Seperti yang diketahui, laporan keuangan merupakan hal yang penting untuk sebuah perusahaan. Melalui laporan keuangan sederhana saja, Anda dapat melihat kesehatan perusahaan Anda. Oleh karena itu, laporan keuangan harus dibuat dengan baik dan benar. Bagaimana laporan keuangan perusahaan Anda? Apakah Anda masih bingung membuat laporan keuangan yang tepat dan terstruktur?

Membuat laporan keuangan sebenarnya tidaklah sulit. Yang terpenting, Anda memahami aturan dasarnya sehingga laporan keuangan yang dibuat benar. Berikut 5 tips membuat laporan keuangan sederhana sehingga hasilnya akan benar atau tepat dan lebih terstruktur dan laporan keuangan dapat digunakan dengan maksimal.

Gunakan Sistem Akrual

Pada ilmu akuntansi terdapat dua metode atau sistem pencatatan laporan keuangan yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda, yakni metode pencatatan berbasis kas dan metode pencatatan berbasis akrual. Sistem kas merupakan metode pencatatan di mana transaksi yang dicatat adalah yang berkaitan dengan keluar masuk kas perusahaan. Sistem kas lebih banyak digunakan oleh pelaku usaha terutama usaha menengah ke bawah karena mudah penerapannya. Sedangkan, sistem akrual merupakan metode yang pencatatan semua transaksi yang terjadi tidak hanya yang berkaitan dengan kas saja tetapi juga utang, piutang. Sistem akrual dapat memberikan gambaran yang lebih akurat. Sehingga Anda juga sebaiknya menggunakan sistem akrual sehingga laporan keuangan sederhana dapat digunakan dengan maksimal.

Catat Semua Pengeluaran & Pemasukan

Tips agar laporan keuangan yang sederhana dapat digunakan secara maksimal yakni mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang ada. Beberapa pelaku usaha seperti UKM ada yang tidak mencatat transaksi yang terjadi. Sehingga hasil laporan keuangan mereka tidak mencerminkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Alasan yang umum yaitu karena malas, ribet, atau menunggu hingga transaksinya banyak, dan lain-lain. Padahal jika dari awal sudah dibiasakan untuk langsung mencatat, semuanya akan menjadi mudah. Untuk memudahkan Anda mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, dapat Anda gunakan bantuan software akuntansi. Anda tidak perlu lagi ribet dengan sistem manual karena sistem terotomatis akan memproses data yang Anda input.

Beri Penjelasan yang Detail

Tips selanjutnya untuk membuat laporan keuangan sederhana yaitu jangan lupa untuk memberi penjelasan secara detail. Sehingga laporan keuangan lebih jelas. Jadi ketika Anda melakukan pemeriksaan ulang, Anda tidak perlu memikirkan ulang. Selain itu, dengan memberi penjelasan yang detail ini akan membantu Anda lebih teliti untuk melakukan pencatatan keuangan.

Patuhi Tenggat Waktu

Laporan keuangan yang terlambat tidak akan memiliki nilai. Karenanya patuhilah tenggat waktu dalam pembuatan laporan keuangan. Jika Anda sudah membuat sesuai waktu, maka berkomitmenlah untuk konsisten membuatnya secara periodik. Misalnya secara bulanan, tri-semesteran, tahunan, atau perjanjian lainnya. Dengan mematuhi tenggat waktu, secara tidak langsung Anda juga menghindari kesalahan dan dapat mencapai target sesuai yang ditetapkan. Laporan keuangan sederhana yang benar akan menjadi sangat bernilai jika semua dilakukan dengan benar.

Gunakan Software Akuntansi

Setelah 4 tips di atas, ada satu tips terakhir yang memudahkan Anda membuat laporan keuangan. Dengan menggunakan software akuntansi, laporan keuangan sederhana dengan cepat, mudah, dan tepat. Salah satu software akuntansi yang dapat Anda percaya adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi Online berbasis Cloud sehingga data secara otomatis akan tersimpan. Melalui  Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, cashlink, laporan keuangan yang akan membantu mengembangakan nilai  bisnis Anda di masa depan. Segera daftar untuk mendapatkan free trial selama 14 hari dengan klik di sini.