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien. Pastikan Anda memilih aplikasi pembukuan usaha terbaik, seperti misalnya aplikasi akuntansi Jurnal By Mekari.

Baca Juga : Tips Memilih Software Akuntansi untuk UKM

Jurnal By Mekari Aplikasi Pembukuan Terbaik Bisa Jaga Performa Bisnis Anda


Software akuntansi online Jurnal memiliki banyak fitur untuk kemudahan pembukuan usaha Anda.

Saya, Mau Coba Aplikasi Akuntansi Jurnal Sekarang!

Dengan teknologi komputasi awan, data keuangan perusahaan Anda akan terjamin keamanannya. Cari tahu selengkapnya mengenai aplikasi pembukuan keuangan dari Jurnal sekarang!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo